Skip to main content

Resep Sambal Jeruk Bali

Resep Sambal Jeruk Bali - Jeruk adalah salah satu buah yang banyak disukai dan sangat populer. Rasanya yang manis dan sedikit asam membuatnya cocok untuk dibuat menjadi berbagai jenis minuman segar dan disajikan dimusim panas.


Sumber: resepmasakandapurarie.com

Selain rasanya yang segar, sama seperti jenis buah citrus lainnya, jeruk juga dikenal karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Vitamin C sendiri memiliki beragam manfaat salah satunya seperti membantu menjaga sistem imun tubuh. Sistem imun inilah yang menjaga agar tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Jeruk terdiri dari berbagai jenis seperti jeruk nipis, jeruk limau, jeruk purut, jeruk manis hingga jeruk bali. Bicara tentang jeruk bali, jenis satu ini memang tidak seterkenal jenis jeruk manis atau jeruk nipis. Namun ternyata jeruk bali juga memiliki beberapa khasiat yang luar biasa untuk tubuh kita. Dan seperti yang dilansir oleh suara.com, berikut ini 5 Khasiat Luar Biasa Mengkonsumsi Jeruk Bali!

5 Khasiat Luar Biasa Mengkonsumsi Jeruk Bali


1. Mengurangi Kolestrol


Sumber: sehatnya.com

Kolestrol adalah salah satu penyebab teradinya berbagai penyakit berbahaya. Namun bagi anda yang punya masalah kolestrol, jangan khawatir anda bisa kok mengkonsumsi jeruk bali untuk mengurangi kadar kolestrol dalam darah. Ini karena jeruk bali mengandung senyawa yang membantu untuk mengurangi kadar kolestrol yang berlebihan dari hati.

2. Mencegah Diabetes


Sumber: theindianexpress.com

Mengkonsumsi buah jeruk secara teratur membantu mengurangi pati dan permen dalam sistem tubuh. Jadi jika anda memiliki kadar gula yang tinggi dalam darah, anda bisa mulai mengkonsumsi jeruk bali untuk mencegah agar tidak terkena diabetes.

3. Baik Untuk Pencernaan


Sumber: galena.com

Serat sangat penting bagi tubuh karena berfungsi untuk membantu sistem pencernaan dalam mencerna makanan yang masuk ke tubuh kita. Dan jeruk bali kaya akan serat dan pulp vegetif yang membantu meningkatkan aliran cairan lambung.

4. Menyembuhkan Insomnia


Sumber: linkedin.com

Biasanya kita akan meminum segelas susu agar dapat tidur nyenyak, karena susu mampu membuat tubuh jadi lebih rileks dan siap untuk tidur. Namun jika anda menderita insomnia, selain segelas susu, jus jeruk atau jeruk hangat menjadi minuman yang baik dikonsumsi sebelum tidur karena mampu menyembuhkan insomnia anda.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan


Sumber: akuininsukses.com

Saat kita sedang diet atau proses menurunkan berat badan, mengkonsumsi buah-buahan menjadi salah satu makanan yang dianjurkan. Bagi anda yang sedang menurunkan berat badan, meminum segelas jus jeruk bali secara rutin mampu membakar lemak, membantu menyerap pati dan pemen dalam tubuh.
Biasanya jeruk bali dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau dibuat menjadi jus. Tapi tahukah anda jika buah asam ini juga enak dibuat menjadi sambal. Nah apakah anda adalah salah satu yang suka makan pedas dan tidak bisa makan tanpa ada sambal? Jika iya berarti anda harus mencoba Resep Sambal Jeruk Bali dibawah ini!

Resep Sambal Jeruk Bali


Bahan-bahan:
100 gram jeruk bali, ulir bulirnya
5 buah cabe rawit merah
4 buah cabe merah keriting
2 buah cabe merah besar
1 sdm air jeruk nipis
1/2 sdm irisan gula merah
4 butir bawang putih
1/2 sdt terasi sangrai/bakar
1 sdt garam halus
Resep Sambal So Melinjo
Cara membuat:
1. Haluskan cabai dengan gula merah, bawang putih, air jeruk nipis, terasi, garam. Ulek hingga lembut.
2. Masukkan bulir jeruk bali, aduk rata dan ulek hingga bulirnya menyatu dengan bahan lainnya.
3. Tuang sambal jeruk bali ke wadah saji, dan resep sambal jeruk bali siap dihidangkan.
Anda yang suka dengan rasa asam dan pedas, resep sambal jeruk bali ini pasti menjadi salah satu jenis sambal yang akan jadi favorit anda. Sajikan bersama nasi hangat, lauk pauk dan lalapan atau bisa juga untuk pelengkap rujak. Selamat mencoba!Resep Sambal Jeruk Bali

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi