Skip to main content

Resep Sambal Kebembem Pedas

Resep Sambal Kebembem - Buah kuini mungkin masih sedikit asing ditelinga anda. Namun bagaimana dengan nama buah kebembem?


Sumber: cookpad.com

Nah kalau nama buah yang satu ini, anda pasti sudah tidak asin lagi bukan? Apalagi jika anda suka mentantap makanan pedas, anda pasti sering mencicipi buah ini. Buah kebembem biasanya digunakan sebagai salah satu buah dalam rujak.

Sekilas buah ini terlihat seperti mangga. Karena memang faktanya, buah kebembem memang masih satu keluarga dengan mangga. Namun berbeda dengan buah mangga, ukuran buah kebembem ini lebih kecil dengan tekstur yang lebih keras dan renyah. Warna kulitnya hijau seperti kulit buah mangga namun daging buahnya memiliki warna kuning kehijauan.

Buah kebembem memiliki rasa yang asam, jadi tidak banyak orang yang mau mengkonsumsinya dengan cara memakannya langsung. Dan karena rasanya yang asam, alih-alih dimakan langsung buah kebembem justru paling cocok disantap dengan sambal gula merah sebagai rujak. Rasa asam dan pedas dari sambal, akan membuat rasa rujak semakin enak dan segar, sangat cocok dikonsumsi di sian hari atau di hari dengan cuaca yang panas.

Bukan hanya enak untuk rujak, buah kebembem juga mengandung banyak gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Dan seperti yang dilansir oleh manfaat.co.id, berikut ini 5 Kandungan Nutrisi Buah Kebembem dan Manfaatnya!

5 Kandungan Nutrisi Buah Kebembem dan Manfaatnya


1. Serat
Buah kebembem mengandung serat yang tinggi. Sehingga buah ini sangat baik untuk mereka yang sedang menjalankan program diet, maupun mereka yang memiliki masalah dengan pencernaan. Serat akan membantu sistem pencernaan agar mampu bekerja lebih baik. Sedangkan untuk diet, serat akan membuat perut kenyang lebih lama.

2. Vitamin
Buah kebembem mengandung banyak vitamin diantaranya adalah vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C. Vitamin A dikenal sangat baik untuk menjaga mata agar tetap sehat. Sedangkan vitamin B6, berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan membantu mencerna protein yang masuk ke tubuh. Terakhir vitamin C bermanfaat sebaai antioksidaan yang akan melindungi tubuh dari rdikal bebas, plus mampu membantu tubuh memproduksi kolagen yang baik untuk kulit.

3. Kalsium
Meski jumlahnya tidak banyak, buah kebembem mengandung kalsium. Kalsium ini sangat baik untuk tubuh terutama tulang. Dan karena jumlah kalsium buah kebembem sedikit, paling tidak buah ini mampu memenuhi kebutuhan kalsium harian anda.

4. Zat besi
Sama seperti kalsium, kandungan zat besi pada buah kebembem memang tidak terlalu banyak. Namun paling tidak, zat besi yang ada di buah kebembem ini dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi harian anda. Zat besi sendiri bermanfaat untuk membantu memeprcepat proses penyembuhan luka dan juga membantu memproduksi sel darah merah dalam tubuh.

5. Fosfor
Dalam setiap 100 gram buah kebembem, 2 % diantaranya adalah fosfor. Kandungan fosfor akan membantu tubuh menyerap kalsium dan memperkuat tulang dan gigi.

Nah untuk anda yang suka makan rujak buah kebembem, agar tidak bosan anda bisa nih mengolah buah ini menjadi resep sambal kebembem. Yuk cek Resep Sambal Kebembem dibawah ini!

Resep Sambal Kebembem


Bahan-bahan:
100 gram buah kebembem, potong-potong
1 sdt terasi bakar/sangrai
6 buah cabai merahResep Sambal Kebembem
1/2 sdm irisan gula merah
1 sdt garam halus

Cara membuat:
1. Haluskan cabai merah, terasi, gula jawa, dan garam. Ulek hingga halus.
2. Campur sambal dengan irisan buah kebembem, kemudian aduk rata hingga semua bahan tercampur.
3. Tuang sambal ke wadah atau piring, sajikan.
Anda bisa menyantap Resep Sambal Kebembem ini lansung tanpa menambahkan nasi. Atau anda juga bisa menjadikan sambal ini sebagai pelengkap bagi sajikan ikan bakar. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi