Skip to main content

Resep Bakwan Sayur Renyah Dan Gurih

Resep Dan Cara Membuat Bakwan Sayur Renyah, Enak Dan Mudah - Makanan ini sangat disukai masyarakat Indonesia, termasuk saya. Karena makanan jenis gorengan ini sangat renyah saat dimakan. Apalagi ditambah dengan saos, nikmat sekali.


Selain dengan saos, makanan ini juga bisa jadi teman saat makan nasi. Teksturnya yang garing dan dalemnya yang empuk, enak sekali. Bagaimana cara membuatnya, mari kita simak.


Resep Tips Membuat Bakwan Sayur Renyah Dan Enak
Ilustrasi Resep Tips Membuat Bakwan Sayur Renyah Dan Enak
Resep Bakwan Sayur Yang Gurih Dan Renyah
Resep Dan Cara Membuat Resep Bakwan Sayur Yang Enak Dan Garing
Cara Membuat Resep Bakwan Sayur Spesial Yang Renyah Dan Enak
Resep Bakwan Sayur Renyah Dan Gurih

Asal Usul Bakwan

Bakwan adalah makanan gorengan yang terbuat dari sayuran dan tepung terigu. Bahannya terdiri dari taoge, irisan kubis atau kol dan irisan wortel, yang dicampur dengan terigu dan kemudian di goreng.

Bakwan berasal dari cina, arti pada kata "Bak" adalah "Daging". Seperti Bakpao (Roti isi daging), Bakso (Bola daging), Bakmi (mie cincang), Bakpia (kue daging kacang hijau). 


Asal Usul Bakwan
Asal Usul Bakwan


Pada saat terjadi perdagangan dan pertukaran budaya di Indonesia, saat itulah resep masakan saling berbaur sehingga mempengaruhi masakan tradisional saat itu. Penggunakan kata "bak" sampai sekarang masih digunakan meskipun bakwan sudah tidak lagi berisi daging ataupun udang.

Bahan yang diperlukan dalam membuat Resep Bakwan Sayur Enak Dan Lezat

  • 400 gram terigu segitiga
  • 3 sendok makan tepung beras
  • 400 ml air
  • 1 butir telur
  • 1 sendok teh royco ayam 
  • garam secukupnya
  • 1 sendok teh merica
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 buah wortel iris tipis
  • 500 gram kol
  • 2 batang daun bawang iris 
  • 2 batang daun seledri iris


Cara membuat Bakwan Sayur Spesial Garing Renyah

  1.  Campur tepung dengan bawang putih halus, masukkan lada, aduk rata.
  2. Masukkan telur, garm, royco, merica, aduk rata.
  3. Masukkan sayurannyaResep Dan Cara Membuat Bakwan Sayur Renyah, Enak Dan Mudah
  4. Gunakan sendok sayur untuk mencetak adonan.
  5. Celupkan di penggorengan yang ada minyak panasnya. Dengan api kecil.
  6. Tunggu sampai keemasan.
  7. Matang, angkat dan tiriskan.
  8. Lakukan hingga adonan habis
Selamat mencoba.




Macam-Macam Dan Jenis Tepung

Tepung adalah bahan dalam pembuatan segala jenis roti, mi, dan lain-lain. Yang membedakan setiap tepung adalah kandungan protein didalamnya yang akan menghasilkan gluten yang diperlukan untuk setiap jenis produk. Ada beberapa jenis-jenis tepung, yaitu :


Macam-Macam Dan Jenis Tepung
Macam-Macam Dan Jenis Tepung

  1. Tepung Beras. Tepung yang dibuat dari beras yang dihaluskan. Biasanya digunakan untuk membuat apam, bihun, dan lain-lain.
  2. Tepung Pulut. Tepung yang dibuat dari beras merah yang mengandung kadar peratusan kanji yang tinggi. Biasanya digunakan untuk membuat roti.
  3. Tepung gandum atau tepung serbaguna. Tepung ini hasil campuran gandum yang kasar dan halus.
  4. Tepung Cake. Tepung yang mengandung kadar protein yang rendah dan kandungan kanji yang tinggi. Yang terbuat dari campuran tepung gandung dan tepung jagung. Biasanya digunakan untuk membuat cake.
  5. Tepung Roti. Mempunyai kandungan protein yang tinggi, teksturnya lebih elastis. Untuk membuat roti.
  6. Tepung Jagung. Fungsinya untuk memekatkan adonan seperti kuah. Dalam pembuatn biskuit bertujuan untuk mendapatkan tekstur yang rapuh.
  7. Tepung Kacang Hijau. Dihasilkan dari kacang hijau yang digoreng tanpa minyak.
  8. Tepung Hoen Kwe. Tepung ini dibuat dari kacang. Yang biasa digunakan untuk membuat kuih-muih dan puding.
  9. Tepung Biskuit Marie. Tepung yang digunakan dalam pembuatan cake lapis.
  10. Tepung Optima. Tepung yang mengandung gula. Tepung yang digunakan untuk membuat cake sponge.
sumber: maszie.blosgspot.com, wikipedia.co.id, resepmasakankreatif.blogspot.com
gambar: dailycookingquest.com, indochinekitchen.com, bakeryandsnacks.com

Ingin Tempat Wisata Kulinermu Di Kunjungi Tim Resepkuekeringku ? Yuk, Berbagi Kuliner Bersama Kami. Kirim Pesan Via FansPage Facebook Kami Yaa Di Sini

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi