Skip to main content

Resep Sambal Bubuk Kacang

Resep Sambal Bubuk Kacang - Kacang tanah menjadi jenis kacang-kacangan yang paling populer diantara jenis tanaman kacang yang lainnya. 


Sumber: royco.co.id

Kacang tanah populer bukan hanya karena kacang jenis satu ini memiliki harga lebih murah diandingkan dengan kacang mede atau kacang polong, namun juga karena kacang tanah merupakan jenis kacang yang paling mudah ditemukan dibanyak tempat. Selain menemukan kacang tanah mentah di pasar tradisional atau mungkin supermarket, kacang tanah juga dijual oleh pedagang keliling.

Biasanya dijual digerobak keliling, kacang tanah direbus dan dibungkus dengan koran yang sudah dibentuk menyerupai kerucut. Kacang tanah yang matang dan masih hangat memiliki tekstur yang empuk dan lebih renyah beserta rasa yang gurih dan cocok untuk jadi camilan.

Atau anda juga bisa membeli kacang tanah mentah, dan diolah menjadi berbagai masakan seperti pecel, karedok atau makanan lainnya. Namun selain enak dijadikan camilan atau bahan masakan, kacang tanah juga memiliki banyak manfaat. Dan seperti yang dilansir oleh kompas.com, berikut ini 8 Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan!

8 Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan


1. Membantu menjaga tingkat kolestrol


Sumber: mausehat.com

Kacang tanah mengandung mono asam lemak tak jenuh yang cukup tinggi. Lemak tak jenuh ini akan membantu anda menurunkan tingkat kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh sehingga secara tidak langsung memantu anda memperkecil resiko penyakit jantung.

2. Mencegah keriput

Sumber: bintang,com

Bukan rahasia lagi jika kacang tanah mengandung kadar vitamin E yang tinggi. Dan vitamin E sangat baik untuk kulit karena membantu memproduksi minyak alami yang akan memuat kulit lemap. Kacang tanah juga mengandung riboflavin dan vitamin B yang akan membuat kulit anda ersinar.

3. Membantu mengurangi tingkat kadar gula


Sumber: deherba.com

Bagi anda yang memiliki masalah dengan kadar gula yang tinggi atau bahkan penyakit diaetes, kacang tanah bisa menjadi salah satu makanan yang dapat anda konsumsi setiap hari. Ini karena kacang tanah akan membantu menyerap kalsium dan lemak sehingga dapat membantu tingkat kadar gula.

4. Mengurangi depresi


Sumber: cewekbanget.id

Bad mood? Atau anda sedang merasa tertekan karena banyak masalah? Konsumsi kacang tanah saja. Kacang tanah mengandung tryptophan yang membantu melepaskan zat kimia khusus untuk mengurangi depresi.

5. Membantu pertumbuhan rambut


Sumber: amazine.co

Vitamin E bukan hanya bermanfaat untuk melembapkan kulit, namun juga meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala sehingga rambut jadi tumbuh lebih subur. Selain itu kacang tanah juga mengandung omega 3 yang akan membuat rambut jadi lebih sehat.

Selain dimakan sebagai camilan, kacang tanah juga enak diolah menjadi sambal. Resep sambal bumbuk kacang biasanya dijadikan pelengkap untuk berbagai makanan seperti batagor, siomay, atau otak-otak goreng. Nah jika anda suka membuat siomay sendiri dirumah, anda harus mencoba Resep Sambal Bubuk Kacang dibawah ini!


Baca Juga  : Aneka Resep Jajanan Anak

Resep Sambal Bubuk Kacang


Bahan-bahan:
60 gram kacang tanah goreng
8 buah cabai merah keriting
4 siung bawang putih
Resep Sambal Bubuk Kacang6 buah bawang merah
1 sdt terasi bakar/sangrai
1 lembar daun jeruk purut, iris halus
2 cm kencur
1/2 sdm irisan gula merah
1 sdt garam halus
1/4 sdt vetsin

Cara membuat:
1. Bakar cabai merah, bawang merah, dan bawang putih. Kemudian haluskan semua bahan kecuali kacang tanah.
2. Haluskan hingga lembut, kemudian tambahkan kacang tanah dan ulek kembali hingga halus dan semua bahan tercampur rata.
3. Tuang sambal yang sudah jadi ke wadah, sajikan.
Bagi anda yang suka makan pecel, resep sambal bubuk kacang tanah ini bisa jadi pelengkap untuk resep pecel anda. Bagi anda yang suka pedas, anda bisa menambahkan beberapa buah cabai rawit ke resep sambal agar rasanya lebih pedas. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi