Skip to main content

Resep Sambal Soto Kediri

Resep Sambal Soto Kediri - Siapa disini yang pernah makan daging ayam? Menanyakan apakah ada yang pernah makan daging ayam memang merupakan hal yang konyol bukan, mengingat hampir semua orang pasti pernah atau bahkan sering mengkonsumsi daging ayam. 


Sumber: pinterest.com

Yup daging ayam memang merupakan salah satu bahan makanan yang sangat populer. Bukan hanya di Indonesia bahkan di hampir seluruh negara di dunia. Di Indonesia, daging ayam sangat disukai terutama oleh kaum ibu. Ini karena selain enak dan selalu disukai hampir semua orang, daging ayam juga mudah diolah jadi berbagai masakan sehingga anda dan keluarga tidak akan merasa bosan jika sering mengkonsumsi daging ayam. Dan alasan terakhir yang membuat daging ayam disukai terutama oleh kaum ibu adalah karena dibandingkan dengan harga jenis daging lain seperti dagin sapi, daging ayam memiliki harga yang lebih murah dan relatif lebih stabil. Sehingga membeli daging ayam jelas akan membuat pengeluaran untuk belanja bahan makanan jadi lebih hemat.

Dan saking populernya, di kota-kota besar anda juga bisa menemukan berbagai tempat baik itu di pinggir jalan seperti warung tenda, atau gerobak hingga restoran mahal menyajikan berbagai jenis menu ayam siap saji yang bisa anda nikmati jika anda tidak memiliki waktu untuk memasak. 

Namun meski populer, tahukah anda bahwa daging ayam mentah ternyata mengandung bakteri E. Colli dan Salmonella yang menjadi penyebab penyakit diare dan juga tipes? Tapi anda tidak perlu khawatir, jika anda mampu membersihkan dan memasaknya dengan baik anda tidak perlu khawatir akan keracunan makanan bahkan terkena tipes. Dan seperti yang dilansir oleh royco.co.id, berikut ini 5 Langkah Menangani Daging Ayam Sebelum Dimasak!

5 Langkah Menangani Daging Ayam Sebelum Dimasak

Sumber: arbamedia.com

1. Umumnya sebelum memasak kita akan mencuci bahan makanan agar terhindar dari bakteri. Namun untuk daging ayam sebaiknya anda tidak mencucinya karena bakteri yang ada dipermukaan daging ayam justru akan menyebar dengan air mengalir dan mengenai tempat atau makanan lainnya.

2. Jika anda ingin mencairkan daging ayam beku, maka beberapa jam sebelum dimasak, anda bisa memasukkan ayam ke wadah tertutup kemudian menyimpannya di bagian bawah kulkas. Hindari merendam daging ayam dengan air atau mengangin-anginkannya karena itu hanya akan membuat jumlah bakteri dipermukaan daging semakin banyak.

3. Letakkan daging ayam di bagian paling bawah kulkas jika anda ingin mencairkan daging ayam beku. Ini agar makanan lain tidak terkontaminasi dengan bakteri pada ayam.

4. Selalu cuci semua peralatan masak yang digunakan untuk mengolah ayam sesudahnya. Ini agar bakteri yang menempel pada tiap peralatan masak dapat dihilangkan sehingga bakteri tidak menempel pada makanan lain. Dan jangan lupa, selalu cuci tangan setalah anda menangani dan memasak ayam.
Ada banyak sekali jenis makanan yang berbahan dasar ayam salah satunya adalah soto kediri. Soto Kediri merupakan salah satu jenis soto khas Kediri yang cukup populer di Indonesia, bahkan anda bisa mendapatkan menu ini di banyak restoran di kota besar selain Kediri. Bahkan anda juga bisa lho mencoba menu ini dirumah dan agar rasa soto kediri semakin enak, anda bisa melengkapi sajian ini dengan Resep Sambal Soto Kediri. Seperti apa resep sambal soto kediri ini? Berikut ini resepnya!

Resep Sambal Soto Kediri


Bahan-bahan:
30 buah cabai rawit merah
1 sdm kecap manisResep Sambal Soto Kediri
1 sdt garam halus
1 sdm air jeruk nipis

Cara membuat:
1. Rebus cabai rawit hingga matang, angkat dan tiriskan.
2. Haluskan cabai rawit dengan garam hingga lembut dengan menggunakan ulekan. Kemudian tambahkan kecap manis dan air jeruk nipis. Aduk rata.
3. Tuang sambal ke wadah dan sajikan sebagai pelengkap. 
Jika anda tidak suka menyantap makanan pedas, anda bisa mengganti separuh cabai rawit dengan cabai merah atau cabai merah keriting. Anda juga bisa menambahkan kecap manis pada resep sambal soto kediri ini sehingga rasa sambal tidak terlalu pedas. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi