Skip to main content

Resep Sambal Ayam Goreng Pedas Mantap

Resep Sambal Ayam Goreng - Ayam merupakan salah satu hewan paling bermanfaat. Dari ujung kaki hingga ujung kepala dari hewan ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Bulu ayam biasanya dimanfaatkan untuk kerajinan tangan, dibuat hiasan dinding atau paling sering dibuat menjadi kemoceng.


Sumber: sedapsekejap.com

Telur ayam dapat diolah jadi berbagai masakan, obat, bahan masker wajah, bahkan minuman tradisional seperti jamu. Sedangkan dari kaki hingga kepalanya, bisa disantap dan diolah menjadi berbagai masakan. Mulai dari sup, sampai sate.

Selain itu dibandingkan dengan daging jenis lain, daging ayam memang menjadi favorit banyak orang, terutama para ibu rumah tangga. Ini karena selain bergizi, mudah ditemukan, dapat diolah menjadi banyak masakan, dan yang terpenting harganya juga murah meriah. Jadi jangan heran jika banyak ibu rumah tangga sering membeli daging ayam untuk diolah jadi berbagai masakan. Bahkan tidak jarang ada orang yang membeli dalam jumlah agak banyak untuk stok dirumah.

Sayangnya justru karena daging ayam laris manis dipasaran, justru banyak pedagang curang yang menambahkan berbagai macam bahan atau menjual ayam dengan kualitas buruk. Hal ini dilakukan agar ayam dapat dijual murah namun si penjual dapat mengambil keuntungan yang besar. Hal ini tentu merugikan pembeli, selain itu ayam yang berkualitas buruk juga akan menghasilkan rasa masakan yang tidak enak, dan bahkan berbahaya untuk dikonsumsi. Anda tentu tidak ingin bukan seluruh keluarga anda keracunan setelah menyantap ayam yang anda buat? Untuk itu anda harus berhati-hati dalam membeli ayam, salah satu caranya adalah dengan mengetahui ciri-ciri ayam berkualitas buruk seperti ayam tiren atau ayam berformalin. Dan seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini Ciri Ayam Berkualitas Buruk yang harus anda kenali!

Ciri Ayam Berkualitas Buruk


1. Ayam Tiren


Sumber: tribunnews.com

Ayam tiren atau ayam mati kemaren adalah ayam yang sudah mati sebelum dipotong atau dijual. Bisa dibilang ayam tiren adalah ayam yang sudah menjadi bangkai dan kondisinya sudah tidak layak dimakan dan berbahaya karena mengandung banyak kuman dan bakteri.  Ciri-ciri ayam tiren ini adalah aromanya agak bau amis, pada bagian kepala atau leher ayam terdapat bercak-bercak darah, daging ayam tidak segar dan berwarna pucat kebiruan, serta potongan ayam pada bagian leher terlihat tidak lebar.

2. Ayam Suntik


Sumber: food.detik.com

Ayam suntik adalah ayam yang disuntik dengan air dibagian paha, dada dan punggungnya. Tujuannya agar ayam yang ukurannya kecil, bisa terlihat besar. Ciri dari ayam suntik adalah ketika digantung meneteskan banyak air dan ketika diletakkan akan ada banyak air menggenang disekitarnya. Ayam akan menyusut ketika dimasak. Daging ayam terasa tidak lembek dan agak kencang ketika ditekan. Dan kulitnya terlihat mengkilap.

3. Ayam Berformalin


Sumber: sarafdunia.blospot.com

Formalin adalah salah satu bahan paling berbahaya dan tidak boleh dikonsumsi oleh manusia. Biasanya formalin digunakan untuk mengawetkan mayat. Sayangnya justru banyak pedagang nakal yang menambahkan formalin pada ayamnya. Tujuannya agar ayam tetap awet dan tidak mudah busuk. Ciri dari ayam berformalin adalah daging ayam berwarna putih mengkilat dan sangat kenyal. Tidak ada lalat yang hinggap dan baunya seperti bau obat.


Baca Juga  : Aneka Resep Olahan Ayam
Itu dia beberapa ciri ayam berkualitas buruk. Nah bagi anda yang sering membeli ayam, sebelum membeli coba perhatikan ayam tersebut, apakah memiliki salah satu ciri dari ayam tiren, ayam suntik atau ayam formalin. Akan lebih baik lagi jika anda membeli daging ayam di penjual daging ayam langganan anda sehingga anda mendapatkan daging ayam yang berkualitas baik dan masih segar. Dan dengan daging ayam yang berkualitas, anda dapat membuat berbagai masakan yang enak dan aman dikonsumsi. Salah satunya adalah ayam goreng. 

Di Indonesia terdapat berbagai jenis ayam goreng. Dari mulai ayam goreng lengkuas, ayam goreng tepung, dan berbagai jenis ayam goreng lainnya. Biasanya hidangan ayam goreng paling enak disajikan dengan sambal dan nasi hangat. Dan agar olahan ayam goreng buatan anda semakin enak, yuk coba Resep Sambal Ayam Goreng dibawah ini!

Resep Sambal Ayam Goreng


Bahan-bahan:
10 buah cabai merah besar
4 buah cabai rawit merah
1 buah tomat merah, potong dadu
1 sdt terasi, sangrai/bakarResep Sambal Ayam Goreng
1 batang serai, memarkan
1 lembar daun salam
7 butir bawang merah
1 sdt garam halus
1 sdt gula pasir
2 cm lengkuas
3 sdm minyak goreng 
1/4 sdt vetsin

Cara membuat:
1. Giling halus cabai merah, cabai rawit, bawang merah, terasi, dan garam hingga lembut.
2. Panaskan minyak, tumis bahan sambal yang sudah dihaluskan. Tambahkan gula pasir, lengkuas, serai, daun salam, vetsin dan potongan tomat.
3. Aduk rata, kemudian masak sampai sambal matang. Angkat.
4. Tuang resep sambal ayam goreng yang sudah jadi ke piring kecil, sajikan.
Biasanya selain sambal, ayam goreng juga disajikan dengan lalapan, kemangi, tomat dan timun. Dan jika anda suka mengkonsumsi masakan pedas, anda bisa menambahkan beberapa cabai rawit ke resep sambal ayam goreng agar rasanya lebih pedas dan sesuai selera anda. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi