Skip to main content

Resep Sambal Matah Khas Bali

Resep Sambal Matah Khas Bali - Bawang menjadi salah satu jenis rempah-rempah yang sangat penting dalam memasak. Bahkan bisa dibilang, rempah ini adalah salah satu bumbu yang wajib anda miliki di dapur anda.


Sumber: indoindians.com

Terutama jika anda memasak masakan Indonesia, anda harus selalu memiliki persediaan bumbu rempah yang lengkap termasuk memiliki stok bawang, baik itu bawang merah atau bawang putih. Bawang memang menjadi tanaman yang penting dan di Indonesia hampir semua masakan menggunakan bawang sebagai salah satu bumbunya. Bukan hanya membuat rasa masakan enak, bawang juga memiliki beragam khasiat bagi tubuh.

Bawang merah contohnya, bukan lagi hal mitos jika banyak dari kita menggunakan bawang merah untuk mengobati masuk angin. Biasanya bawang dihancurkan dengan jahe, kemudian diseduh dan diminum airnya. Bawang dan jahe memiliki efek hangat pada tubuh sehingga dapat membantu mengatasi masuk angin maupun sakit perut. 

Pada bayi atau anak balita yang memiliki masalah perut kembung biasanya bawang diparut dan dicampur dengan minyak tanah kemudian di oleskan pada perut yang kembung. Nah dengan manfaatnya ini, tidak heran bawang menjadi salah satu rempah favorit banyak orang. Nah agar stok bawang anda selalu awet, anda harus memperhatikan cara menyimpan bawang atau bumbu rempah lain yang anda gunakan dalam memasak. Dan seperti yang dilansir oleh royco.co.id, berikut ini Tips Menyimpan Bawang Agar Lebih Tahan Lama!

Tips Menyimpan Bawang Agar Lebih Tahan Lama


1. Simpan dalam kantong kertas


Sumber: teraside.com

Sama seperti jenis sayuran atau bahan lainnya, bawang sebaiknya dijauhkan dari kelembapan. Hal ini hanya akan membuat bawang jadi cepat busuk. Caranya anda bisa menyimpannya di wadah atau tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik seperti kantong kertas atau keranjang yang dilengkapi lubang-lubang kecil.

2. Jauhkan dari kentang


Sumber: merdeka.com

Selain tempat yang lembap, jauhkan juga kentang dari bahan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti kentang. Ini karena, makanan atau sayuran dengan kadar air tinggi akan membuat udara disekitarnya jadi lembap, dan membuat bawang menjadi busuk.

3. Jangan simpan di lemari es


Sumber: portid.blogspot.com

Lemari es memiliki kadar air dan kelembapan yang tinggi. Dan menyimpan bawang utuh di dalam lemari es hanya akan membuat bawang jadi busuk atau bahkan bertunas. Sebaiknya kalaupun anda menyimpannya dilemari es, kupas bawang terlebih dahulu kemudian simpan di wadah kedap udara, baru kemudian simpan di lemari es. Umumnya, bawang hanya akan bertahan 3-5 hari di dalam lemari es. Oh ya, hindari mencuci bawang ya karena hal ini juga akan membuat bawang jadi cepat busuk

4. Jauhkan dari sinar matahari


Sumber: tokopedia.com

Bawang memang sebaiknya disimpan di tempat yang kering namun bukan berarti anda menyimpannya di tempat yang terkena sinar matahari. Sinar matahari akan membantu proses pertumbuhan tunas pada bawang, membuat baik rasa maupun aroma bawang berkurang.


Baca Juga  : Aneka Resep Olahan Ayam
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kebanyakan bahkan hampir semua masakan menggunakan bawang sebagai bumbunya, termasuk sambal. Pada sambal bawang adalah bahan yang penting selain cabai. Biasanya jenis bawang yang digunakan adalah bawang merah. Bahkan tidak jarang untuk sambal tertentu dibutuhkan jumlah bawang yang banyak, salah satunya adalah Resep Sambal Matah yang merupakan sambal khas dari Bali. Nah jika anda penasaran dengan resep sambal matah, namun enggan terbang ke Bali, yuk coba resepnya dibawah ini!

Resep Sambal Matah Khas Bali


Bahan-bahan:
7 buah cabai rawit, iris tipis
9 butir bawang merah, iris halus
3 siung bawang putih, iris halus
3 lembar daun jeruk, iris halus
3 batang serai, ambil dagingnya dan iris halus
1 sdt gula pasir
1 sdt garam halus
Resep Sambal Matah Khas Bali4 sdm air jeruk nipis
4 sdm minyak jelantah
1/2 sdt terasi bakar/sangrai
1/4 sdt vetsin

Cara membuat:
1. Campurkan semua bahan seperti cabai, bawang, dan bahan lainnya ke dalam satu wadah. Kemudian aduk rata.
2. Tuang minyak panas/minyak jelantah, kemudian aduk rata. Setelah semua tercampur rata, tuang sambal atau sajikan sambal sebagai pelengkap.
Resep Sambal Matah Khas Bali ini adalah salah satu resep makanan Bali yang cukup dikenal. Biasanya sambal matah disajikan sebagai pelengkap untuk menu bebek goreng, ayam goreng atau makanan khas Bali lainnya. Jika anda memiliki rencana makan siang dengan ayam goreng, nah anda bisa nih mencoba membuat sambal matah sebagai pelengkapnya. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi