Skip to main content

Resep Sambal Tempoyak Durian Khas Palembang

Resep Sambal Tempoyak Durian Khas Palembang - Duriaaan! Duh siapa yang kenal dengan buah ini, coba angkat tangan?


Sumber: witnifood.com

Yup, durian memang menjadi salah satu buah yang cukup populer. Selain bentuknya yang agak unik dan sedikit berbahaya karena kulit yang tajam, buah ini juga dikenal karena rasanya yang enak. Buah durian memang memiliki rasa yang manis dengan daging buah legit. Meski begitu, nyatanya tidak semua orang suka dengan buah satu ini.

Alasannnya, apalagi kalau bukan aroma durian yang cukup menyengat? Durian memang memiliki aroma yang cukup kuat. Saking kuatnya, bahkan buah satu ini dilarang dibawa ke beberapa tempat seperti hotel, atau transportasi umum, karena takut aromanya akan mengganggu penciuman penumpang lain.

Well, bagi anda yang suka dengan buah durian, aroma durian akan terasa wangi dan membuat kita tidak sabar untuk mencicipi buah durian. Namun jika anda tidak suka dengan buah ini, bahkan aromanya saja sudah akan membuat anda ingin muntah. Anyway, dulu buah durian biasanya dinikmati dengan cara dimakan langsung. Namun kini, selain buah durian anda juga bisa menikmati berbagai makanan olahan durian. Apa saja ya? Seperti yang dilansir oleh liputan6.com, berikut ini 6 Olahan Buah Durian Yang Wajib Dicoba!

6 Olahan Buah Durian Yang Wajib Dicoba


1. Serabi durian


Sumber: vemale.com

Serabi, anda yang asli orang Bandung pasti kenal makanan dengan rasa manis ini kan? Serabi memang menjadi salah satu makanan atau kue khas Bandung yang populer. Yang unik dari serabi adalah cara memasaknya yang masih menggunakan tungku. Biasanya serabi disiram dengan kuah gula, tapi kini anda juga bisa mencoba serabi durian yaitu serabi yang disiram dengan kuah durian yang manis dan kental kemudian diberi taburan messes coklat dan keju. 

2. Pancake durian


Sumber: mhm.asia.com

Jangan membayangkan pancake ini berbentuk bulat mirip serabi seperti pancake pada umumnya. Karena pancake durian yang cukup hits saat ini merupakan perpaduan antara daing durian yang manis dan legit dan krim yang kemudian dibungkus dengan kulit kue dadar yang lembut. Rasanya? Gak perlu ditanya lagi, enak banget!

3. Kinca durian


Sumber: loop.co.id

Nama kinca durian mungkin lebih terdengar asing jika dibandingkan dengan serabi atau pancake durian. Kinca adalah ketan yang legit kemudian disiram dengan saus durian. Perpaduan rasa ketan dengan saus durian yang manis membuat makanan satu ini tidak boleh anda lewatkan.

4. Tempoyak durian


Sumber: limakaki.com

Jika tiga makanan sebelumnya memiliki cita rasa manis, tempoyak memiliki rasa yang asam. Tempoyak adalah olahan durian yang kemudian difermentasikan sehingga rasanya berubah asam. Biasanya tempoyak dijadikan lauk teman makan nasi. Agar rasanya lebih enak, tempoyak biasanya dicampurkan dengan daging,

5. Keripik biji durian


Sumber: tokopedia.com

Ternyata bukan hanya daging durian yang bisa anda nikamti dan diolah menjadi berbagai makanan. Tapi biji durian juga bisa diolah menjadi keripik. Caranya cukup iris-iris tipis biji durian dan rendam dalam air kencur kemudian dicampur dengan beberapa bumbu untuk kemudian digoreng. Keripik ini memiliki rasa manis namun tanpa aroma durian yang menyengat. Menjadikan camilan ini cocok untuk anda yang suka durian tapi benci aromanya.

6. Lempok durian


Sumber: lempok.com

Lempok durian mungkin kedengaran asing, tapi bagaimana dengan dodol durian? Nah bagi anda yang suka segala hal tentan durian, anda pasti pernah nih mencicipi dodol durian. Lempok durian memiliki tekstur lembut dan legit, dengan rasa manis dan aroma durian yang kuat. 
Biasanya durian diolah menjadi berbagai makanan yang memiliki cta rasa manis. Namun anda yang suka pedas, anda juga bisa lho mengolahnya menjadi resep sambal tempoyak. Nah penasaran kan, seperti apa sih rasanya? Yuk coba Resep Sambal Tempoyak dibawah ini!


Resep Sambal Tempoyak


Bahan-bahan:
200 gram daing buah durian, haluskan
3 buah cabai merah keriting
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
100 ml santan kentalResep Sambal Tempoyak Durian Khas Palembang
1 cm kunyit
1 cm lengkuas
2 sdt gula pasir
2 sdt garam halus
1 batang serai, memarkan
3 sdm minyak goreng

Cara membuat:
1. Tempoyak: Campur daging durian yang telah dihaluskan dengan 4 buah cabai, 4 buah cabai rawit merah yang telah dihaluskan dan 1 1/2 sdt garam halus. Aduk rata. Masukkan ke dalam stoples, tutup rapat dan simpan selama 5-7 hari. Tempoyak siap digunakan.
2. Sambal tempoyak: Haluskan cabai merah, bawang merah, bawang putih, kunyit, gula pasir, dan garam hingga lembut.
3. Panaskan minyak, campur semua bahan sambal yang telah dihaluskan dengan tempoyak durian, santan, serai, dan lengkuas.
4. Masak sambal hingga mendidih dan kental. Angkat dan tuan sambal ke wadah, sajikan.
Nah Resep Sambal Tempoyak Durian Khas Palembang ini paling enak disajikan bersama nasi hangat. Dan aagr rasanya makin enak, anda bisa menambahkan daging sapi atau udang ke dalam bahan sambal. Bagaimana? Tertarik mencoba?

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi