Skip to main content

Resep Sambal Lado Mudo Hijau Padang

Resep Sambal Lado Mudo Hijau Padang - Bicara tentang makanan pedas, rasanya sangat tidak afdol jika kita melupakan cabai.


Sumber: saribundo.biz

Yup, bisa dibilang hampir semua makanan atau bahkan semua makanan pedas biasanya menambahkan cabai ke dalam bumbu mereka. Ini karena diantara banyaknya rempah yang ada, cabai adalah satu-satunya tanaman yang dapat memberikan rasa pedas yang maksimal.

Cabai juga terdiri dari berbagai jenis. Bahkan beberapa negara memiliki cabai khasnya sendiri. Di Meksiko atau Amerika Latin misalnya memiliki cabai khas yang bernama cabai jalapeno yang memiliki rasa super pedas bahkan menjadi salah satu yang terpedas di dunia. Di Indonesia sendiri kita memiliki banyak jenis cabai.

Yang terkenal adalah cabai merah, atau cabai rawit. Cabai merah biasanya diolah menjadi sambal atau bumbu masakan, atau kadang jadi garnish agar tampilan makanan semakin menarik. Sedangkan cabai rawit biasanya lebih sering dijadikan bumbu karena rasanya yang lumayan pedas. Namun bukan hanya cabai merah atau cabai rawit yang ada di Indonesia, selain dua jenis cabai tersebut, cabai hijau juga sering digunakan sebagai bumbu masakan. Dan sama seperti cabai merah, cabai rawit atau bumbu, tanaman atau sayuran, cabai hijau juga memiliki beberapa manfaat. Dan seperti yang dilansir oleh liputan6.com, berikut ini 6 Manfaat Cabai Hijau!

6 Manfaat Cabai Hijau


1. Melindungi diri dari kanker


Sumber: rohaminaherba.com

Yang membedakan cabai hijau dengan cabai jenis lain adalah cabai hijau kaya akan antioksidaan. Dan seperti yang kita tahu, antioksidaan adalah salah satu zat yang dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel tubuh dan menjadi penyebab berbagai penyakit kanker.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh


Sumber: dokterlia.com

Sama seperti jenis cabai lainnya, cabai hijau juga mengandung vitamin C. Vitamin C ini sangat penting bagi tubuh karena vitamin C dapat memperkuat sistem imun tubuh yang akan melindungi diri kita dari berbagai penyakit.

3. Membantu produksi minyak alami untuk kulit


Sumber: loop.co.id

Selain vitamin C, cabai hijau juga mengandung vitamin E. Dan vitamin E ini adalah salah satu jenis vitamin yang dapat mempercantik kulit karena dapat membantu memproduksi minyak alami kulit agar kulit tetap lembap dan sehat.

4. Membantu mencerna makanan lebih cepat


Sumber: dietsehat.com

Cabai hijau juga kaya akan serat, sehingga mengkonsumsi cabai hijau secara tidak langsung akan membuat pencernaan anda jadi lebih sehat. Ini karena serat sendiri bermanfaat memperlancar sistem pencernaan dalam mencerna makanan. Tapi bukan berarti anda mengkonsumsi cabai hijau secara berlebihan ya!

5. Bebas kalori


Sumber: health.com

Bagi anda yang sedang diet, mengkonsumsi makanan pedas atau cabai dapat membantu anda dalam menurunkan berat badan. Ini karena cabai bebas kalori yang jadi salah satu penyebab kenaikan berat badan.

6. Mengurangi kadar gula darah


Sumber: guladarah.net

Cabai juga baik untuk mereka yang memiliki masalah dengan gula darah, karena tanaman pedas satu ini justru mampu menurunkan kadar gula darah.
Membahas tentang cabai hijau, rasanya tidak lengkap jika kita tidak mengolahnya menjadi sambal. Dan meski warnanya hijau, bukan berarti cabai ini tidak pedas lho! Tidak percaya, yuk coba Resep Sambal Lado Mudo dibawah ini! Berani?
Resep Sambal Lado Mudo Hijau Padang

Resep Sambal Lado Mudo Hijau Padang


Bahan-bahan:
150 gram cabai hijau besar
4 buah tomat hijau, potong dadu
3 lembar daun jeruk
8 butir bawang merah
4 butir bawang putih
2 sdm air jeruk nipis
1 sdt gula pasir
2 sdt garam halus
1 sendok sayur minyak goreng

Cara membuat:
1. Tumbuk kasar cabai hijau, tomat, bawang merah, bawang putih dan garam.
2. Panaskan minyak, tumis semua bahan sambal. Masak hingga matang dan harum. Angkat.
3. Tuang resep sambal lado mudo yang sudah jadi ke wadah sambal, sajikan.
Nah bagi anda yang bingung mau menyajikan Resep Sambal Lado Mudo Hijau Padang ini dengan masakan apa, anda bisa menambahkan sambal ini ke berbagai masakan padang seperti sayur nangka, lalap daun singkong atau bahkan anda bisa menyajikan sambal ini dengan resep ayam atau iga penyet. Jangan lupa, santap dengan nasi hangat untuk makan siang. Dijamin anda pasti suka dan ketagihan! Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi