Skip to main content

Resep Sambal Asam Pedas

Resep Sambal Asam Pedas - Menyantap makanan pedas adalah kesukaan banyak orang. Apalagi orang Indonesia yang mayoritas suka pedas. 



Jika di negara lain masakan pedas dihasilkan oleh saus atau pasta cabai, orang Indonesia justru tidak terlalu suka makan saus. Ya saus banyak disukai karena memberikan rasa pedas, namun kebanyakan dari kita lebih suka menambahkan sambal pada masakan atau makanan agar rasanya lebih pedas.

Berbeda dengan saus yang mungkin sudah ditambah berbagai bahan sehingga warnanya lebih terang dan rasanya sedikit asam, sambal justru dibuat dari cabai segar dan juga tomat segar. Karena itu tidak heran jika rasa sambal jauh lebih pedas dari saus botolan yang sering kita beli.

Selain cabai, tomat juga jadi bahan penting dalam membuat sambal. Bahkan bisa dbilang tomat adalah bahan utama kedua yang harus digunakan jika anda ingin membuat sambal yang enak dan segar. Namun untuk membuat sambal yang enak, tentu saja anda harus menggunakan tomat yang segar begitu juga dengan cabainya. Ini karena tomat segar memiliki kandungan air yang jumlahnya lebih banyak sehingga rasa sambal nantinya akan lebih enak. Dan agar tidak salah pilih, yuk simak Tips Memilih Tomat Yang Segar seperti yang dilansir oleh royco.co.id dibawah ini!

Tips Memilih Tomat Yang Segar

Sumber: jussehat.com

1. Untuk membuat sambal, anda bisa menggunakan tomat yang masih setengah matang. Ini karena berbeda dengan tomat matang yang memiliki rasa manis, tomat yang setengah matang memiliki rasa asam yang membuat sambal jadi semakin enak.

2. Mungkin tidak banyak yang tahu, ada satu cara mudah untuk menentukan tomat yang masih segar. Caranya anda harus memilih tomat yang bukan hanya berukuran besar tapi juga terasa berat. Ini artinya kandungan air atau buah tomat masih segar dan belum berkurang. Sedangkan tomat yang berukuran besar tapi terasa ringan biasanya sudah tidak segar.

3. Banyak orang menyimpan tomat dalam kulkas dengan tujuan agar tomat tetap segar dan lebih tahan lama. Well, hal ini mungkin berhasil untuk sayuran lain tapi tidak untuk tomat. Kebalikannya tomat justru akan lebih mudah busuk jika disimpan di dalam lemari es. Sebaiknya simpan tomat disuhu ruangan seperti meja dapur ata lemari/rak dapur.

Dengan menggunakan tomat segar, rasa sambal juga akan terasa makin enak. Selain itu ada banyak sekali jenis sambal yang bisa anda buat dengan menambahkan tomat sebagai bahan utamanya selain cabai salah satunya adalah resep sambal asam pedas. Dan berikut ini resepnya!

Resep Sambal Asam Pedas


Bahan-bahan:
2 buah tomat, potong dadu kecil
4 sdm saus tomat
2 sdm saus sambal
2 siung bawang putih, cincang
7 buah cabai rawit merah, iris halus
7 buah cabai merah besar, iris halus
1 sdt gula pasir
Resep Sambal Asam Pedas1 sdt garam halus
1 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
1 sdm air jeruk lemon
1 buah bawang bombay, cincang
100 ml air
1/4 sdt vetsin
4 sdm minyak goreng

Cara membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay, bawang putih dan cabai hingga harum.
2. Masukkan potongan tomat, kemudian tambahkan larutan maizena, air jeruk lemon, saus sambal dan saus tomat, vetsin, gula, garam dan air. Aduk rata.
3. Aduk terus sampai tekstur sambal kental dan matang. Angkat.
4. Tuang resep sambal asam pedas yang sudah jadi, sajikan.
Resep sambal asam pedas ini paling cocok untuk ikan goreng atau sambal untuk fuyunghai. Dan jika anda ingin sambal yang lebih kental, anda bisa menambahkan tepung maizena menjadi 2 sendok teh. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi