Skip to main content

Resep Masakan Tumis Tahu Jamur Tiram Dengan Saus Tiram Simple Dan Enak

Cara membuat Resep Masak Tumis Tahu Jamur Saus Tiram Yang Enak Dan Mudah - Setelah banyak posting dengan beragam kue basah, kue kering, dan cemilan, kali ini saya akan membagikan resep masakan enak namun sangat praktis dan mudah. Masakan ini sangat simple sekali, bahkan untuk kalian yang baru belajar memasak :-).



Resep Masakan Tumis Tahu Jamur Tiram Dengan Saus Tiram Simple Dan Enak
Ilustrasi Gambar Resep Masakan Tumis Tahu Jamur Tiram Dengan Saus Tiram Yang Enak Dan Gurih
Resep Masakan Tumis Tahu Jamur Tiram Dengan Saus Tiram
Cara Membuat Masakan Oseng Tahu Jamur Tiram Dengan Saus Tiram Yang Gurih Dan Sedap
 Cara Membuat Tumis Jamur Tiram Dan Tahu Dengan Saus Tiram Yang Sederhana Dan Enak
Resep Tumis Tahu Jamur Tiram Dengan Saus Tiram Enak Dan Mudah



Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan

Jamur merupakan salah satu sayuran yang paling banyak diminati dan dikonsumsi oleh masyarakat nusantara. Terbukti berbagai banyak resep serta cara mengolahnya yang banyak beredar di buku-buku resep. Selain rasanya yang lezat, kandungan nutrisi pada jamur ini memberikan dampak positif bagi kesehatan lho.

Salah satunya jamur yang mempunyai sumber vitamin D yang berperan dalam mengatur gen yang mempengaruhi pertumbuhan sel dan enzim bagi sistem kekebalan tubuh. Vitamin D nya juga dpat membantu melindungi jantung dengan menurunkan sejumlah tekanan darah.

Nutrisi dasarnya sendiri terdapat pada satu cangkir irisan jamur tiram diketahui memiliki 28 kalori dan kurang dari 1 gr lemak. Akan tetapi jamur tiram ini memberikan 2 gr serat dan 3 gr protein.

Untuk laki-laki setiap porsinya akan mendapatkan 5% dari asupan harian serat dan protein. Sedangkan para wanita mendapatkan 8% serat dan 6% protein di setiap kebutuhan hariannya. Jadi tunggu apalagi, memulai hidup sehat tidak harus mahal kok.(sumber:manfaat.co.id).


Bahan Yang Diperlukan Dalam Membuat Resep Tumis Tahu Jamur Tiram Dengan Saus Tiram Yang Gurih Dan Sederhana

  • 1 buah tahu cina (potong dan goreng sampai berkulit lalu tiriskan)
  • 150 gram jamur tiram (cuci bersih dan suwir kasar)
  • 2 siung bawang putih (memarkan)
  • 1/2 buah bawang bombay (iris memanjang)
  • 5 buah cabe merah (iris serong)
  • 2 sdt kecap manis
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdm saus tiram (biasanya saya pakai saus tiram saori)
  • 1 sdm minyak (untuk menumis)
  • 50 ml air

Cara Membuat Tumis Jamur Tiram Dan Tahu Dengan Saus Tiram Yang Enak Dan Mudah

  1. Panaskan minyak dengan api sedang. Kemudian tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan cabe dan masak hingga layu.
  2. Masukkan jamur tiram dan tahu. Aduk rataResep Masakan Tumis Tahu Jamur Tiram Dengan Saus Tiram Simple Dan Enak
  3. Tambahkan kecap manis, saus tiram, garam, dan merica bubuk. Aduk rata kembali.
  4. Tuangkan air. Masak sampai mengental. Cicipi dahulu rasanya, jika ada yang kurang bisa tambahkan bumbunya.
Sajikan hangat-hangat. Mudah dan praktis untuk menu makan siang kali ini. Selamat mencoba yaa :-)


Tips Memilih Jamur Tiram Yang Baik Dan Benar

  • Pilih jamur yang masih berwarna putih bersih. Jika kita tekan pada bagian batangnya masih terasa kenyal. Warna jamur tiramnya seperti ini.
Tips Memilih Jamur Tiram Yang Baik Dan Benar
 Tips Memilih Jamur Tiram Yang Baik Dan Benar


  • Jika jamur tiramnya di cuci masih berwarna putih, itu menandakan kualitas jamur masih segar. Apabila berubah menjadi coklat, berarti jamur tiramnya sudah layu.

  • Kalau bisa beli jamur tiramnya di pasar-pasar tradisional. Karena memang sudah jelas pasti diganti stoknya setiap hari. Kalau di supermarket biasanya sih sudah berhari-hari, jadi sudah tidak segar lagi.
Sudah tahu kan memilih jenis jamur tiramnya? :-)
Gambar : aws-dist.brta.in, ekonomi.kompasiana.com || Resep : homemade bukasadja.blogspot.com
Ingin Tempat Wisata Kulinermu Di Kunjungi Tim Resepkuekeringku ? Yuk, Berbagi Kuliner Bersama Kami. Kirim Pesan Via FansPage Facebook Kami Yaa Di Sini
Bahan :
200 gram jamur tiram, cuci, suwir2 kasar
5 buah bakso sapi, belah 2
5 cabe merah, iris serong
5 cabe hijau, iris serong
3 cabai rawit, iris serong
5 butir bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
1 sachet saus tiram  ukuran sekali pakai
1/2 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica bubuk
Garam secukupnya jika suka lebih gurih, tapi saus tiram sudah asin ya teman2..jadi hati2 jika pakai tambahan garam, jangan terlalu banyak ya.
Cara membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan semua cabe, aduk hingga layu. Masukkan bakso, jamur, aduk rata, masukkan saus tiram dan bumbu2 lain. Aduk rata dan masak sebentar hingga meresap. Koreksi rasa. Sajikan hangat segera setelah matang.
- See more at: http://www.diahdidi.com/2014/12/tumis-jamur-saus-tiram.html#sthash.zhPzRZP2.dpuf

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi