Skip to main content

Resep Sambal Jamblang Pedas

Resep Sambal Jamblang - Pernahkah anda mencoba buah jamblang? Belum? Well, anda mungkin bukan satu-satunya yang asing dengan buah satu ini. Karena selain anda masih banyak orang yang belum pernah mencicipi buah ini. Jangankan mencoba, melihat atau mendengar namanya pun mungkin belum pernah.


Sumber: bukalapak.com

Buah jamblang memang tidak begitu populer dibandingkan dengan buah jenis lain seperti apel atau jeruk. Dan memang selain kurang populer, akhir-akhir ini buah jamblang memang sudah agak langka dan sulit ditemukan bahkan di pasar tradisional yang biasanya menjual berbaai jenis buah-buahan lebih lengkap.

Untuk anda yan tidak tahu buah jamblang, buah ini memiliki bentuk mirip anggur dan memang buah jamblang atau yang juga disebut buah juwet ini masih satu kerabat dengan buah anggur. Bentuknya menyerupai anggur namun dengan bentuk yang lebih lonjong. Buah dengan nama latin Syzygium cumini ini memiliki warna kulit hitam. Sekilas penampakan buah jamblang ini memang terlihat tidak menarik, namun jangan salah buah jamblang memiliki rasa yang manis tidak kalah dengan rasa buah anggur.

Selain manis dan enak, buah jamblang juga mengandung banyak manfaat lho! Dan seperti yang dilansir oleh merdeka.com, berikut ini 6 Manfaat Mengkonsumsi Buah Jamblang!

6 Manfaat Mengkonsumsi Buah Jamblang


1. Obat diabetes


Sumber: health.com

Buah jamblan sudah lama diunakan sebagai obat untuk diabetes dalam pengobatan tradisional. Ini karena buah ini memiliki indeks glikemik yang rendah yang membuatnya digunakan sebagai obat diabetes. Selain itu pada sebuah penelitian menyebutkan bahwa biji buah jamblang juga mampu menrunkan resiko kadar gula hingga 30%.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh


Sumber: belajarsehat.com

Buah jamblang mengandung kadar vitamin c, kalsium, zat besi, dan kalium. Kandungan ini dapat bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh, terutama vitamin c. Karena vitamin c berfungsi sebagai antioksidaan yang akan melindungi tubuh dari radikal bebas maupun virus dan bakteri penyebab penyakit.

3. Mencegah penyakit jantung


Sumber: alodokter.com

Penyakit jantung masih ada dalam daftar teratas sebagai penyakit yang mematikan di dunia. Untuk menhindari penyakit ini, selain hidup sehat anda juga bisa mencoba mengkonsumsi buah jamblang. Ini karena pada buah jamblan terdapat senyawa yang berperan sebagai anti inflamasi dan juga antioksidaan yang menceah terjadinya oksidasi kolestrol dan divasi plak yang memicu penyakit jantung.

4. Obat infeksi


Sumber: kitapunya.com

Selain buah, kulit, biji dan daun buah jamblan juga digunakan sebagai obat anti infeksi. Bagian dari buah jamblang juga mengandung tanin, asam oksalat, asam galat dan berbagai senyawa lain yang dapat berfungsi sebagai anti bakteri.

5. Melancarkan pencernaan 


Sumber: beautiva.com

Selain sebagai obat infeksi senyawa yang ada dalam buah jamblangg juga mampu mengobati penyakit maag dan bakteri. Selain itu karena rasanya manis, buah ini aman dikonsumsi oleh mereka yang punya penyakit maag.

6. Mencegah kanker


Sumber: indonesiapositif.com

Menurut sebuah studi ekstrak buah jamblang juga mampu menghambat radiasi yang dapat menyebabkan generasi radikal bebas penyebab kanker.
Tidak menyangka bukan buah yang sudah langka di pasaran ternyata mampu menyimpan banyak sekali manfaat. Selain dimakan langsung, anda juga bisa mengolah buah mungil ini menjadi resep sambal jamblang. Pasti belum pernah coba kan? Yuk cari tahu Resep Sambal Jamblang dibawah ini!

Resep Sambal Jamblang 


Bahan-bahan:
10 buah jamblan (duwet), potong-potong
10 buah cabai merah keriting
5 buah cabai rawit merah
7 buah bawang merah
5 siung bawang putih
1 buah tomat, potong dadu kecil
1 sdt garam halus
Resep Sambal Jamblang1 sdm irisan gula merah
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt terasi sangrai/bakar
1/4 sdt vetsin
2 sdm minyak jelantah

Cara membuat:
1. Haluskan cabai rawit, cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, gula merah, terasi, minyak jelantah, vetsin, dan garam hingga lembut.
2. Setelah halus, masukkan potongan buah tomat, jamblang, dan air jeruk nipis. Ulek kembali hingga halus.
3. Tuang sambal yang sudah jadi ke wadah dan sajikan.
Resep sambal jamblang ini cocok untuk anda yang tidak suka makan pedas. Karena rasa buahnya sendiri manis dan jika memang tidak suka pedas anda hanya perlu mengurangi jumlah cabai rawit yang anda gunakan atau menambahkan sedikit irisan gula merah agar rasanya manis. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi