Skip to main content

Resep Sambal Brandal Pedas Mantap

Resep Sambal Brandal - Mengkonsumsi cabai, ah pasti bukan hal yang aneh bagi anda bukan? 


Sumber: resepraktis.com

Apalagi jika anda termasuk orang yang suka mengkonsumsi makanan pedas, mengkonsumsi cabai dalam bentuk masakan, camilan, sambal bahkan hingga mentah pasti bukanlah hal yang asing bagi anda. Bahkan mungkin semakin banyak cabai yang digunakan, akan terasa semakin lezat bagi anda yang suka pedas.

Orang Indonesia memang sudah sanat terbiasa dengan yang namanya makanan pedas. Banyak masakan khas Indonesia seperti rendang misalnya yang memiliki cita rasa pedas dan disukai oleh banyak orang Indonesia dan juga turis mancanegara. Terbukti beberapa saat lalu rendang berhasil menjadi salah satu masakan terenak di dunia.

Nah bagi anda yang suka makan pedas, dan kebetulan suka masak, cabai adalah salah satu bumbu rempah yang harus selalu anda miliki dirumah. Nah agar stok cabai dirumah selalu segar saat digunakan, yuk cek Tips Menyimpan Cabai seperti yang dilansir oleh royco.co.id dibawah ini!

Tips Menyimpan Cabai


1. Pisahkan cabai dari sisa tangkainya


Sumber: infosumbang.net

Setelah membeli cabai, segera buang tangkai cabai yang berwarna hijau. Ini karena pada tangkainya lah terdapat banyak bakteri yang munkin masih menempel meskipun sudah kita cuci. Selain akan menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit, bakteri tersebut juga akan membuat cabai jadi cepat busuk.

2. Cuci bersih cabai dengan air mengalir


Sumber: food.detik.com

Membeli cabai di supermarket sekalipun tidak menjamin cabai bebas bakteri. Untuk itu, setelah memisahkan dengan tangkainya, cuci cabai dengan air mengalir dan gunakan keranjang berongga untuk mencucinya hingga bersih.

3. Tiriskan cabai lalu angin-anginkan


Sumber: dapuronlinequ.wordpress.com

Air memang dapat membuat cabai jadi bersih, namun jika dibiarkan basah hal ini akan membuat cabai cepat busuk. Untuk itu, setelah dicuci segera angin-anginkan cabai agar cepat kering. Atau jika anda tidak punya banyak waktu, cuci cabai hanya ketika akan digunakan. Dengan begitu cabai akan tetap segar dan tidak mudah busuk.

4. Simpan dalam kantong kertas


Sumber: buattaskertas.com

Tempat terbaik menyimpan cabai adalah dengan menyimpannya di dalam kantong kertas. Jadi setelah cabai dicuci dan kering, masukkan cabai ke dalam kantong kertas dan simpan di dalam lemari es. Cara ini akan membuat cabai awet dan tinggkat kelembapannya tidak terlalu tinggi.

5. Keringkan di atas oven


Sumber: manfaatmu.com

Jika anda memiliki cabai yang sudah lama, dan layu daripada dibiarkan membusuk akan lebih baik jika anda mengeringkannya di atas oven. Gunakan suhu rendah pada oven agar cabai tidak gosong. Setelah kering, simpan cabai di wadah kedap udara. Sekedar informasi, cabai bisa tahan hingga 6-12 bulan lho!
Bicara tentang cabai, apa pun jenisnya jika kita tidak membahas tentang sambal. Makanan atau bumbu yang terbuat dari sambal, tomat dan bahan lainnya ini sangat populer dan terdiri dari banyak jenis, salah satunya adalah Resep Sambal Brandal. Dan berikut ini resep sambal brandal yang bisa anda coba!

Resep Sambal Brandal


Bahan-bahan:
20 buah cabai merah
2 lembar daun jeruk purut
6 buah kemiri, sangraiResep Sambal Brandal
3 sdm minyak goreng
1 sdt garam halus
1/2 sdm air asam jawa
1 1/2 sdt terasi, sangrai/bakar

Cara membuat:
1. Haluskan cabai merah, kemiri, terasi, air asam jawa, daun jeruk, dan garam hingga lembut.
2. Panaskan minyak, tumis semua bahan sambal hingga harum dan juga matang. Aduk rata, ankat.
3. Tuang sambal ke wadah, sajikan sebagai pelengkap untuk berbagai masakan.
Resep sambal brandal adalah salah satu resep yang paling mudah disajikan dengan berbagai masakan. Sajikan saja dengan cumi yang digoreng, atau ikan, ayam bakar dan berbagai masakan lainnya. Agar rasa sambal enak, jangan lupa pilih cabai yang masih segar dan berkualitas ya! Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi