Skip to main content

Resep Sambal Goreng Daun Kencur

Resep Sambal Goreng Daun Kencur - Kencur mungkin bukanlah bumbu yang asing bagi anda, terutama jika anda suka menghabiskan banyak waktu luang anda di dapur untuk memasak. Maka anda pasti sudah mengenal baik bumbu satu ini.


Sumber: kaskus.co.id

Namun bagi anda yang jarang memasak, atau tidak terlalu jago dalam mengolah berbagai bahan dan bumbu menjadi masakan yang lezat, anda mungkin akan mengalami sedikit kesulitan untuk mengenali rempah satu ini. Sekilas, kencur memiliki bentuk, warna kulit bahkan warna yang mirip sekali dengan jahe. 

Namun jika dilihat lagi, kencur memiliki warna yang lebih muda dibandingkan jahe dan ukurannya juga tidak sebesar jahe. Dibandingkan dengan jahe, kencur memiliki serat yang lebih halus, plus aromanya pun tidak sekuat jahe. Kencur biasanya menjadi bumbu untuk banyak masakan seperti nasi uduk atau makanan yang akhir-akhir ini jadi hits yaitu seblak. Selain enak untuk bumbu masakan, kencur juga biasanya jadi salah satu bahan untuk jamu, yaitu jamu beras kencur. 

Nah ternyata bukan hanya kencur saja lho yang memiliki banyak manfaat, ternyata selain kencur daun kencur pun sama bermanfaatnya dengan kencur. Daun kencur memiliki aroma yang sama dengan kencur dan rasanya sangat enak. Daun kencur biasanya paling enak dijadikan urap atau pecel. Dan sama seperti kencur, daun kencur juga ternyata bermanfaat bagi kesehatan. Dan seperti yang dilansir oleh khasiat.co.id, berikut ini Manfaat Daun Kencur Untuk Kesehatan!

Manfaat Daun Kencur Untuk Kesehatan


1. Menambah nafsu makan


Sumber: duniaanak.org

Temulawak menjadi salah satu tumbuhan yang dikenal dapat menambah nafsu makan dan biasanya digunakan untuk berbagai jamu anak-anak. Namun bukan hanya temulawak saja lho yang bisa membantu anda menambah nafsu makan, karena ternyata kencur dan daun kencur juga memiliki khasiat yang sama. Untuk kencur anda bisa mengolahnya menjadi jamu, sedangkan untuk daunnya anda bisa olah menjadi sayur bening. Sayur ini sangat cocok dihidangkan untuk orang sakit, agar nafsu makan dapat kembali normal.

2. Menambah stamina


Sumber: staywow.com

Daun kencur sudah lama dikenal sebagai salah satu tanaman yang dapat menambah stamina. Dengan mengkonsumsi daun kencur ternyata dapat meningkatkan performa tubuh dan mengurangi resiko untuk sakit.
Resep Sambal Goreng Daun Kencur
3. Mengobati batuk


Sumber: merdeka.com

Batuk dan pilek adalah dua penyakit yang lazim diderita disaat musim hujan. Nah selain kencur, daun kencur pun dapat mengobati dan meredakan batuk baik batuk berdahak maupun batuk kering. Caranya adalah dengan merebus daun kencur dan menjadikannya lalapan kemudian dimakan secara teratur hingga batuk sembuh.

4. Mengatasi masuk angin


Sumber: obatmasukangin.org

Kurang tidur, telat makan atau udara yang dingin dapat menyebabkan masuk angin. Nah untuk anda yang sering masuk angin, dan tidak mau minum obat, alternatifnya anda bisa mengkonsumsi daun kencur. Anda bisa mengolahnya menjadi sayur bening dan dimakan saat masih dalam keadaan hangat.
Daun kencur biasanya bisa diolah menjadi sayur bening untuk pengobatan. Namun jika anda memang suka dengan daun kencur dan bosan mengolahnya jadi urap atau sayur bening, anda bisa mencoba resep sambal goreng daun kencur. Berikut ini resepnya!

Resep Sambal Goreng Daun Kencur


Bahan-bahan:
3 lembar daun kencur muda, iris halus
4 buah cabai rawit hijau
12 buah cabai hijau
1 buah tomat hijau
8 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt garam halus
1 sdt gula halus
1/4 sdt vetsin
2 sdm minyak matang

Cara membuat:
1. Haluskan cabai hijau, cabai rawit hijau, bawang merah, bawang putih, tomat, vetsin, gula, garam dan minyak jelantah.
2. Haluskan dengan ulekan hingga lembut. Kemudian tambahkan irisan daun kencur, dan aduk rata.
3. Tuang resep sambal goreng daun kencur yang sudah jadi ke wadah sambal. Sajikan.


Selain pedas dan enak, anda juga bisa merasakan manfaat daun kencur dengan cara olah yang berbeda pada resep sambal goreng daun kencur. Ini karena daun kencur masih dalam keadaan segar tanpa diolah menjadi rebusan terlebih dahulu, sehingga nutrisinya masih dalam keadaan utuh, selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi