Skip to main content

Resep Sambal Daun So (Melinjo)

Resep Sambal Daun So (Melinjo) - So atau daun so, pernahkah anda mendengar daun ini? Mungkin semuanya akan menjawab, tidak. Karena memang daun so terdengar sangat asing ditelinga.


Sumber: nitalanaf.com

Namun bagaimana dengan daun melinjo? Nah kalau yang ini pasti semua orang pernah mendengar namanya meski tidak semua pernah mencicipi rasa daun melinjo. Daun so adalah nama lain dari daun melinjo. Biasanya daun ini digunakan untuk berbagai masakan seperti sayur asam atau masakan lainnya.

Namun ternyata selain enak diolah jadi masakan, daun melinjo atau daun so juga sudah lama dikenal oleh ahli herbal sebagai salah satu daun bermanfaat dan berkhasiat untuk berbagai penyakit. Ini karena daun so atau daun melinjo mengandung banyak zat penting yang baik untuk tubuh bahkan dipercaya mampu menjadi obat bagi beberapa penyakit.

Ini karena daun melinjo menandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, lemak, protein, fosfor dan lain-lain. Nah dengan beberapa kandungan nutrisi ini, tidak heran jika daun melinjo atau daun so memiliki beberapa manfaat. Dan seperti yang dilansir oleh khasiat.co.id, berikut ini 5 Manfaat Daun Melinjo!

5 Manfaat Daun Melinjo


1. Mengobati sakit mata


Sumber: rumahtips.com

Sakit mata biasanya dialami oleh anak-anak, untuk mengobatinya biasanya kita menggunakan salep mata atau obat tetes mata dokter. Namun selain obat dokter, kita jua bisa lho menggunakan air rebusan daun melinjo untuk mengobati sakit mata. Caranya anda bisa merebus daun melinjo dan meminum airnya, atau akan lebih baik lagi jika anda langsung mengkonsumsi daun melinjo muda. Daun melinjo kaya akan vitamin terutama vitamin A. Kandungan vitamin A dalam daun ini sangat tinggi sehingga baik untuk anda yang sedang sakit mata.

2. Memperlancar buang air kecil


Sumber: alodokter.com

Selain untuk mata, meminum air rebusan daun melinjo juga sangat bermanfaat bagi anda yang sering kesulitan buang air kecil. Anda bisa meminum air rebusan atau mengkonsumsi daun melinjo muda sebagai lalap untuk memperlancar buang air kecil.

3. Memperkuat daya tahan tubuh


Sumber: madubima99.com

Daya tahan tubuh yang lemah membuat kita lebih mudah terserang penyakit. Salah satu penyebabnya daya tahan tubuh menurun mungkin karena anda kekurangan vitamin c. Selain jeruk, anda juga bisa mengkonsumsi daun melinjo muda untuk melengkapi kebutuhan vitamin c pada tubuh anda. Selain vitamin A, daun melinjo juga mengandung vitamin c yang akan berperan sebagai antioksidaan dalam tubuh yang dapat menangkal radikal bebas dan memperkuat daya tahan tubuh anda. 

4. Mengobati anemia


Sumber: hallosehat.com

Lemas, dan mudah lelah. Hmm..mungkin anda terkena anemia. Anemia atau kekurangan darah biasanya sering dialami oleh perempuan saat menstruasi. Untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung zat besi salah satunya adalah daun melinjo.

5. Mengobati infeksi


Sumber: liputan6.com

Terkena gigitan anjing memang sangat menyakitkan, namun jika dibiarkan bukan hanya rasa sakit yang anda dapat tapi jua infeksi bahkan rabies. Jika anda digigit anjing, anda bisa menumbuk daun melinjo atau daun so hingga halus dan menempelkannya ke luka bekas gigitan anjing sebagai pertolongan pertama.
Jika biasanya daun melinjo diolah menjadi sayur asam, atau lalapan, agar tidak bosan anda bisa mengolahnya menjadi makanan lain, salah satunya adalah Resep Sambal So atau sambal daun melinjo. Berikut ini resepnya!

Resep Sambal Daun So (Melinjo)


Bahan-bahan:
Resep Sambal So Melinjo
100 gram daun so/melinjo, iris halus
4 buah cabai merah keriting
8 buah cabai merah besar, iris halus
6 buah cabai rawit
4 siung bawang putih
7 butir bawang merah, iris halus
4 sdm minyak goreng
1 sdt garam halus
1/2 sdm irisan gula jawa
1 sdt terasi bakar dan haluskan
1/4 sdt vetsin

Cara membuat:
1. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah keriting, dan terasi. Ulek hingga halus.
2. Panaskan minyak, tumis bahan sambal yang telah dihaluskan hingga harum. 
3. Masukkan irisan ula jawa, daun so, irisan cabai merah besar, garam dan vetsin. Masak sambil diaduk-aduk hingga matang. Angkat.
4. Tuang resep sambal so ke wadah dan sajikan.
Agar daun melinjonya tetap segar saat dimakan, tambahkan daun melinjo beberapa menit sebelum resep sambal so diangkat. Dan jika anda kesulitan menemukan daun melinjo, anda bisa menggantinya dengan kulit melinjo merah. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi