Skip to main content

Resep Sambal Raden Khas Jepara

Resep Sambal Raden - Guys, pernah dengar tentang mitos bahwa bawang putih dapat mengusir vampir?


Sumber: cookpad.com

Well, dibeberapa negara hal ini masih sangat dipercaya. Namun kebanyakan orang Indonesia apalagi mereka yang tinggal di kota besar menganggap hal ini tidak lebih dari sebuah mitos. Apalagi tidak ada penjelasan ilmiah atau hal masuk akal yang mendukung teori ini.

Daripada dijadikan penangkal vampir, faktanya bawang putih lebih enak dijadikan untuk bahan atau bumbu berbagai masakan. Yup, selain bawang merah, bawang putih memang menjadi salah satu bumbu rempah yang akan selalu anda temukan di dapur. Apalagi mengingat mayoritas masakan Asia, terutama Indonesia hampir semuanya menggunakan bawang putih sebagai bumbunya. Entah itu masakan tumis, bakar, atau bahkan goreng, bawang putih akan selalu jadi bumbu utama untuk membuat cita rasa masakan jadi semakin enak.

Namun sama seperti bumbu atau rempah lainnya, bawang putih bukan hanya enak dijadikan bumbu masakan, atau pengusir vampir bagi beberapa mitos kuno namun juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan kita. Dan seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini 5 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan!

5 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan


1. Mengobati radang tenggorokan


Sumber: alodokter.com

Bawang putih mengandung senyawa anti-radang. Jadi untuk anda yang memiliki masalah dengan peradangan, anda bisa banget nih mencoba mengunyah 1 siung bawang putih mentah untuk mengatasi bahkan menyembuhkan radang tenggorokan.

2. Mengobati diabetes


Sumber: netdoctor.com

Bawang putih juga sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Dengan manfaatnya ini tidak heran jika penderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi minimal 1 siung bawang putih setiap harinya.

3. Menyembuhkan sariawan


Sumber: cantikitu.com

Bukan hanya jeruk yang mengandung vitamin c, namun bawang putih juga. Bawang putih mengandung vitamin c yang dapat menyembuhkan sariawan. Plus bawang putih juga berperan sebagai zat anti inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan akibat sariawan.

4. Melancarkan peredaran darah


Sumber: polka.id

Salah satu manfaat bawang putih yang sudah dikenal lama adalah mampu melancarkan peredaran darah dan mengatasi pembuluh darah yang tersumbat. Caranya adalah dengan mengunyah bawang putih mentah setiap hari dan Korea Selatan adalah salah satu negara yang menjadikan kebiasaan mengunyah bawang putih sebagai kebiasaan yang dilakukan sehari-hari.

5. Mengatasi keracunan makanan


Sumber: sulogs.com

Banyaknya makanan kemasan kadang membuat kita tidak hati-hati. Akibatnya, bukan pertama kalinya terjadi kasus keracunan makanan yang menimpa banyak orang. Untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi bawang putih karena bawang putih mengandung anti oksidaan yang akan membantu mengatasi keracunan makanan.
Biasanya bawang putih dijadikan bumbu masakan terutama masakan yang cara mengolahnya adalah dengan cara ditumis. Namun selain tumisan, bawang putih juga menjadi salah satu bahan utama dalam berbagai resep sambal, salah satunya adalah Resep Sambal Raden. Dan berikut ini resep sambal raden yang bisa anda coba!

Resep Sambal Raden Khas Jepara


Bahan-bahan:
10 buah cabai merah besar
 5 buah cabai rawit
5 siung bawang putih
1 buah tomat, potong dadu kecil
2 sdm kemiriResep Sambal Raden Khas Jepara
2 sdt terasi, sangrai/bakar
2 sdm minyak goreng
1/4 sdt vetsin
1 sdt gula pasir

Cara membuat:
1. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang putih, tomat, kemiri, terasi, vetsin dan gula pasir hingga lembut.
2. Panaskan minyak kemudian tumis bahan sambal yang sudah dihaluskan sampai matang dan harum. Angkat.
3. Tuang sambal ke wadah, sajikan.
Bagi anda yang suka mengkonsumsi ikan atau ayam goreng, Resep Sambal Raden Khas Jepara ini bisa menjadi sambal yang cocok untuk menemani menu ikan atau ayam goreng. Dan jangan lupa agar tetap kenyang sajikan dengan nasi hangat. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi