Skip to main content

Resep Sambal Terancam Pedas

Resep Sambal Terancam - Mentimun pasti bukan buah yang asing bagi anda. Namun alih-alih dimakan seperti buah lainnya, buah mentimun justru lebih sering dijadikan bahan masakan.

Sumber: cookpad.com

Bagi masyarakat sunda, mentimun adalah sayuran yang penting dan banyak dari orang sunda sangat suka makan mentimun. Biasanya mentimun dijadikan lalapan dimakan mentah dengan cocolan sambal. Atau biasanya mentimun juga dimakan dengan ikan asin dan sambal. Dan terakhir, mentimun juga serin diolah sebagai sayur bening.

Bagi perempuan, buah mentimun memiliki manfaat yang sangat penting. Bukan hanya sebagai sayuran untuk dimasak, namun juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Buah mentimun paling sering digunakan sebagai kompresan untuk mengatasi mata panda atau mata yang sembap sehabis begadang. Caranya mentimun diiris dan kemudian dimasukkan ke dalam kulkas selama 30 menit. Setelah itu mentimun yang sudah dingin akan diletakkan di bawah mata atau dikelopak mata untuk mengompres mata yang bengkak sehabis begadang.

Selain itu, parutan mentimun juga seringkali digunakan sebagai masker karena mentimun mengandung air yang banyak sehingga penggunaannya sebagai masker wajah mampu menyegarkan dan mengatasi kulit wajah yang kering. Namun selain manfaat di bidang kecantikan, mentimun juga memiliki banyak manfaat lain. Dan seperti yang dilansir oleh nationalgeographic.co.id, berikut ini 4 Manfaat Mentimun Bagi Tubuh!

4 Manfaat Mentimun Bagi Tubuh


1. Mengontrol kadar gula darah


Sumber: udangcara.com

Salah satu manfaat mentimun adalah mengontrol kadar gula dalam darah. Ini karena mengkonsumsi jus mentimun akan membantu meningkatkan hormon khusus yang dapat diperlukan oleh sel sel pankreas untuk memproduksi insulin.

2. Mengontrol tekanan darah


Sumber: standfordcenter.com

Bagi anda yang menderita tekanan darah tinggi, mentimun bisa menjadi salah satu sayuran yang rutin anda konsumsi. Mentimun menandung magnesium, kalium, dan serat yang akan membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

3. Menurunkan kolestrol


Sumber: mausehat.com

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa buah mentimun mengandung sterol, sebuah zat yang dapat menurunkan dan menontrol kadar kolestrol dalam darah.

4. Menurunkan berat badan


Sumber: masbroo.com

Untuk anda yang sedang diet, mentimun mengandung kalori yang rendah namun kaya akan serat. Mengkonsumsi mentimun akan membantu menurunkan berat badan dan paling tidak, buah ini tidak akan menyebabkan berat badan anda naik.
Untuk anda yang suka makan mentimun sebagai lalap, anda biasanya akan mencocol mentimun dengan aneka sambal. Nah bagaiman jika kali ini anda mencoba resep sambal terancam. Sambal ini justru menjadikan mentimun sebagai salah satu bahannya. Tertarik? Berikut ini Resep Sambal Terancam yang bisa anda coba!

Resep Sambal Terancam


Bahan-bahan:
100 gram mentimun, iris tipis
100 gram kelapa, setengah tua dan parut
5 siung bawang putih
2 buah cabai merah keriting
10 buah cabai rawit merah
2 cm kencurResep Sambal Terancam
1 genggam daun kemangi
60 gram toge
1 sdm irisan gula merah
2 sdt garam halus

Cara membuat:
1. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang putih, kencur, gula merah, dan garam.
2. Haluskan menggunakan ulekan hingga lembut, kemudian campur dengan parutan kelapa. Aduk rata.
3. Tambahkan irisan timun, tauge, dan daun kemangi. Aduk rata. Tuang sambal ke wadah dan sajikan.
Bagi anda yang suka sayur-sayuran, anda bisa menambahkan irisan kacang panjang atau irisan kol halus pada resep sambal terancam ini. Selain enak, sambal ini sudah pasti sehat karena terdiri dari banyak jenis sayuran segar. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi