Skip to main content

Resep Sambal Cobek Khas Sunda

Resep Sambal Cobek Khas Sunda - Siapa disini yang suka minum es kelapa siang-siang? Apalagi di musim panas dimana suhu udara cukup tinggi dan membuat kita cepat haus. Segelas es kelapa pasti terasa sangat menyegarkan bukan?


Sumber: resepmasakanku.blogspot.com

Nah jika anda suka minum es kelapa atau makan daging buah kelapa, anda pasti tahu dong jika kelapa bukan hanya bisa diolah menjadi es kelapa saja! Selain air dan daging buahnya yang dibuat es kelapa, daging dari buah kelapa yang berwarna putih juga sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk berbagai masakan. Cara paling populer adalah dengan memarut daging kelapa dan memeras airnya yang berwarna putih seperti susu. Air perasan kelapa ini disebut santan dan seringkali jadi bahan untuk berbagai masakan terutama masakan Asia termasuk Indonesia.

Di Indonesia, santan menjadi bahan untuk banyak jenis masakan. Bahkan semua masakan dengan bahan santan biasanya merupakan makanan yang memiliki cita rasa enak dan dihidangkan dihari penting seperti lebaran atau acara keluarga. Beberapa masakan yang biasanya menggunakan santan dalam bahan-bahannya dan memiliki rasa enak adalah rendang, opor ayam, dan masih banyak makanan enak lainnya.

But tetap saja untuk mendapatkan cita rasa masakan yang enak, selain bumbu yang tepat anda juga harus selalu memperhatikan kualitas bahan yang anda gunakan termasuk santan. Nah lho! Yuk cari tau bagaimana sih Cara Mendapatkan Santan Berkualitas seperti yang dilansir oleh okezone.com dibawah ini!


Baca Juga  : Aneka Resep Olahan Ayam

Cara Mendapatkan Santan Berkualitas


Pilih kelapa tua


Sumber: okezone.com

Biasanya banyak orang menyukai buah kelapa yang masih muda, namun untuk santan akan lebih baik jika anda memilih kelapa yang sudah tua, karena kelapa yang sudah tua akan menghasilkan santan yang gurih dan nikmat dibandingkan dengan kelapa muda.

Kupas kulit ari


Sumber: buahbuahanbermanfaat.blogspot.com

Untuk menghasilkan santan yang bagus dan berwarna putih bersih sebaiknya anda menupas kulit ari pada kelapa yang berwarna coklat. Ini karena memarut kulit kelapa dengan kulit arinya akan membuat santan jadi terlihat kotor.

Parut kelapa halus


Sumber: detikfood.com

Untuk mendapatkan santan berkualitas baik dalam jumlah banyak, pastikan anda memarut kelapa hingga halus. Cara ini akan membuat air santan lebih banyak dan anda juga akan lebih mudah memerasnya.
Sebenarnya untuk mendapatkan santan berkualitas baik, tidak terlalu sulit kok! Yang perlu anda lakukan hanya memarut dan membersihkannya dengan baik. Well, jika biasanya santan digunakan agar rasa masakan semakin enak, tertarikkah anda untuk mencoba menambahkan santan ke sambal? Yup, selain untuk masakan, santan juga bisa jadi bumbu untuk resep sambal cobek lho! Penasaran kan? Yuk contek Resep Sambal Cobek dibawah ini!

Resep Sambal Cobek Khas Sunda


Bahan-bahan:
60 ml santan kental
12 buah cabai merah keriting
6 buah bawang merah
4 siung bawang putih
4 sdm minyak goreng
4 butir kemiri, goreng
1 sdt air asam jawaResep Sambal Cobek Khas Sunda
2 1/2 sdt garam halus
1/2 sdm gula merah
1/2 cm kencur
1/2 cm jahe
1/2 sdt vetsin

Cara membuat:
1. Haluskan cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan bahan sambal yang lainnya. Haluskan dengan menggunakan ulekan.
2. Panaskan minyak, tumis sambal hingga harum. Tuang santan kental, air asam jawa, dan vetsin ke dalam sambal.
3. Masak kembali hingga mendidih dan tekstur sambal jadi kental. Angkat dan sajikan.
Untuk anda yang bingung ingin menyajikan Resep Sambal Cobek Khas Sunda ini dengan masakan apa, sambal satu ini paling cocok untuk ikan goreng atau ikan bakar. Namun usahakan untuk habis dalam waktu cepat, karena santan yang ada di dalam bahan sambal akan membuat sambal tidak tahan lama alias cepat basi jika lebih dari satu hari. Selamat mencoba!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi