Skip to main content

Resep Sambal Teri Medan / Teri Nasi

Resep Sambal Teri Medan / Teri Nasi - Ikan asin bukanlah jenis makanan yang asing ditelinga banyak orang. Apalagi bagi orang Indonesia, wah dapat dipastikan hampir semua orang Indonesia pernah mencicipi makanan ini.


Sumber: resepmasakanpraktis.blogspot.com

Ikan asin bisa dibilang merupakan salah satu makanan favorit bagi orang Indonesia. Ini karena selain rasanya yang enak, ikan asin juga memiliki harga yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis makanan lainnya bahkan jika dibandingkan dengan jenis ikan segar, hara ikan asin ini lebih bersahabat.

Ikan asin dibuat dari berbagai jenis ikan. Mulai dari ikan berdaging tebal seperti ikan gabus, sampai ikan kecil seperti ikan rebon sekalipun bisa diolah menjadi ikan asin. Biasanya ikan yang digunakan untuk membuat ikan asin adalah jenis ikan laut yang memang pada dasarnya memiliki rasa asin. Kemudian ikan-ikan tersebut dijemur sampai kering kemudian diasinkan. Biasanya ikan asin ini dibuat oleh warga yang tinggal di pesisir pantai atau oleh para nelayan.

Nah bicara tentang ikan asin yang terdiri dari berbagai jenis, salah satu yang populer adalah ikan teri nasi atau yang juga disebut ikan teri medan. Di sebut teri nasi karena berbeda dengan jenis ikan teri yang berukuran lebih besar, berwarna abu kehitaman, ikan ini memiliki bentuk kecil, berwarna putih dengan tekstur empuk seperti nasi. Jika anda adalah salah satu orang yang suka menyantap teri nasi, anda harus tahu nih cara menyimpan teri nasi yang benar agar teri nasi selalu awet. Dan dilansir oleh food.detik.com, berikut ini Cara Menyimpan Teri Nasi Agar Tetap Kering dan Awet!

Cara Menyimpan Teri Nasi Agar Tetap Kering dan Awet

Sumber: tokopedia.com

1. Teri nasi atau teri medan paling baik dibeli saat masih dalam keadaan segar atau masih baru. Setelah disimpan beberapa hari umumnya teri akan berubah jadi aak kemerahan. Hal ini disebabkan karena teri masih lembap dan basah.

2. Karena teri masih dalam keadaan segar dan basah, setelah dibeli anda bisa mengeringkan teri dengan cara menjemurnya sebentar dibawah sinar matahari atau anda juga bisa memanggangnya sebentar di oven agar teri agak kering.

3.  Jika tidak akan langsung digunakan, simpan ikan teri nasi di wadah yang tetutup rapat dan kemudian simpan di lemari es. Jangan menyimpan teri nasi di wadah terbuka dengan suhu ruangan karena akan membuat teri nasi cepat berjamur dan tidak bisa dimakan.

Teri nasi biasanya diolah dengan cara ditumis dengan tomat dan irisan cabai. Atau digoreng kering bersama kacang tanah. Namun jika anda bosan dengan dua menu ini, anda juga bisa mencoba mengolah teri nasi menjadi Resep Sambal Teri Nasi. Berikut ini resepnya!

Resep Sambal Teri Medan / Teri Nasi


Bahan-bahan:
60 gram teri medan/teri nasi
2 buah tomat, potong-potong dan buang bijinya
12 buah cabai merah keriting
10 buah cabai rawit merah
2 buah serai, ambil bagian putihnya kemudian iris halus
6 butir bawang merahResep Sambal Teri Medan / Teri Nasi
3 lembar daun jeruk
2 sdm air jeruk nipis
4 sdm minyak goreng
2 sdt garam halus
1 sdt gula pasir
1/2 sdt vetsin

Cara membuat:
1. Ulek semua bahan sambal kecuali teri nasi, minyak goreng, air jeruk nipis dan daun jeruk. Ulek hingga halus.
2. Siapkan wajan, panaskan minyak goreng, tumis teri nasi hingga harum. Masukkan bahan sambal yang telah dihaluskan, aduk rata. Masak hingga matang.
3. Sesaat sebelum resep sambal teri nasi matang, tambahkan daun jeruk dan air jeruk nipis. Aduk rata.
4. Tuang sambal ke wadah dan sajikan.
Sajikan Resep Sambal Teri Medan / Teri Nasi ini dengan nasi hangat dan agar aromanya harum, sebelum dimasak anda bisa menggoreng teri nasi lebih dahulu. Sambal akan semakin enak jika anda menambahkan cabai rawit lebih banyak agar rasanya lebih mantap. Selamat mencoba!

Comments

  1. CV Bahagia Sukses Makmur adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan sewa Tenda Roder / Hanggar serta tenda lainnya. Kami memproduksi tenda dengan ukuran standard ataupun custom untuk kebutuhan gudang, marketing, event, wedding (pernikahan), party, DLL

    Tenda jenis ini sering digunakan untuk kegiatan berskala besar, karena mampu mangakomodasi kebutuhan dan kenyamanan didalamnya. Tenda ini juga memiliki ketahan dan kekuatan yang sama dengan bangunan permanen.

    Tenda Roder Putih dan Tenda Transparan

    Tenda Roder Putih
    Salah satu yang cukup sering digunakan adalah tenda roder dengan penutup PVC putih, Jenis tenda ini menjadi pilihan bagi anda yang ingin mengadakan acara yang bersifat komersil atau lebih privasi.
    Selain untuk event sendiri tenda ini juga sering digunakan sebagai tenda rumah sakit, tenda covid, tenda gudang tenda posko kemanan ataupun darurat.

    Tenda Transparan
    Tenda transparan ini dapat memberikan penerangan yang lebih maksimal dari pada tenda roder putih karena cahaya dapat masuk lebih banyak banyak ke dalam tenda ini. Tenda jenis ini memiliki kesan yang lebih arkistik dan elegan, sangat cocok untuk anda yang memimginkan tampilan cantik pada saat acara dilangsungkan.
    Pada umumnya tenda ini sering digunakan untuk acara event, wedding (pernikahan), party, bazar, pameran, DLL.

    Spesifikasi Tenda Roder
    1. Menggunakan PVC 850 blackout untuk atap nya, Dan bahan dindingnya ada 550, 410, 880 dan 850.
    Bisa disesaikan dengan kebutuhan ataupun keinginan anda.
    Blackouk sendiri tahan terhadap sinar UV matahari, Sehingga saat berada didalam tenda anda akan merasa nyaman.
    2. Memiliki Ukuran yang besar Dan beragam
    Kami memiliki beberapa ukuran bentangan yaitu 10 m, 15m dan 20 m dengan panjang bentangan kebelakang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.
    3. Menggunakan rangka allumunium yang tahan terhadap karat. Atau bisa juga menggunakan besi.
    4. Cocok digunakan untuk segala jenis acara.

    Spesifikasi rangka tenda Roder
    1. Bentangan 10
    memiliki tebal 65 x 100 x 4 mm
    2. bentangan 15
    memiliki tebal 85 x 120 x 4 mm
    3. Bentangan 20
    memiliki tebal 100 x 200 x 4 mm
    *tingginya 3 m untuk bentangan 10 dan 15. Serta 4 m untuk bentangan 20. (bisa custom).

    Perusahaan kami telah berpengalaman dalam Membuat berbagai macam tenda.
    Silahkan hubungi 0811 1252 0824 RAHMA
    Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci, Tangerang.
    SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00

    Anda juga dapat menghubungi kami di :
    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/
    https://tendagudangbogor.blogspot.com/
    Twitter : @TangerangRoder
    Instagram : @tendapameranjakarta
    Instagram : @tendagudangjakarta
    SHOPEE : @https:tendarodertangerang
    TOKOPEDIA : @partisipameran23
    PINTEREST : @TENDARODERBANDUNG

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi