Skip to main content

Resep Sambal Jelantah (Minyak Bekas Menggoreng Bawang Merah / Putih)

Resep Sambal Jelantah - Menggoreng makanan adalah salah satu cara mengolah masakan yang sangat populer. Biasanya minyak yang digunakan adalah minyak kelapa sawit atau yang populer disebut dengan nama minyak goreng.


Sumber: dedlee30.blogspot.com

Namun seiring berjalannya waktu, selain minyak sawit, minyak jenis lain seperti minyak zaitun juga kini digunakan sebagai pengganti minyak goreng karena memasak menggunakan minyak zaitun lebih sehat. Namun tetap saja, minyak kelapa sawit alias minyak goreng menjadi yang paling populer.

Ada beberapa alasan mengapa minyak goreng dari kelapa sawit jadi yang paling populer. Ini karena selain lebih murah dibandingkan dengan minyak zaitun, minyak kelapa sawit juga jauh lebih mudah ditemukan. Anda bisa membeli minyak ini di supermarket, minimarket, bahkan warung atau toko di pasar tradisional. Berbeda dengan minyak zaitun yang hanya ditemukan di supermarket saja.

Nah bicara tentang minyak goreng, salah satu kebiasaan orang Indonesia adalah menggunakan minyak goreng hingga berkali-kali. Well, sebenarnya kebiasaan ini sangat tidak sehat lho! Tapi jika anda adalah salah satu orang yang suka menggunakan minyak goreng berkali-kali, agar rasa masakan atau warna minyak tidak terlalu gelap, yuk cek Tips Menyimpan Minyak Goreng Bekas Pakai yang dilansir oleh royco.co.id dibawah ini!



Tips Menyimpan Minyak Goreng Bekas Pakai


1. Menyaring


Sumber: dapurpunyaku.com

Saat menggoreng makanan biasanya minyak goreng akan jadi lebih kotor. Jika anda berniat menggunakan minyak kembali, tunggu sampai minyak jadi dingin kemudian saring dengan saringan khusus minyak goreng atau kain yang halus. Ini untuk memisahkan minyak dari bekas masakan sebelumnya dan agar minyak jadi tidak terlalu kotor.

2. Simpan dalam toples tertutup


Sumber: harianpost.com

Jika setelah menggoreng anda ingin menyimpan minyak goreng, simpan minyak di wadah tertutup. Ini agar saat digunakan kembali minyak goreng dalam keadaan bersih dan bebas dari debu, kotoran atau bakteri.
Resep Sambal Jelantah
3. Simpan di kulkas


Sumber: portid.blogspot.com

Setelah menggunakan minyak dan ingin menyimpannya dalam waktu lama, sebaiknya tunggu hingga suhunya menurun dan kemudian simpan di dalam lemari es. Ketika akan digunakan kembali, keluarkan dan diamkan sebentar hingga suhunya kembali seperti suhu ruang baru digunakan.

4. Hindari api terlalu panas


Sumber: okezone.com

Saat menggoreng hindari menggunakan api terlalu besar karena akan membuat masakan gosong. Bahkan beberapa masakan biasanya hanya akan terlihat matang diluar dan mentah didalam. Selain itu penggunaan api terlalu besar akan membuat warna minyak goreng jadi lebih gelap dari sebelumnya.
Biasanya minyak goreng atau yang biasa disebut dengan nama minyak jelantah hanya digunakan untuk memasak berbagai makanan. Namun anda juga bisa lho mengolahnya menjadi resep sambal jelantah. Seperti apa ya rasanya? Yuk coba Resep Sambal Jelantah dibawah ini!

Resep Sambal Jelantah


Bahan-bahan:
7 buah cabai merah keriting
3 sdm minyak jelantah
1 sdt garam halus
1 sdt gula pasir
1/2 sdm air asam jawa
1/4 sdt vetsin

Cara membuat:
1. Haluskan cabai merah keriting, garam, gula, air asam jawa dan vetsin hingga lembut.
2. Panaskan minyak, tumis sambal hingga harum dan kemudian tuang resep sambal yang sudah jadi ke wadah. Sajikan!
Pastikan saat menumis sambal ini, anda menumisnya sampai matang karena jika kurang matang rasanya akan sedikit langu dan rasanya enak. Agar resep sambal jelantah ini semakin harum, gunakan minyak bekas menggoreng bawang merah atau bekas bawang putih ya. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi