Skip to main content

Resep Sambal Kebembem Segar

Resep Sambal Kebembem - Buah mangga adalah buah tropis yang sangat populer, bukan hanya di Indonesia yang merupakan negara tropis, namun juga di negara-negara Eropa yang memiliki iklim yang cukup dingin.


Sumber: cookpad.com

Buah mangga memiliki warna kulit hijau dan berubah kuning jika sudah matang, selain itu dagingnya berwarna kuning plus daging yang lembut dan juga manis. Biasanya buah mangga dinikmati dengan cara dimakan langsung atau dibuat menjadi jus. Sedangkan untuk buah mangga yang belum matang, biasanya dikupas dan dijadikan rujak.

Untuk buah mangga yang dirujak, tidak semua mangga dipilih untuk dijadikan rujak. Hanya buah mangga yang mengkel atau setengah matang dan jenis buah mangga yang memiliki rasa yang asam, salah satunya adalah buah mangga yang dikenal dengan nama kweni atau kebembem. Dibandingkan dengan jenis buah mangga harum manis, kebembem memiliki warna yang lebih kuning kehijauan dengan rasa yang lebih asam.

Nah karena rasanya yang asam inilah yang membuat buah kebembem dipilih sebagai rujak. Tapi selain jenis mangga, tingkat kematangan mangga juga harus diperhatikan. Yang lucu adalah, banyak orang merasa patah hati setelah membeli mangga, karena meski terlihat matang dari luar, ketika sampai dirumah ternyata mangga yang dibeli masih mentah dan tidak bisa dimakan saat itu juga. Jika anda adalah salah satu orang yang sering patah hati karena mangga mentah, seperti yang dilansir oleh tipsortips.com, berikut ini Tips Memilih Mangga Terbaik!

Tips Memilih Mangga Terbaik

Sumber: bibittabulampot.com

1. Pilih mangga yang memiliki daging yang lembut karena ini berarti mangga sudah matang. Caranya saat membeli, coba tekan permukaan mangga, jika terasa empuk dan tidak keras maka mangga sudah matang.

2. Biasakan untuk tidak memilih mangga yang memiliki memar karena mangga yang memiliki memar biasanya akan jadi lembek dan tidak renyah lagi.

3. Pilih mangga yang dagingnya halus tanpa keriput atau berkerut. Mangga yang bagus memiliki kulit halus dan tanpa cela. Sedangkan mangga dengan kulit berkerut menandakan mangga sudah dipetik sebelum matang dan dimatangkan dengan cara dikarbit.

4. Buah mangga yang sudah matang biasanya memiliki aroma yang harum.

5. Pilih mangga yang ujung pangkalnya berwarna kuning karena itu berarti mangga matang dipohon dan tidak dipetik sebelum waktunya.

6. Jangan memilih mangga yang memiliki banyak bintik hitam karena itu artinya mangga sudah kelewat matang dan tidak terlalu enak dimakan.
Selain dirujak, cara lainnya mengolah mangga atau kebembem adalah dengan mengolahnya menjadi resep sambal kebembem. Meski rasanya enak, namun resep sambal kebembem ini kurang populer. Nah apakah anda tertarik mencobanya? Iya? Kalau begitu anda bisa mencoba resepnya dibawah ini!

Resep Sambal Kebembem


Bahan-bahan:
100 gram buah kebembem/kweni, kupas dan potong-potong
6 buah cabai merah
1/2 sdm irisan gula jawa
1 sdt terasi, sangrai/bakar
1 sdt garam halus
Resep Sambal Kebembem
Cara membuat:
1. Haluskan cabai merah, terasi, gula jawa, dan garam. Ulek hingga halus seperti sambal.
2. Kemudian tambahkan kebembem yang sudah dipotong-potong, aduk rata.
3. Tuang sambal kebembem ke dalam wadah, dan sajikan.
Resep Sambal Kebembem ini paling enak disajikan dengan ikan goreng atau mungkin ikan bakar. Agar rasa sambalnya tetap segar, sajikan resep sambal kebembem ini saat baru jadi, karena jika dibiarkan sambal akan berair. Oh ya jangan lupa disantap dengan nasi hangat ya! Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi