Skip to main content

Resep Sambal Dadak Rawit Mentah Khas Sunda

Resep Sambal Dadak Rawit Mentah Khas Sunda - Cabai adalah salah satu tanaman yang sangat penting bagi kita semua. Terutama bagi anda yang suka semua makanan dengan rasa pedas atau bagi anda yan suka memasak. Karena dalam memasak, terutama makanan Asia yang menggunakan banyak bumbu, cabai merupakan salah satu bumbu wajib yan harus selalu ada di dapur karena banyak sekali makanan Indonesia yang menggunakan cabai sebagai salah satu bumbu atau sekedar hiasan agar tampilan masakan semakin menarik.


Sumber: detikfood.com

Di Indonesia, hampir semua masakan menggunakan cabai sebagai salah satu bumbunya, tidak perduli masakan tersebut memiliki rasa pedas atau tidak. Jadi meski anda tidak suka pedas, cabai harus selalu ada dalam kulkas anda. Dan dengan banyaknya bumbu yang membutuhkan cabai, tidak heran jika disini cabai menjadi salah satu tanaman yang laris manis di pasaran meski makin kesini harganya semakin mahal terutama di musim penghujan.

Namun meski menjadi salah satu bumbu yang terpenting, ada satu masalah yang seringkali muncul pada cabai dan membuat banyak orang terutama ibu rumah tangga merasa kesal. Pasalnya, cabai merupakan salah satu tanaman yang sangat mudah busuk atau kering. Dan tentu saja kita tidak bisa menggunakan cabai yang kondisinya sudah busuk karena selain rasanya pasti sudah tidak sebaik cabai segar, cabai yang sudah busuk juga menjadi salah satu sarang kuman bakteri berbahaya yang jadi sumber penyakit.

Nah jika anda adalah salah satu orang yang sering merasa kesal dengan cabai yang mudah busuk, yuk simak Tips Menyimpan Cabai Agar Tetap Segar seperti yang dilansir oleh selerasa.com dibawah ini!

Tips Menyimpan Cabai Agar Tetap Segar

Sumber: vemale.com

1. Saat membeli cabai pastikan anda memilih cabai yang memiliki kualitas baik. Dan untuk menentukan cabai tersebut dalam kualitas baik atau tidak, anda dapat memencet bagian tengah cabai. Jika cabai masih dalam kondisi segar, biasanya kulit cabai akan terasa sedikit keras sedangkan cabai yang sudah tidak segar cenderung lebih lembek dan berair.

2. Cabai sangat sensitif terhadap air. Untuk itu setelah membeli, agar tidak mudah busuk simpan cabai di tempat atau wadah yang kering dan tidak lembap. 

3. Anda juga bisa menyimpan cabai di dalam lemari es, yang terpenting adalah memastikan bahwa ketika disimpan cabai tidak dalam keadaan basah karena ini akan membuat cabai cepat busuk.

4. Umumnya setelah membeli sayuran kita akan mencuci sayuran sebelum menyimpannya. Ini aar kotoran yang menempel pada sayuran dapat menghilang dan sayuran jadi bersih. Namun untuk cabai, sebaiknya cuci ketika cabai baru akan digunakan. Mencuci cabai kemudian menyimpannya apalagi di kulkas, hanya akan membuat cabai jadi busuk.

5. Jika anda tidak memiliki kulkas, anda bisa menyimpan cabai pada wadah yang terbuka. Jangan simpan di wadah yang basah dan hindari dari sorotan sinar matahari karena cabai akan jadi kering.
Bicara tentang cabai, rasanya tidak pas jika kita tidak membahas sambal. Sambal adalah salah satu makanan khas Indonesia. Dan karena sambal memiliki rasa yang pedas, cabai menjadi salah satu bahan utama dalam membuat sambal ini. Sambal terdiri dari banyak sekali jenis, dari yang sambal tidak pedas, sampai yang rasanya sangat pedas. Nah salah satu sambal yang memiliki rasa lumayan pedas, adalah Resep Sambal Dadak Rawit. Bagi anda yang suka makan pedas, yuk coba Resep Sambal Dadak Rawit dibawah ini!

Resep Sambal Dadak Rawit Mentah Khas Sunda


Bahan-bahan:
20 buah cabai rawit merah
3 butir bawang merah
3 siung bawang putihResep Sambal Dadak Rawit Mentah Khas Sunda
1 sdt garam halus
1 sdt gula pasir
1/4 sdt vetsin
1 sdm minyak jelantah

Cara membuat:
1. Ulek cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, gula pasir, garam dan vetsin hingga halus.
2. Tambahkan minyak jelantah, aduk rata agar minyak tercampur rata dengan sambal.
3.  Tuang sambal ke wadah, sajikan.
Jika anda takut rasanya jadi terlalu pedas, anda bisa menambahkan potongan tomat segar. Rasa tomat yang asam sedikit manis akan membuat rasa pada Resep Sambal Dadak Rawit Mentah Khas Sunda ini jadi tidak terlalu pedas. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi