Skip to main content

Cara Memasak Rawon Daging Sapi

Cara Memasak Rawon Daging Sapi - Bicara tentang Indonesia dan makanan khasnya, rasanya tidak akan pernah selesai. Is that right?

Sumber: resepmagz.com

Indonesia is one of the lucky country, why? Karena selain berbagai banyak sumber daya yang kita punya, kebudayaan yang tidak ada habisnya, Indonesia juga punya segudang kisah tentang berbagai masakan khasnya yang ada di setiap daerah.

Bicara tentang makanan khas Indonesia, rendang, nasi goreng, sate akan jadi beberapa makanan pertama yang muncul di kepala anda. Dan memang beberapa makanan tersebut, memiliki rasa enak, khas Indonesia dan sangat terkenal, bahkan hingga beberapa negara asing pun menyukainya.

But, there's not only rendang, or sate. Selain itu, kita masih punya berbagai jenis makanan khas Indonesia. Salah satunya adalah rawon. Rawon adalah makanan khas dari Jawa Timur yang merupakan sup daging berkuah hitam sebagai ciri khasnya. Warna hitam disini didapat dari kluwek. Nah untuk anda yang ingin mencicipi rawon, anda bisa membuatnya dirumah. Tapi untuk mendapatkan rawon yang enak, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengolah daging sapi. Namun bagi mereka yang punya masalah kolestrol, menghilangkan lemak daging sapi adalah hal yang harus dilakukan. Untungnya, ada cara untuk menghilangkan lemak ini. Bagaimana caranya? Seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini Cara Menghilangkan Lemak Sapi!

Cara Menghilangkan Lemak Sapi

Sumber: alodokter.com

1. Pertama keluarkan daging sapi yang sebelumnya anda simpan di dalam freezer, lalu potong dengan ukuran lebar 10 cm dan ketebalan tidak lebih dari 1 cm.

2. Lalu panaskan wajan penggorengan selama 5 menit dengan api sedang tanpa minyak diatasnya.

3. Lalu masak daging sapi selama 10 atau 12 menit atau hingga benar-benar matang dan tidak berwarna merah lagi.

4. Setelah matang, taruh daging sapi diatas piring yang sudah dialasi beberapa lembar tissu. Balik setiap 30 detik untuk setiap sisi selama 1 menit.

5. Dengan cara ini lemak akan terserap oleh tissue, dan daging bebas lemak jadi aman deh dikonsumsi.

Setelah memastikan anda terbebas dari kolestrol, anda bisa mengolah daging menjadi rawon. Dan seperti yang dilansir oleh royco.co.id, berikut ini Cara Memasak Rawon yang bisa anda coba dirumah!

Cara Memasak Rawon Daging Sapi


Bahan-bahan:
500 gram daging sapi sandung lamur
3 liter air
1 dengkul sapi, belah
3 lembar daun jeruk
1 ibu jari lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
5 sendok minyak untuk menumis
3 bungkus Royco Bumbu Pelezat Serbaguna Rasa Sapi
2 tangkai daun bawang, potong ukuran 1 cm

Bumbu halus:
2 buah kluwak
7 butir bawang merah
3 butir bawang putih
2 cm kunyit
2 cm jaheCara Memasak Rawon
1 sendok teh ketumbar, sangrai
� sendok teh lada
2 sendok teh garam
2 sendok teh gula

Cara memasak:
1.  Rebus daging dan dengkul sapi hingga setengah lunak. Potong daging sesuai selera. Sisihkan.
2.   Masukkan Royco Bumbu Pelezat Serbaguna Rasa Sapi ke dalam air rebusan daging.
3.   Tumis bumbu halus, lengkuas, daun jeruk, dan serai hingga harum dan matang.
4.   Masukkan potongan daging ke dalam tumisan, masak hingga bumbu meresap.
5.   Masukkan tumisan daging ke dalam kuah kaldu. Masak dengan api kecil hingga daging empuk. Sajikan hangat beserta pelengkap.
Sama seperti masakan Indonesia lainnya, cara memasak rawon juga dibuat dengan berbagai jenis rempah yang membuat cita rasanya jadi khas Indonesia dan sangat kuat. Namun diluar itu, cara memasak rawon ini tidak terlalu susah kok! Percaya deh anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah!
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Memasak Rawon Daging Sapi. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi