Skip to main content

Resep Sambal Lingkung Khas Bangka Belitung

Resep Sambal Lingkung Khas Bangka Belitung - Kelapa bukanlah buah yang asing bagi kita. Mengingat buah kelapa adalahs alah satu buah tropis yang banyak tumbuh di Indonesia terutama di pantai.


Sumber: amiyago.com

Bisa dibilang pohon kelapa adalah salah satu pohon yang memiliki banyak manfaat bagi kita. Dari daun atau pelepah daun kelapa biasanya digunakan untuk atap rumah, sedangkan buah kelapa memiliki banyak sekali manfaat dari bagian sabutnya hingga air kelapanya.

Sabut kelapa biasanya digunakan sebagai bahan pembakaran, sedangkan kulit ari pada buah kelapa sering dibakar dan dijadikan sebagai areng. Daging buah kelapa digunakan untuk membuat es kelapa, beberapa minuman segar bersama airnya. Sedangkan untuk daging buah kelapa sendiri juga sering diambil sarinya atau yang biasa disebut santan. 

Santan didapatkan dari parutan kelapa yang kemudian diperas hingga airnya keluar. Penambahan santan pada makanan akan membuat cita rasa masakan jadi gurih dan lebih lezat. Sayangnya, banyak para ibu yang merasa patah hati saat memasak santan karena santan yang pecah dan mengurangi rasa masakan. Nah jika anda adalah salah satu yang sering mengalami hal ini, seperti yang dilansir oleh royco.co.id berikut ini 3 Tips Agar Santan Tidak Pecah!

3 Tips Agar Santan Tidak Pecah


1. Masak santan dengan api kecil


Sumber: sharingdisini.com

Perlu anda ketahui, santan terdiri dari air dan minyak. Dan kedua bahan ini akan pecah jika dimasak dengan suhu tinggi. Akibatnya jika santan pecah akan membuat santan tidak bisa meresap pada bumbu lainnya dan rasa makanan tidak maksimal. Untuk itu, saat memasak santan sebaiknya gunakan api kecil sehingga suhu santan tidak terlalu tinggi.

2. Terus aduk selama memasak


Sumber: ar6recipe.blogspot.com

Agar tetap stabil dan tidak pecah, saat memasak santan anda harus selalu mengaduk santan hingga santan mendidih. Setelah mendidih, segera matikan api dan jangan menunggu sampai santan berbusa.

3. Masukkan santan di akhir proses


Sumber: sidomi.com

Jika anda ingin menambahkan santan pada masakan, sebaiknya masukkan santan pada tahap akhir dalam proses memasak. Caranya, pertama masak santan hingga matang atau mendidih kemudian matikan api dan simpan santan di wadah terpisah. Dan ketika anda memasak, tuan santan yang tadi sudah matang, aduk-aduk sebentar kemudian angkat.
Biasanya santan diunakan untuk berbagai jenis olahan seperti soto, rendang, sayur lodeh dan beberapa masakan lainnya. Namun selain untuk masakan, santan juga bisa lho menjadi bahan untuk sambal, dan salah satu sambal yang mengunakan santan sebagai bahannya adalah Resep Sambal Lingkung. Anda belum pernah mencobanya? Yuk coba Resep Sambal Lingkung dibawah ini!

Resep Sambal Lingkung Khas Bangka Belitung


Bahan-bahan:
150 ml santan kental
60 gram daging ikan gabus, haluskan
100 gram kelapa parut, sangrai
5 butir bawang merah
4 siung bawang putih
5 buah cabai merah keriting
1 cm lengkuas
1 cm serai, memarkanResep Sambal Lingkung Khas Bangka Belitung
2 lembar daun jeruk purut
1/2 sdt jintan
1/2 sdt ketumbar
1 1/2 sdt garam halus

Cara membuat:
1. Haluskan cabai, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, serai, jintan dan juga garam.
2. Didihkan santan. Masukkan kelapa sangrai, daging ikan gabus, sambal yang telah dihaluskan dan bahan-bahan lainnya. Masak hingga santan agak mengering, angkat.
3. Tuang sambal ke tempat saji, hidangkan sebagai pelengkap.
Bagi anda yang belum pernah mencicipi Resep Sambal Lingkung Khas Bangka Belitung, dan bingung ingin menyajikannya dengan apa, sambal ini paling cocok disajikan dengan ketupat. Anda juga bisa menyajikannya sebagai hidangan spessial pada hari raya idul fitri. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi