Skip to main content

Resep Sambal Bejek Khas Bali

Resep Sambal Bejek Khas Bali - Honje, pernahkah anda mendengar kata ini? Mungkin banyak orang yang masih asing dengan hoje, dan mungkin anda adalah salah satunya.


Sumber: dream.co.id

Well, banyak juga orang bertanya-tanya, apa itu honje? Sejenis tumbuhan? Yup, honje memang merupakan sejenis tumbuhan rempah yang banyak ditemukan dan digunakan sebagai bumbu maupun bahan makanan di Indonesia. Namun kebanyakan orang Indonesia tidak mengenal tanaman ini dengan nama honje, melainkan kecombrang.

Nah kalau kecombrang mungkin anda sudah pernah mendengar, walaupun tidak semua orang pernah mencicipi kecombrang. Biasanya hanya orang sunda lah yang menyebut tanaman ini dengan nama honje. Selain honje, kecombrang memang dikenal dengan banyak nama tergantung wilayah kecombrang tumbuh. Kecombrang atau honje yang memiliki nama ilmiah Etlingera elatior ini memiliki beberapa nama tergantung dimana ia ditemukan. Di Medan, nama tanaman ini adalah kincung. Sedangkan di Minangkabaau, nama ini berubah jadi kincuang atau sambuang, serta di Malaya nama ini menjadi siantan. Orang-orang Thailand menyebut tanaman ini sebagai daalaa dan orang Bali sendiri mengenalnya dengan nama kecicang sedangkan batang mudanya disebut bongkot.

Biasanya kecombrang digunakan sebagai bahan sayur atau berbagai masakan lain. Sekilas tanaman ini terlihat seperti jahe, namun kecombrang sangat berbeda dengan jahe. Nah jika anda tertarik untuk mengolah kecombrang jadi berbagai masakan, sebelum membeli, anda perlu tahu nih kalau kecombrang terdiri dari 2 jenis, satu yang berbentuk kuncup satu lagi memiliki bentuk seperti bunga. Nah lalu sebaiknya mana yang kita pilih? Lalu bagaimana sih cara memilih kecombrang yang benar? Yuk cari tahu dibawah ini!

Cara Memilih Kecombrang Yang Benar

Sumber: bibitbunga.com

1. Kecombrang berbentuk batang kuncup biasanya memiliki aroma yang kurang tajam. Sekilas bumbu yang disebut honje ini memiliki aroma mirip dengan jahe dan lemon namun dengan aroma yang tidak terlalu tajam.

2.  Sedangkan jika anda ingin masakan anda memiliki aroma dan rasa yang kuat, anda bisa mencoba menggunakan kecombrang yang berbentuk bunga. Karena jenis inilah yang memiliki aroma yang cukup kuat. 

3. Kecombrang berbentuk batang kuncup biasanya digunakan untuk berbagai masakan tumisan. Sedangkan kecombrang yang berbentuk bunga biasanya diolah menjadi berbagai masakan seperti gulai, kari, seafood dan makanan berkuah lainnya.

4. Apa pun jenis kecombrang yang anda pilih, pilihlah yang segar karena sayuran atau apa pun yang segar memiliki kualitas terbaik.
Nah mudah bukan cara memilih kecombrang yang benar? Seperti yang disebutkan diatas, setiap jenis kecombrang dibuat menjadi beragam masakan yang berbeda. Namun jika anda bosan dengan olaha kecombrang yang biasa anda buat, anda bisa mencoba Resep Sambal Bejek dan berikut ini resepnya!


Resep Sambal Bejek Khas Bali


Bahan-bahan:
60 gram bunga kecombrang/kicung, iris halus
12 buah cabai merah keriting, iris halus
4 butir bawang merah, cincang kasar
7 siung bawang putih, iris halusResep Sambal Bejek Khas Bali
2 lembar daun jeruk, iris halus
2 sdm air jeruk nipis, iris halus
2 sdt terasi, sangrai/bakar
1 sdt garam halus
1 sdt gula pasir
1/4 sdt vetsin

Cara membuat:
1. Campur irisan cabai, bawang, bunga kecombrang, air jeruk nipis, dan bahan lainnya. Aduk rata.
2. Tuang resep sambal bejek ke wadah, sajikan sebagai pelengkap.
Bagi anda yang bingung ingin menyajikan Resep Sambal Bejek Khas Bali ini dengan menu apa, anda bisa menyajikan sambal ini dengan menu ikan bakar. Jangan lupa lalapan dan juga nasi hangat. Selamat mencoba!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi