Skip to main content

Resep Sambal Kacang Batagor

Resep Sambal Kacang Batagor - Ikan adalah salah satu hewan yang jadi faavorit banyak orang, bukan hanya untuk dipelihara di akuarrium, kebanyakan ikan juga biasanya diolah jadi berbagai masakan.


Sumber: resepmasakansedap.com

Namun untuk mendapatkan masakan berbahan ikan yang enak, bukan hanya bumbu atau kualitas ikan dan cara memasaknya, namun juga saat anda membersihkan ikan. Saat membersihkan ikan, selain dicuci anda juga tidak boleh lupa membuang sisiknya karena jika tidak dibuat, ikan aka berbau amis dan tidak enak saat dimakan. Selain sisik, satu hal yang mengganggu saat menyantap berbagai masakan berbahan dasar ikan adalah tulang ikannya yang menempel pada daging.

Yup, tulang ikan memang kadang mengganggu saat kita sedang menyantap berbagai hidangan berbahan dasar ikan. Ini karena tulang ikan terkadang cukup tajam hingga dapat melukai jari kita. Bahkan beberapa jenis ikan seperti ikan bandeng, atau ikan mas memiliki tulang yang cukup banyak dan jika tidak dibersihkan akan melukai dan membuat kita merasa tidak nyaman. 

Namun jika anda termasuk orang yang jarang membeli dan memasak ikan karena malas membersihkan duri-durinya, anda tidak perlu khawatir, karena selain ikan segar anda juga bisa membeli ikan fillet segar yang berupa potongan daging ikan yang sudah dibersihkan dari ulang, kepala, sisik dan bagian lainnya. Dan agar rasa masakan semakin enak, anda perlu memilih ikan fillet yang masih segar, dan seperti yan dilansir oleh royco.co.id, berikut ini Tips Memilih Ikan Fillet Yang Segar!

Tips Memilih Ikan Fillet Yang Segar


1. Perhatikan warna daging dan kulit ikan


Sumber: ciptaraya.blogspot.com

Daging ikan fillet yang masih segar biasanya berwarna merah muda, sedangkan jika ikan fillet yang sudah tidak segar biasanya memiliki warna yang pucat. Jika anda membeli ikan fillet yang masih memiliki kulitnya, perhatikan warnanya. Fillet ikan kulit segar memiliki warna segar dan memiliki kulit metalik yang bersinar.

2. Perhatikan aroma ikan


Sumber: sindonews.com

Saat membeli, mintalah penjual ikan untuk membilas ikan fillet dengan air dingin. Setelah itu, cium aroma ikan. Ikan fillet yang segar tidak akan mengeluarkan aroma ammonia atau bau amis.

3. Perhatikan cairan pada daging ikan


Sumber: wikihow.com

Pada ikan fillet segar, ikan akan mengeluarkan cairan yang berwarna jernih sedangkan untuk fillet yang sudah tidak segar, cairannya akan berwarna keruh.

4. Tekan daging ikan


Sumber: tipskreatif.com

Ikan fillet yang segar memiliki tekstur kenyal. Saat ditekan, ikan akan kembali ke bentuk semula. Namun jika ikan sudah tidak segar, tekstur ikan tidak akan kenyal namun lebih lembek sehingga saat ditekan tidak akan kembali ke bentuk semula.

5. Perhatikan bagian tepi ikan


Sumber: royco.co.id

Ikan fillet segar seharusnya memiliki warna pink segar yang merata. Namun jika dibagian tepi ikan berubah warna menjadi lebih gelap dan kecoklatan atau tampak kering dan lembek itu berarti ikan sudah tidak segar.

6. Perhatikan kemasan


Sumber: salmonsear.blogspot.com

Pilih ikan fillet yang bebas dari bunga es. Jangan memilih ikan fillet beku yang tidak memiliki bunga es pada bagian dalam ikan. Karena itu berarti ikan sudah dicairkan dan dibekukan lebih dari sekali.
Biasanya ikan diolah jadi berbagai masakan, namun anda juga bisa mengolahnya menjadi camilan, salah satunya adalah batagor. Ikan memang menjadi salah satu bahan batagor, namun agar rasa batagor makin enak, anda bukan hanya butuh ikan berkualitas tapi juga resep sambal kacang batagor yang enak. Dan berikut ini Resep Sambal Kacang Batagor yang bisa anda buat!

Resep Sambal Kacang Batagor


Bahan-bahan:
250 gram kacang tanah, kupas dan goreng
4 buah cabai merah keriting, haluskan
3 buah cabai rawit merah, haluskan
1 sdm ebi, rendam air dan haluskan
4 siung bawang putih, haluskan
3 sdm saus tomat
400 ml air
Resep Sambal Kacang Batagor1 sdm air asam jawa
1 sdt garam halus
1 sdt gula halus
1/4 sdt vetsin
1 sdm kecap manis

Cara membuat:
1. Didihkan air, masukkan cabai merah, cabai rawit, bawang putih, ebi, gula pasir, garam halus. Aduk dan masak hingga mendidih.
2. Tambahkan kacang tanah yang telah dihaluskan, saus tomat, kecap manis, dan vetsin. 
3. Masak sambil diaduk-aduk hingga tekstur sambal kacang kental, matang dan angkat.
4. Tuang resep sambal kacang batagor ke wadah, sajikan.


Baca Juga  : Aneka Resep Jajanan Anak
Bagi anda yang suka pedas, anda bisa menambahkan cabai rawit dalam jumlah yang lebih banyak pada resep sambal kacang batagor. Selain batagor, anda juga bisa menjadikan sambal kacang ini untuk makanan lain seperti siomay atau makanan camilan lainnya. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi