Skip to main content

Resep Omelet Telur Sayur Lezat Dan Enak

Resep Dan Cara Membuat Omelet Telur Sayur Lezat, Sederhana Dan Enak - Omelet telur yang biasanya disajikan bunda untuk bekal anak sekolah, memang menjadi andalan. Karena pembuatannya yang praktis dan disukai anak-anak.


Sarapan dengan omelet memang enak, apalagi ditambah dengan nasi dan susu hangat. Yuk kita simak cara membuat omelet telur yang lezat dan enak.


Omelet Telur Spesial Enak Untuk Diet
Ilustrasi Omelet Telur Sayur Spesial Enak Untuk Diet
Resep Omelet Telur Sayur Sehat Untuk Diet
Resep Cara Membuat Omelet Telur Sayur Rendah Lemak
Resep Cara Membuat Resep Omelet Telur Sayur Spesial Enak Dan Mudah
Cara Membuat Omelet Telur Lezat Dan Enak 

Sejarah Asal Usul Mula Omelet

Sering kita mengenal omelet itu adalah telur dadar, yaitu telur yang di goreng dengan campuran cabai dan daun bawang. Pada dasarnya omelet adalah makanan yang dibuat dari telur kocok yang dimasak dengan mentega atau minyak di penggorengan.

Supaya telur lembut dan mengembang, ada campurannya, yaitu susu, krim, air, atau baking powder. Ada juga topping dari omelet itu dengan keju, sayuran, atau daging lalu dilipat setengah lingkaran.

Waktu itu Jenderal perang yang bernama Napoleon Bonaparte sedang melintasi Prancis selatan, dan Jenderal beristirahat kemudian memesan omelet telur, dan Jenderal ternyata suka sekali.


Sehingga keesokan harinya dia meminta seluruh penduduk desa untuk mengumpulkan semua telur dan dijadikan omelet untuk makan pagi prajurit. 


Sejarah Asal Usul Mula Omelet
Sejarah Asal Usul Mula Omelet


Sejak itulah omelet dikenal masyarakat sampai sekarang. Diberbagai negara sebutan untuk omelet ini bermacam-macam. Di Filipina omelet disebut Torta, dengan isian yang beragam, seperti sayur, daging, kismis, hingga makanan sisa kemarin.

Di Thailand omelet dibuat menggembung karena isinya yang banyak didalamnya. Dengan sebutan Kha Yat Sai. Di Cina telur diolah dengan sebutan Fuyunghai atau omelet tiram.

Bahan yang diperlukan dalam membuat Resep Omelet Telur Sayur Gulung Enak Dan Praktis

  • 4 butir telur
  • 150 gram daging sapi cincang
  • 2 buah sosis potong-potong
  • 2 sendok makan mentega
  • 15 gram buncis diiris tipis
  • 30 gram wortel dipotong-potong
  • 1 siung bawang bombay dicincang
  • 20 gram susu bubuk
  • bawang goreng
  • 1 potong keju 
  • merica secukupnya
  • garam secukupnya


    Cara membuat Omelet Telur Sayur Spesial Enak Dan Mudah

    1. Cuci semua bahan hingga bersih
    2. Kemudian panaskan wajan dengan memasukkan mentega. 
    3. Tumis bawang bombay hingga harum, lalu masukkan wortel, buncis, daging cincang. Sampai matang.
      Cara membuat Omelet Telur Sayur Spesial Enak Dan Mudah
    4.  Setelah itu, campurkan telur dengan susu bubuk, daun bawang, bawang goreng, garam, dan merica bubuk secukupnya, diwadah lain. Kocok hingga rata.Resep Omelet Telur Sayur Lezat Dan Enak
    5. Kemudian panaskan wajan dengan mentega sedikit saja, tuangkan adonan telur, taburkan isian yang sudah di tumis tadi, atasnya taburkan keju. 
      Cara membuat Omelet Telur Sayur Spesial Enak Dan Mudah
    6. Tunggu hingga telur matang, lalu balik. Setelah matang siap diangkat.
    7. Siap disajikan Omelet Telur Lezat Dan Enak.

    Selamat menikmati Omelet Telur Lezat Dan Enak, oh ya untuk isiiannya bisa kamu kreasikan sendiri ya dengan campuran yang lain. Pasti lebih nikmat lagi dimakan bersama keluarga. Makan omelet dengan saus dan mayones lebih nyess enaknya. Selamat mencoba.

    Macam-Macam Dan Jenis Telur

    Telur adalah sumber vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan. Ada berbagai jenis telur, yaitu:

    1. Telur Ayam Negeri
      Resep Omelet Telur Sayur Lezat Dan Enak 
      Telur adalah salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Telur ayam negeri mengandung energi 154 kilokalori, protein 12,4 gram, karbohidrat 0,7 gram, lemak 10,8 gram, kalsium 86 miligram.


    2. Telur Ayam Kampung
      Resep Omelet Telur Sayur Lezat Dan Enak 
      Kita sering mengkonsumsi ayam kampung, yang biasanya ayam ini dipelihara di rumah oleh orang yang tinggal di kampung/desa. Kalian tau manfaat dari ayam kampung ini? Ternyata putih telur dari telur ini jika dipakai untuk masker wajah, maka dapat mengecilkan pori-pori kulit, menghilangkan kelebihan minyak, dan dapat menghilangkan noda-noda jerawat.


    3. Telur Puyuh
      Resep Omelet Telur Sayur Lezat Dan Enak
      Telur puyuh ternyata banyak sekali manfaatnya. Jika orang dewasa mengkonsumsi terlur puyuh yang mungil ini, manfaatnya adalah dapat menambah stamina, untuk anak dalam pertumbuhan, dapat memperkuat daya ingat, begitu juga untuk ibu hamil/menyusui. Karena didalam telur puyuh mengandung protein, lemak, vitamin, kolin dan mineral.


    4. Telur Bebek
      Resep Omelet Telur Sayur Lezat Dan Enak
      Telur Bebek ini sebagai sumber protein dan asam amino. Telur bebek ini memiliki tekstur lebih kenyal, lezat dan dapat menyerap garam lebih baik. Dengan ukuran yang lebih besar dan lebih tinggi kalorinya hingga 50% dari pada telur ayam sehingga banyak yang menyukai terlur ini untuk dikonsumsi.


    5. Telur Angsa
      Resep Omelet Telur Sayur Lezat Dan Enak
      Telur angsa ukurannya lebih besar dari telur bebek. Telur angsa rebus memiliki 20gram protein, besi dan vitamin A. Kandungan kolesterol telur angsa sekitar 1227 mg, memenuhi 40% dari kebutuhan gizi harian untuk kolesterol. Sedangkan kulitnya banyak dimanfaatkan untuk kerajinan biasanya di Indonesia.


    6. Telur Burung Unta
      Resep Omelet Telur Sayur Lezat Dan Enak
      Meski di Indonesia tidak terkenal telur burung unta, karena belum ada peternakan burung unta. Tapi di Inggris permintaaan terlur burung unta ini terus melonjak. Telur terbesar di dunia unggas ini memiliki berat mencapai 1,4 Kg dengan panjang 15cm dan lebar 13cm, 20-24 kali dari telur ayam. Cangkang dari terlur ini sangat tebal, perlu palu untuk memecahkannya.


    7. Telur Burung Gull
      Resep Omelet Telur Sayur Lezat Dan Enak
      Telur burung gull sangat jarang dan hanya ada dimusim-musim tertentu. Seperti awal april hingga pertengahan mei saja. Burung gull ini bersifat karnivora, dan banyak ditemukan di pantai pasifik, atlantik, dan danau-danau. Spesies paling eksis adalah great black head gull yang sekarang banyak ditemukan di Eropa untuk diambil telurnya.


    8. Telur Burung Emu
      Resep Omelet Telur Sayur Lezat Dan Enak
    Telur burung emu berwarna hijau gelap, cangkangnya tebal dan mudah terkupas. Burung asli Australia dengan karakteristik penampilan seperti burung unta ini keberadaannya mulai menghilanag. Karena burung ini banyak diburu dan dijadikan sumber pangan suku Aborigin Australia. Tapi sekarang mulai dibudidayakan untuk kepentingan ilmu pengetahuan.

    sumber: aozora2006.wordpress.com, food.detik.com, organisasi.org, kulinologi.co.id, bisikan.com
    gambar: drphoenyx.com, nania.bloginformasiteraktual.com, imcpl.org

    Ingin Tempat Wisata Kulinermu Di Kunjungi Tim Resepkuekeringku ? Yuk, Berbagi Kuliner Bersama Kami. Kirim Pesan Via FansPage Facebook Kami Yaa Di Sini

    Comments

    Popular posts from this blog

    Resep Sambal Ciplukan

    Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

    Resep Sambal Goreng Merah Pedas

    Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

    Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

    Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi