Skip to main content

Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam Spesial Madura

Resep Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam Madura Enak Dan Gurih - Nah ini dia santapan favorit masyarakat Indonesia pada malam hari, Bubur kacang hijau ketan hitam. Tak hanya buburnya yang enak dan lezat, namun bubur kacang hijau ini sangat menghangatkan tubuh kita.
Bubur kacang hijau ketan hitam ini biasa dijajakan pada malam hari di pinggir jalan raya. Daripada kita membelinya hanya untuk menyantap bubur ini sekali saja, lebih baik kita membuatnya sendiri dirumah dan bisa disantap beberapa kali.

Dan yang lebih enaknya lagi, selain bubur kacang hijau ini bisa kita makan dengan hangat-hangat, kita bisa menyantap bubur kacang hijau dengan menggunakan es batu. Jadi deh es bubur kacang hijau :p.


Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam Spesial Madura
Ilustrasi Gambar Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam Spesial Madura Yang Sederhana Dan Enak
Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam Spesial Madura
Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam Spesial Madura Yang Sederhana Dan Gurih
Cara Membuat Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam Spesial Madura Enak Dan Lezat
Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam Spesial Madura Yang Enak

Bahan Ynag Diperlukan Dalam Membuat Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam Madura Enak Dan Kental

  • 3 liter santan dari 2 butir kelapa
  • 3 cm jahe kupas (memarkan)
  • 250 gram kacang hijau (rendam selama 1 jam atau semalam)
  • 500 gram gula pasir
  • 1000 ml air
  • 2 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 2 lembar daun pandan

Bahan untuk Ketan Hitam
  • 1 lembar daun pandan
  • 200 gram beras ketan hitam (rendam selama 2 jam atau semalam)
  • 1000 ml air
  • 1/4 sdt garam

Pelengkap Untuk Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam Yang Enak Dan Lezat

  • susu kental manis
  • 5 lembar roti tawar (dipotong sesuai selera)
  • 50 gram kolang kaling
  • 50 gram nangka (dipotong sesuai selera)

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam Madura Yang Sederhana Dan Mudah

  1. Terlebih dahulu kukus beras ketan hitam selama 20 menit hingga mekar.
  2. Kemudian didihkan 1000 ml air dan masukan ketan hitam, garam, dan daun pandan. Masak hingga meresap. Setelah matang, angkat dan sisihkan.Resep Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam Spesial Madura
  3. Siapkan kacang hijau dan didihkan 100ml air. Masukkan kacang hijau dan rebus hingga melunak.
  4. Ketika kacang hijaunya mulai melunak, masukkan santan, jahe, daun pandan, gula dan vanili sambil diaduk perlahan. Masak hingga mendidih dan tercium harum.

Setelah matang, kalian bisa sajikan bubur kacang hijau hangat-hangat dengan ketan hitam beserta pelengkapnya jika kalian suka. Selamat mencobanya di rumah yaa :D.

Catatan Penulis :D
Resep aslinya merebus kacang hijau sekaligus mencampurkan bumbu-bumbunya kedalamnya. Karena menurut saya, hal itu akan berakibat kacang hijau menjadi kurang empuk dan lama mekarnya. Oleh karena itu, saya terlebih dahulu merebusnya sampai benar-benar lunak dan kemudian memasukan bumbu-bumbunya. Selamat mencoba yaa :-)

Tips Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam Yang Enak Dan Lezat

Agar hasilnya sesuai dengan harapan kita, ada baiknya kita simak dulu tips-tips yang bermanfaat saat kita merencanakan untuk memasak resep ini. Okee, berikut ini adalah tips untuk membuat bubur kacang hijau ketan hitam yang gurih dan enak, kalian bisa ikuti tips ini atau kalian mau menambahkan tipsnya lagi? :D.


 Tips Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam Yang Enak Dan Gurih
 Tips Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam Yang Enak Dan Gurih

  • Usahakan merendam kacang hijaunya semalaman, hal ini akan memudahkan proses memasaknya menjadi lebih cepat matang. Perlu diperhatikan ketika merendam kacang hijau harus menggunakan air yang banyak, sehingga kacang hijaunya benar-benar terendam.
  • Kalian boleh merebus kacang hijaunya terlebih dahulu dengan menggunakan air. Ingat, jangan langsung memasukkan gula ke dalamnya, karena akan berakibat kacang hijau menjadi lama mekar dan kurang empuk. Sebaiknya direbus terlebih dahulu baru masukkan bumbu-bumbunya. Jika kurang kental, bisa tambahkan sedikit tepung beras yang sudah dicairkan.
  • Untuk airnya tidak harus selalu menggunakan takaran resepnya, jika sesuaikan dengan takaran kacang hijaunya. Jika airnya menyusut, bisa tambahkan air panas lagi :-).
  • Jika ingin bubur kacang hijaunya lebih gurih dan wangi lagi, kalian bisa merebus santan terlebih dahulu dengan sedikit garam dan daun pandan.
Gambar : storyofakitchen.comfoodsweety.com || Resep : sajiansedap

Ingin Tempat Wisata Kulinermu Di Kunjungi Tim Resepkuekeringku ? Yuk, Berbagi Kuliner Bersama Kami. Kirim Pesan Via FansPage Facebook Kami Yaa Di Sini

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi