Skip to main content

Resep Sambal Bawang Tempe

Resep Sambal Bawang Tempe - Rempah menjadi bagian penting dalam masakan Asia khususnya Indonesia.


Sumber: cookpad.com

Di Indonesia, bisa dibilang hampir semua masakan menggunakan berbagai jenis rempah agar rasanya jadi enak. Nah bahan-bahan yang khas inilah yang membuat cita rasa masakan Indonesia dikenal sangat enak, dan memiliki cita rasa yang kuat. Untungnya, hal ini di dukung dengan banyaknya tanaman rempah yang tumbuh di Indonesia sehingga untuk mendapatkan bumbu rempah kita bisa mendapatkannya dengan mudah dan harganya jauh lebih murah.

Dan karena kekayaan rempah inilah juga yang dulu menjadi salah satu penyebab banyak bangsa Eropa datang ke Indonesia untuk menjajah dan mengambil berbagai jenis rempah untuk dibawa ke negaranya. Berbeda dengan negara kita, rata-rata negara Eropa tidak menggunakan banyak rempah dalam makanannya. Ini karena banyak tanaman rempah tidak tumbuh di tanah mereka yang beriklim subtropis.Padahal dengan suhu yang jauh lebih dingin dari negara tropis, mereka sangat butuh makanan atau minuman hangat yang terbuat dari banyak rempah. Dan solusinya, banyak negara yang mengimpor banyak tanaman rempah dari Indonesia.

Nah jika anda sedang belajar masak, khususnya masakan Indonesia atau Asia, maka anda wajib nih menyediakan banyak bumbu rempah di dapur anda. Kira-kira bumbu apa saja ya yang wajib kita miliki? Seperti yang dilansir oleh royco.co.id, berikut ini 5 Bumbu Rempah Yang Wajib Ada Di Dapur!

5 Bumbu Rempah Yang Wajib Ada Di Dapur


1. Bawang


Sumber: nusapagi.com

Bawang adalah salah satu jenis rempah yang sangat populer. Baik itu bawang putih, bawang merah maupun bawang bombay. Ketiganya menjadi bumbu rempah kesayangan para ibu rumah tangga. Bawang berfungsi membuat rasa masakan jadi enak. Meski saat mentah aromanya kadang kurang enak bahkan membuat mata perih, namun jika sudah digoreng, aromanya akan berubah jadi wangi dan membuat aroma masakan jadi lebih menggiurkan. Bukan hanya itu, bawang merah terutama sering digunakan sebagai obat masuk angin lho!

2. Cabai


Sumber: dapurlagi.blospot.com

Hampir semua orang Indonesia sangat suka dengan yang namanya makanan pedas, jika anda juga salah satunya maka tanaman rempah yan bernama cabai harus selalu ada di dapur anda. Biasanya cabai dihaluskan dan diolah menjadi sambal. Nah untuk mendapatkan cita rasa pedas yang mantap, anda wajib nih memilih cabai merah berkualitas baik. Cabai merah yang kualitasnya baik biasanya memiliki kulit halus, warna merah terang dan bentuk yang lurus.

3. Kunyit


Sumber: necturajuice.com

Jika anda pernah makan nasi uduk, anda pasti pernah melihat bumbu dapur satu ini. Kunyit memang jadi satu-satunya tanaman yang dapat memberikan warna kuning pada masakan. Sekilas kunyit ini memiliki bentuk mirip jahe, dengan kulit yang juga mirip. Namun kunyit memiliki warna daging kuning agak orange. Untuk mendapatkan warna kuning yang pas, anda bisa memilih kunyit berumbi tua, besar dan tua. Biasanya umbi yang sudah tua berwarna kuning atau orange tua.

4. Merica


Sumber: suaradesa.com

Selain cabai, merica juga jadi salah satu rempah yang dapat memberikan rasa pedas. Bedanya denganc abai, merica ini memiliki raasa pedas yang hangat dilidah. Biasanya merica berkualitas memiliki ukuran bulat aak besar, kulit kasar dan aroma yang harum.

5. Jahe


Sumber: merdeka.com

Jahe menjadi tanaman selanjutknya yang mampu memberikan rasa hangat. Biasanya selain dijadikan bumbu masakan, jahe juga diolah jadi minuman seperti wedang. Jahe yang berkualitas baik biasanya memiliki ukuran yang besar, dengan kulit coklat yang mulus.
Nah itu dia beberapa rempah yang wajib anda miliki di dapur anda. Dari kelima bumbu diatas, bawang memang yang paling wajib anda miliki. Jika bumbu lain hanya digunakan sesekali, bawang ini biasanya digunakan pada setiap masakan salah satunya pada resep sambal bawang. Jika anda belum pernah mencoba Resep Sambal Bawang ini, yuk cek resepnya dibawah ini!

Resep Sambal Bawang


Bahan-bahan:
60 gram tempe, potong dadu
6 buah cabai rawit
6 buah cabai merah besar
4 siung bawang putih
Minyak untuk menggoreng
1 sdt garam halus
1/4 sdt vetsin
Resep Sambal Bawang
Cara membuat:
1. Panaskan 1 sendok sayur minyak goreng, kemudian goreng tempe hingga kuning keemasan, angkat. Tiriskan.
2. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang putih, vetsin, dan garam. Ulek hingga halus.
3. Panaskan 3 sdm minyak goreng, tumis bahan sambal yang telah dihaluskan hingga harum. Angkat.
4. Campurkan tumisan cabai dengan tempe goreng. Ulek hingga tempe halus dan tercampur rata. Tuang sambal ke wadah, sajikan.
Anda bisa menyajikan resep sambal bawang ini dengan nasi sebagai lauk. Jika anda suka, anda bisa mengulek tempe setengah hancur, agar masih ada tekstur tempenya. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi