Skip to main content

Resep Gulai Ayam Khas Padang

Resep Gulai Ayam Khas Padang - Ayam adalah salah satu bahan makanan yang sangat disukai banyak orang.


Sumber: bumburesep.blogspot.co.id

Selain karena rasanya yang tidak kalah dengan daging sapi, atau ikan, ayam juga memiliki harga yang jauh bersahabat dari daging sapi, ditambah lagi anda bisa membuat berbagai jenis masakan dengan bahan utama ayam. Mau digoreng, dipepes, dibuat sup hingga dibakar, rasa masakan berbahan dasar ayam selalu menggiurkan bukan?

Namun sebelum memasak ayam, salah satu poin penting yang harus anda patuhi adalah memasaknya dengan benar. Sekilas memasak ayam memang terlihat mudah, tinggalditambah bumbu dan dimasak dengan cara digoreng, dibuat sup atau dengan menggunakan berbagai cara lainnya. Namun sebenarnya memasak ayam tidak semudah seperti yang terlihat, bahkan dibandingkan dengan daging sapi, memasak daging ayam ini lebih sulit dan anda harus lebih berhati-hati.

Ini karena dipermukaan daging ayam mentah terkandung bakteri E. colli dan salmonella yang jadi penyebab penyakit diare dan tipes. Nah agar anda terhindar dari dua bakteri tersebut, seperti yang dilansir oleh royco.co.id, berikut ini 5 Langkah Menangani Daging Ayam Sebelum Dimasak!


Baca Juga  : Aneka Resep Olahan Ayam

5 Langkah Menangani Daging Ayam Sebelum Dimasak



Sumber: plus.google.com

1. Jika biasanya kita mencuci daging sapi, kambing atau ikan sebelum dimasak maka aturan yang sebaliknya berlaku untuk daging ayam. Sebaiknya hindari mencuci daging ayam. Ini karena daging ayam mentah mengandung bakteri yang bisa menyebar kemana-mana.

2. Sebelum dimasak, sebaiknya simpan daging ayam di dalam freezer. Jika ingin dimasak, anda bisa mencairkan daging beku dengan menyimpannya di dalam wadah tertutup rapat dan letakkan dalam kulkas. Simpan wadah tersebut di rak kulkas paling bawah agar tidak dapat mengkontaminasi bahan makanan lainnya di dalam kulkas.

3. Hindari mencairkan daging ayam dengan cara mengangin-anginkannya dengan suhu ruangan karena akan memperbanyak jumlah bakteri yang ada di daging ayam.

4. Gunakan peralatan yang terpisah untuk mengolah ayam. Seperti talenan, pisau, piring dan wadah lainnya. Hindari juga menyimpan daging ayam yang sudah matang di wadah yang sama dengan wadah yang anda gunakan untuk menyimpan ayam mentah. Ini karena besar kemungkinan terdapat bakteri yang masih menempel di wadah tersebut dan menempel kembali di daging ayam yang sudah matang.

5. Setelah memasak ayam mentah, selalu cuci bersih tangan dan berbagai peralatan dapur.

Memasak daging ayam memang sangat tricky, namun jika kita bisa mengolahnya dengan benar, maka masakan anda bukan hanya jadi terasa enak namun juga aman dikonsumsi. Dan bicara tentang masakan olahan ayam yang punya rasa enak, gulai ayam adalah salah satunya. Masakan khas Padang ini memiliki rasa enak dan membuat siapa pun susah move on. Dan seperti yang dilansir oleh cookpad.com, berikut ini Cara Memasak Gulai Ayam Padang!

Cara Memasak Gulai Ayam Padang


Bahan-bahan:
500 gram ayam, potong-potong
1 lembar daun kunyit
2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
1 batang serai
3 cm lengkuas, memarkan
1/2 sendok teh gula merah
1/2 sendok teh asam jawa
2 butir cengkih
3 cm kayu manis
400 ml santan (dari 1/4 butir kelapa)

Bumbu halus:
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 butir kemiri, sangrai
7 buah cabe merahResep Gulai Ayam Khas Padang
2 cm kunyit
1/2 sendok teh jintan, sangrai
2 cm jahe
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh ketumbar, sangrai
1 sendok teh garam
1 1/2 sendok teh gula pasir

Cara memasak:
1. Campur santan, bumbu halus dan semua bahan kecuali ayam dalam panci, masak sambil terus diaduk hingga mendidih dan wangi.
2.  Masukkan ayam, masak kembali sambil terus diaduk hingga bumbu meresap dan santan mengental. Angkat. Siap disajikan.
Oh ya selain ayam yang sudah harus benar-benar matang, satu tips lainnya mengenai cara memasak gulai ayam padang adalah pastikan anda memasak santan hingga benar-benar matang. Sebaiknya gunakan santan kelapa asli dan bukannya santan kelapa instant. Selain agar rasanya lebih enak, gulai ayam padang juga tidak akan cepat basi!
Terima kasih sudah membaca artikel Resep Gulai Ayam Khas Padang. Semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi