Skip to main content

Resep Sambal Kota Yang Mudah

Resep Sambal Kota - Mengkonsumsi makanan yang pedas bukanlah hal yang asing bagi orang Indonesia. Bahkan beberapa wilayah di Indonesia seperti Padang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas. Bahkan bisa dibilang hampir 80% masakan Padang memiliki cita rasa pedas, bahkan sangat pedas bagi yang tidak terbiasa.


Sumber: tribunnews.com

Well, sebenarnya mayoritas orang Indonesia sangat suka mengkonsumsi makanan pedas. Jadi bisa dipastikan makanan dengan cita rasa pedas biasanya disukai banyak orang bahkan sekarang jadi hits dan diburu para penikmat kuliner. Selain itu, karena kebanyakan orang suka pedas, biasanya cabai menjadi salah satu bumbu rempah yang selalu ada di dapur.

Di Indonesia, ada tiga jenis cabai yang populer. Yaitu cabai besar, cabai keriting, dan cabai rawit. Dari ketiganya, cabai rawit lah yang memiliki rasa paling pedas. Biasanya cabai rawit dijadikan sebagai bumbu sambal atau juga dijadikan sebagai pelengkap untuk makan gorengan, sedangkan cabai merah atau cabai keriting dijadikan bahan untuk membuat bumbu berbagai masakan. Atau cabai juga digunakan sebagai garnish karena memiliki warna yang cantik. 

Well, meski cabai menjadi salah satu rempah favorit namun banyak juga lho orang yang tidak suka menambahkan cabai pada masakannya. Bukan karena pedas, namun karena banyak orang merasa tangannya panas setelah memotong cabai. Nah jika anda juga sering mengalami hal ini, seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini Tips Agar Tangan Tidak Panas Setelah Memotong Cabai!


Baca Juga  : Aneka Resep Olahan Ayam

Tips Agar Tangan Tidak Panas Setelah Memotong Cabai


1. Cuci tangan dengan air hangat


Sumber: magwuzz.com

Banyak orang yang mencoba menghilangkan rasa panas di tangan dengan menggunakan air dingin. Padahal cara terbaik menghilangkan tangan yang terasa panas/pedas akibat cabai adalah dengan mencuci tangan menggunakan air hangat. Sama seperti saat kita ingin menghilangkan rasa pedas di mulut, cara terbaik adalah dengan minum air hangat, nah jika anda ingin menghilangkan rasa panas/pedas di tangan, cobalah untuk mencuci tangan dengan air hangat.

2. Rendam tangan dengan susu


Sumber: oyanz.blogspot.com

Cara kedua adalah dengan menggunakan susu cair. Susu cair memiliki zat yang mampu menetralkan rasa panas/pedas di tangan. Caranya, oleskan susu ke tangan dan diamkan selama 3 menit kemudian bilas.
Resep Sambal Kota Yang Mudah
3. Oleskan minyak goreng


Sumber: arbamedia.com

Cara terakhir adalah dengan mengoleskan minyak goreng ke tangan anda. Kemudian gosok-gosok dan diamkan selama beberapa menit sampai rasa panasnya hilang dan bilas tangan dengan air.
Simpel namun banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara mengatasi tangan yang panas karena cabai. Nah karena sekarang anda sudah tahu, anda pasti sudah tidak takut lagi bukan menambahkan cabai pada masakan anda? Kalau iya, yuk coba Resep Sambal Kota dibawah ini!

Resep Sambal Kota


Bahan-bahan:
6 buah cabai merah, buang bijinya dan iris halus
6 buah cabai rawit merah
3 sdm minyak goreng
4 butir bawang putih, iris halus
1 sdt garam halus
1 sdt gula halus

Cara membuat:
1. Panaskan minyak, tumis cabai rawit, cabai merah, bawang putih, garam dan gula pasir hingga matang dan harum. Angkat.
2. Tuang resep sambal kota yang sudah jadi ke wadah, sajikan.
Super duper mudah bukan Resep Sambal Kota diatas? Anda yang suka pedas tapi tidak bisa masak, atau membuat sambal, resep satu ini cocok untuk anda. Sajikan dengan ikan goreng atau ikan bakar ya. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi