Skip to main content

Resep Sambal Cuka Kecap Asin

Resep Sambal Cuka Kecap Asin - Cuka mungkin bukanlah bumbu baru bagi anda. Terutama jika anda suka makan bakso pedas, nah anda pasti tahu jika cuka adala salah satu bumbu bakso yang membuat rasa kuah bakso semakin mantap.


Sumber: srikandibroad.com

Cuka sendiri adalah senyawa kimia asam organik yang dikenal luas sebagai bahan pemberi rasa asam dan aroma pada makanan. Selain bakso, cuka juga digunakan untuk berbagai jenis makanan, agar rasa makanan tersebut lebih segar karena rasa asam dari cuka. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, cuka juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Jika di Indonesia, cuka lebih sering dimanfaatkan sebagai bumbu, di Eropa sana cuka selain dapat membuat rasa masakan jadi enak juga dikenal sebagai obat yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Nah penasaran kan, apa saja sih manfaat cuka hingga banyak orang barat memanfaatkannya sebagai obat dibandingkan bumbu? Seperti yang dilansir oleh merdeka.com, berikut ini 6 Manfaat Cuka Bagi Kesehatan!

6 Manfaat Cuka Bagi Kesehatan


1. Mengurangi berat badan


Sumber: rampingherbal.com

Cuka memiliki kadar kalori yang rendah. Selain itu ternyata cuka juga dapat membantu anda mengurangi berat badan. Caranya adalah dengan menambahkan cuka sedikit pada makanan anda.

2. Menurunkan kolestrol


Sumber: bantakcerita.com

Cuka juga ternyata mampu menurunkan kadar kolestrol, terutama cuka apel atau cuka yang berasal dari sari buah apel. Ini karena cuka apel mengandung banyak serat yang akan membantu tubuh anda untuk menurunkan jumlah kolestrol yang ada didalam tubuh.

3. Mengilangkan perih


Sumber: detik.com

Banyak orang kulit putih yang memanfaatkan waktu liburan di negara tropis dengan berjemur selama berjam-jam untuk mendapatkan kulit kecoklatan. Namun nyatanya berjemur terlalu lama juga akan membuat kulit anda jadi perih. Untuk mengatasinya anda bisa mengoleskan cuka ke kulit kemerahan akibat berjemur.

4. Meningkatkan penyerapan kalsium


Sumber: klikdokter.com

Cuka mengandung kadar asam asetat yang tinggi, dan asam asetat inilah yang akan membantu tubuh meningkatkan penyerapan kalsium dan mineral dalam tubuh.

5. Menghilangkan racun pada makanan


Sumber: rockingmama.com

Pestisida adalah salah satu zat pengusir hama yang sering digunakan pada sayur maupun buah. Namun disisi lain, pestisida juga sangat berbahaya bagi tubuh. Itulah kenapa setiap kali membeli buah dan sayuran, anda selalu disarankan untuk mencuci buah dan sayuran. Selain mencuci, anda juga bisa menghilangkan racun pestisida dengan mencuci buah sayuran menggunakan cuka. Cara ini akan membantu menghilangkan pestisida dan berbagai racun kimia lainnya. Sehingga saat dikonsumsi buah dan sayuran bebas dari racun pestisida.

6. Mengontrol kadar gula darah


Sumber: netdoctor.co.uk

Bagi anda yang menderita diabetes tipe 2, cuka ternyata mampu mengontrol kadar gula darah anda agar tetap normal. Ini tentu akan membantu anda memperkecil resiko terjadinya komplikasi diabetes seperti impotensi yang dapat menjadi penyebab amputasi.
Nah untuk anda yang sering menambahkan cuka pada masakan, anda juga bisa lho mengolah cuka dengan cara lain yaitu mengolahnya menjadi sambal. Dan berikut ini Resep Sambal Cuka Kecap Asin yang bisa anda coba!

Resep Sambal Cuka Kecap Asin

Resep Sambal Cuka Kecap Asin
Bahan-bahan:
1 sdt cuka masak
60 ml kecap asin
60 ml air matang
12 buah cabai rawit hijau
1/4 sdt vetsin
4 siung bawang putih, cincang halus
1 sdt gula pasir
1 sdt garam halus

Cara membuat:
1. Blender cabai rawit dengan vetsin, air, gula pasir, dan garam. Proses hingga lembut.
2. Kemudian tambahkan kecap asin, bawang putih dan cuka masak, aduk rata. 
3. Terakhir, tuang resep sambal cuka kecap asin yang sudah jadi ke wadah, sajikan.
Mungkin anda bertanya-tanya, makanan apakah yang cocok untuk Resep Sambal Cuka Kecap Asin ini? Sekedar informasi, anda bisa menyajikan sambal ini untuk sajian seafood seperti kerang rebus, udang atau kepiting rebus. Selain memberikan rasa pedas pada seafood, cuka yang ada di sambal ini juga akan menghilangkan aroma amis pada seafood. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi