Skip to main content

Resep Sambal Bawang Boplo

Resep Sambal Bawang Boplo - Bawang mungkin bukanlah tanaman yang asing bagi kita semua, karena bisa dibilang hampir setiap hari kita mengkonsumsi tanaman satu ini.


Sumber: masteresep.com

Bawang memang tidak dimakan langsung, karena baunya yang cukup menyengat dan menghilangkan selera terutama jika bawang tersebut adalah jenis bawang merah. Bukan rahasia lagi, bagi orang yang tidak terbiasa memasak dan mengiris bawang, mereka akan merasa matanya perih kemudian berair. Selain itu bawang juga memiliki rasa yang tidak enak untuk dimakan mentah-mentah. Oleh karena itu, bawang biasanya diolah untuk berbagai bumbu masakan. 

Uniknya, meski saat mentah semua bawang memiliki aroma menyengat yang cukup mengganggu, namun saat diolah aroma bawang justru jadi sangat harum dan membuat makanan apa pun jadi semakin enak. Biasanya bawang yang sering diolah dan digunakan sebagai bumbu adalah bawang merah. Well, sebenarnya, bawang ini tidak memiliki warna persis merah. Justru bawang merah memiliki warna ungu dengan bagian dalam putih. Bawang merah memiliki aroma paling menyengat, bahkan dapat membuat mata kita jadi perih.

Selain diolah jadi bumbu masakan, bawang merah juga berfungsi sebagai obat. Yang paling populer adalah khasiat bawang merah untuk menyembuhkan masuk angin. Caranya bawang merah ditumbuk dengan jahe dan diseduh dengan air mendidih. Diamkan hingga hangat, kemudian minum airnya. Tapi ternyata selain menyembuhkan masuk angin, bawang merah juga memiliki mafaat lain bagi kesehatan. Dan seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini 5 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan!


Baca Juga  : Aneka Resep Olahan Ayam

5 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan


1. Mengatasi radang tenggorokan


Sumber: alodokter.com

Di saat cuaca sedang dingin, seperti di musim hujan, salah satu penyakit yang sering menyerang adalah flu atau radang tenggorokan yang jika dibiarkan akan berubah menjadi demam hingga batuk. Nah untuk mengatasinya anda bisa menggunakan bawang merah. Anda bisa mengkonsumsinya mentah-mentah atau menyeduhnya dengan air hangat. Cukup hancurkan bawang merah, kemudian seduh dengan air panas, diamkan selama beberapa menit hingga hangat dan bisa diminum. Selain menghangatkan badan, air bawang juga akan membuat tenggorokan anda menjadi lebih hangat dan bebas radang.

2. Mencegah kanker


Sumber: bintang.com

Kanker masih ada dalam daftar teratas sebagai penyakit yang paling mematikan. Untuk mencegah penyakit ini, anda bisa mengkonsumsi bawang merah. Bawang merah mengandung senyawa belerang dan sulfur yang akan melindungi tubuh dari kanker.

3. Menurunkan berat badan


Sumber: sehatly.com

Bagi anda yang sedang dalam proses diet atau menurunkan berat badan, bawang harusnya menjadi makanan yang ada di dalam daftar harian anda. Bawang merah mengandung kromium yang akan membantu anda menurunkan berat badan, caranya cukup konsumsi 3-4 siung bawang merah setiap hari selama diet.

4. Menyehatkan jantung


Sumber: go-dok.com

Jantung yang sehat adalah keinginan semua orang. Karena sedikit saja masalah pada jantung akan berakibat serius bagi organ tubuh anda lainnya. Nah ada banyak cara untuk menjaga jantung tetap sehat, salah satunya adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi bawang merah. Bawang merah mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang mampu melindungi jantung, paru-paru bahkan hati dari berbagai jenis bakteri dan virus.

5. Mengobati diabetes


Sumber: eYogaguru.com

Sejak lama, bawang merah dipercaya dapat meningkatkan produksi insulin pada tubuh. Nah dengan mengkonsumsi bawang merah secara rutin, anda tidak perlu khawatir lagi deh pada diabetes.
Biasanya bawang diolah untuk berbagai makanan atau sebagai bumbu tumisan. Namun bawang juga bisa diolah menjadi resep sambal bawang boplo. Dan yang bagusnya, Resep Sambal Bawang Boplo ini juga mudah dibuat, tertarik mencoba? Yuk cek resepnya dibawah ini!

Resep Sambal Bawang Boplo

Resep Sambal So Melinjo
Bahan-bahan:
5 butir bawang merah
4 butir bawang putih
5 buah cabai rawit merah
5 buah cabai merah besar
1 sdt garam halus
1/4 sdt vetsin
1 sdm minyak goreng/jelantah

Cara membuat:
1. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, garam, vetisn dan minyak jelantah. 
2. Ulek semua bahan hingga halus dan menjadi sambal.
3. Tuang sambal yang sudah jadi ke wadah, dan sajikan.
Resep Sambal Bawang Boplo ini bisa untuk sajian pelengkap sayur asam, atau ayam goreng. Selain membuat rasa masakan semakin enak, sambal ini juga jelas sehat karena bahan-bahannya masih segar dan tidak diolah dengan cara apa pun. Selamat mencoba!Resep Sambal Bawang Boplo

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi