Skip to main content

Resep Sambal Kulit Melinjo Goreng

Resep Sambal Kulit Melinjo Goreng - Melinjo mungkin bukan buah yang populer seperti halnya jeruk atau apel. Dan berbeda dengan buah-buah pada umumnya, melinjo memang tidak dimakan seperti buah lainnya. Alih-alih dibuat jus, melinjo justru lebih sering dijadikan salah satu bahan berbagai masakan.


Sumber: cookpad.com

Jika anda masih asing dengan buah melinjo, buah melinjo adalah salah satu buah yang sering dijadikan salah satu bumbu sayur asam atau sayur lodeh. Bagi anda yang suka makan sayur asam, atau lodeh, anda pasti tahu yang namanya melinjo. Bahkan saat ini, melinjo bukan hanya diolah jadi sayur asam, tapi juga dijadikan berbagai camilan.

Biasanya kulit melinjo dijadikan sebagai camilan seperti emping atau dijadikan lauk tambahan. Banyak yang mengatakan, rasa kulit melinjo ini sangat enak dan cocok untuk lauk atau camilan. Selain enak, kulit melinjo juga memiliki bermanfaat bagi tubuh karena mengandung banyak nutrisi, apa saja? Seperti yang dilansir oleh okezone.com, berikut ini Kandungan Kulit Melinjo Yang Baik Untuk Kesehatan!

Kandungan Kulit Melinjo Yang Baik Untuk Kesehatan


1. Kalsium dan fosfor
Kulit melinjo mengandung kalsium dan fofor yang baik untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi. Selain itu kekurangan kalsium dan fosfor juga akan menjadi penyebab tubuh terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang.

2. Betakaroten
Selain wortel ternyata beta karoten juga ditemkan pada kulit melinjo. Dan seperti yang kita tahu beta karoten adalah salah satu zat yang membantu melindungi mata dari kerusakan, menjaga kesegatan mata, mengurangi resiko bahkan mencegah tubuh terkena kanker dan dapat berfungsi sebagai anti nyeri dan anti peradangan.

3. Likopen
Likopen selain berperan sebagai pewarna alami pada makaan, jua dapat menjadi antioksidaan yang mampu menjaga tubuh kita dari resiko kanker, penyakit jantung, diabetes hingga memperkuat sistem kekebalan tubuh.
Nah bagi anda yang suka makan pedas, ternyata kulit melinjo juga bisa diolah menjadi sambel lho! Bagi anda yang belum pernah mencoba, yuk cicipi Resep Sambal Iris Kulit Melinjo dibawah ini!

Resep Sambal Iris Kulit Melinjo


Bahan-bahan:
100 gram kulit melinjo, iris halus
10 buah cabai merah besar, iris halus
5 buah cabai merah keriting
Resep Sambal Iris Kulit Melinjo2 cm lengkuas, memarkan
2 cm jahe, memarkan
1 batang serai, memarkan
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 sdm minyak goreng
1 sdt garam halus
1 sdt gula halus
1/4 sdt vetsin

Cara membuat:
1. Haluskan cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, gula pasir, dan garam hingga lembut.
2. Panaskan minyak, tumis sambal yang telah dihaluskan sampai harum. Kemudian tambahkan irisan cabai merah, serai, jahe, lengkuas dan irisan kulit melinjo.
3. Masak semua bahan sambil diaduk-aduk sampai matang. Angkat.
4. Tuang resep sambal iris kulit melinjo yang sudah jadi ke wadah, sajikan.
Nah anda yang suka makan sambel, anda bisa mencoba Resep Sambal Iris Kulit Melinjo ini. Sajikan sebagai pelengkap berbagai makanan seperti ikan bakar, ikan goreng atau ayam. Dan agar tampilan sambal lebih menarik, anda bisa memilih kulit melinjo yang berwarna merah. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi