Skip to main content

Resep Kue Lemper Kukus Ketan Isi Abon Sapi Enak Dan Mudah

Cara Membuat Resep Kue Lemper Kukus Ketan Putih Isi Abon Sapi Yang Enak Dan Gurih - Lemper merupakan salah satu jajanan tradisional yang terkenal sebagai makanan pengganjal perut sebelum kita memulai makan besar.
Biasanya kue ini dijual di pasar pagi-pagi sekali. Terkadang ada juga yang menjajakannya di pinggir jalan. Namun, kue ini sering sekali kita jumpai dalam acara-acara tertentu seperti arisan atau pertemuan keluarga :D.

Nah kue lemper kukus isi abon sapi ini sangat cocok menemani kita di weekend kali ini. Apakah kalian siap untuk mencobanya?.


Resep Kue Lemper Kukus Ketan Isi Abon Sapi Enak Dan Mudah
Ilustrasi Gambar Resep Kue Lemper Kukus Ketan Isi Abon Sapi Enak Dan Sederhana
Resep Kue Lemper Kukus Ketan Putih Isi Abon Sapi
Cara Membuat Kue Lemper Kukus Ketan Isi Abon Sapi Istiimewa
Cara Membuat Resep Kue Lemper Kukus Ketan Isi Abon Sapi Yang Enak Dan Gurih
Resep Kue Lemper Kukus Ketan Putih Isi Abon Sapi Enak Dan Mudah


Apa Itu Lemper?

Lemper yang kita kenal sebagai jajanan kue rakyat ini merupakan sejenis penganan yang terbuat dari ketan dan di isi dengan abon, cacahan daging ayam atau daging sapi yang dibungkus oleh selembar daun pisang.

Makanan rakyat ini sangat terkenal di seluruh Indonesia dan bisa dijadikan pengganjal perut sebelum kita makan siang ataupun makan malam. Apa kalian tahu proses pembuatan lempernya? Tentu saja yang harus dipersiapkan adalah cacahan daging ayam/sapi, dan ketan yang sudah di nanak.


Mengenal Lebih Jauh Tentang Kue Lemper
Mengenal Lebih Jauh Tentang Kue Lemper


Terkadang ada juga yang menambahkan santan ke dalam ketannya. Selanjutnya cacahan daging ayam/sapi dibungkus dengan ketan lalu dibungkus lagi dengan menggunakan daun pisang yang menyerupai seperti lontong.

Kemudian dikukus sampai masak, setelah itu angkat dan dinginkan. Setelah mendingin, bungkusan lemper yang memanjang biasanya di iris-iris melintang sesuai dengan bentuk ketebalan yang kita inginkan. Jadi deh lemper isi daging ayam nya :D.(sumber: wikipedia.org).


Bahan Yang Diperlukan Dalam Membuat Resep Kue Lemper Kukus Ketan Isi Abon Sapi Gurih Enak

  • 1 lembar daun pandan (cuci bersih dahulu)
  • 350 ml santan kelapa
  • abon sapi secukupnya
  • 1 liter beras ketan
  • 1/4 sdt garam halus
  • daun pisang secukupnya (untuk membungkus)


Cara Membuat Kue Lemper Ketan Putih Kukus Isi Abon Sapi Yang Gampang

  1. Cuci beras ketan dibawah air mengalir sampai bersih.
  2. Masak beras ketan seperti kita menanak nasi. Kukus hingga setengah matang kira-kira 15 menit.Resep Kue Lemper Kukus Ketan Isi Abon Sapi Enak Dan Mudah
  3. Masukkan santan, garam, dan daun pandan ke dalam beras ketannya, aduk hingga merata.
  4. Kali ini, masak dan kukus kembali beras ketannya selama kurang lebih 20 menit hingga matang.
  5. Setelah matang, angkat dan dinginkan sejenak.
  6. Ambil 2 sdm ketannya dan isi dengan abon sapi kemudian bungkus dengan daun pisang menyerupai lontong. Lakukan berulang kali sampai habis.

Dan taaraaaa..... Lemper Kukus Ketan Isi Abon Sapi siap di nikmati :D. Selamat mencoba yaa.


Jenis-Jenis Beras Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Beras yang kita kenal mungkin hanya sebatas beras putih yang biasa kita masak sebagai nasi. Tapi tahukah kalian selain beras putih, masih banyak jenis-jenis beras lain yang tak kalah banyak manfaatnya dengan beras putih ini. Yuk, simak berikut ini.


Jenis-Jenis Beras Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan
Jenis-Jenis Beras Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

1. Beras ketan
Nah beras yang biasa dikenal sebagai beras ketan ini biasanya paling banyak digunakan sebagai olahan jenis-jenis kue. Beras ketan yang sudah dimasak bisa dikonsumsi langsung lho. Rasanya sangat enak dan gurih.
Manfaat dan fungsi beras ketan untuk kesehatan adalah meningkatkan fungsi otak yang sehat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, selain itu kandungannya juga dapat memperkuat jaringan ikat.


2. Beras hitam
Beras hitam ini bisa kita jumpai di swalayan atau supermarket besar. Biasanya beras ini sering digunakan sebagai bahan campuran kolak.
Manfaat dan fungsi beras ketan untuk kesehatan adalah dapat mengobati alzheimer dan diabetes.


3. Beras coklat
Pernah melihat beras coklat? Warna beras coklat ini kurang lebih hampir sama dengan beras merah. Sehingga banyak orang yang mengira beras coklat itu adalah beras merah. Beras ini sangat rendah kalori dan pati.
Manfaat dan fungsi beras coklat untuk kesehatan adalah dapat mengurangi kolestrol jahat di dalam tubuh anda.


4. Beras putih
Beras putih merupakan makanan umum yang paling banyak digunakan oleh orang-orang diseluruh Indonesia. Faktanya, beras putih ini sangat mudah dicerna baik oleh anak-anak maupun dewasa. Bahkan beras putih ini dapat diolah menjadi cemilan juga lho.
Manfaat dan fungsi beras putih untuk kesehatan adalah mengurangi masalah gangguan pencernaan seperti radang usus besar, diare, dan morning sick pada ibu hamil.


5. Beras merah
Beras merah ini paling jarang dikonsumsi oleh masyarakat kita, namun kandungan didalamnya sangat baik sehingga mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan
Manfaat dan fungsi beras merah untuk kesehatan adalah menjaga jumlah zat besi dalam tubuh yang berfungsi mengatur insulin dan gula darah. Vitamin B6 nya berperan dalam menyeimbangkan pembentukan sel darah merah dan serotonin dalam memproduksi sel DNA.(sumber: media-shareplus.blogspot.com)


Gambar : bingungbosan.blogspot.com, ditainnata.blogspot.com, teambikedoctor.org || Resep : buku

Ingin Tempat Wisata Kulinermu Di Kunjungi Tim Resepkuekeringku ? Yuk, Berbagi Kuliner Bersama Kami. Kirim Pesan Via FansPage Facebook Kami Yaa Di Sini

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi