Skip to main content

Resep Onde Onde Wijen Isi Kacang Hijau Empuk Dan Enak

Resep Cara Membuat Onde-Onde Wijen Isi Kacang Hijau Empuk Dan Enak - Onde-onde menjadi salah satu makanan favorit saya loh. Pasti banyak dari kalian yang juga suka dengan onde-onde mungil ini. Garing diluar, empuk dan manis didalam.


Apalagi ditambah biji wijen yang membalut onde-onde ini, jadi tambah gurih. Jadi pingin segera makan onde-onde lagi kan. Hmmm kalau begitu ayo kita simak resepnya dibawah ini. Biar tidak penasaran dan tidak kelaparan hehe.


Resep Onde Onde Wijen Isi Kacang Hijau Empuk Dan Enak
 Ilustrasi Onde-Onde Kacang Hijau Kupas Enak Dan Mudah 
 Resep Onde Onde Mini Goreng Isi Kacang Hijau Enak Dan Mudah
Cara Membuat Onde Onde Wijen Kering Isi Kacang Hijau Kupas Empuk
Cara Membuat Resep Onde Onde Wijen Mini Isi Kacang Hijau Empuk Dan Lembut
Resep Onde Onde Wijen Mini Isi Kacang Hijau Empuk Dan Enak

Apa itu onde-onde?

Onde-onde adalah makanan yang terbuat dari tepung beras ketan dengan tepung beras biasa, yang didalamnya terdapat kacang hijau. Pada bagian luarnya bertaburan biji wijen, sehingga membuat tampilannya nampak cantik.

Onde-onde diberbagai negara juga ternyata ada, tapi beda namanya. Di cina dikenal dengan nama "Matuan". Sedangkan di malaysia dikenal dengan nama "kuih bom".


Apa Itu onde-onde?
Apa Itu onde-onde?


Onde-onde di Indonesia banyak sekali variasinya. Misalkan ada onde-onde ketawa, onde-onde isi kacang hijau, onde-onde isi kacang merah, onde-onde isi coklat, onde-onde isi keju, onde-onde isi gula merah dan lain sebagainya. Semuanya enak sekali untuk cemilan yang disandingan dengan segalas teh hangat.

Bahan yang diperlukan dalam membuat Resep Onde-Onde Isi Kacang Hijau Kupas Empuk Dan Enak

    Bahan kulit untuk onde-onde isi kacang hijau enak dan sederhana
    • 500 gram tepung beras ketan 
    • 250 gram gula pasir
    • 75 gram tepung beras
    • 150 ml air hangat
    • 1 sdt garam
    • 1/2 sdt vanilli bubuk
    • 200 gram biji wijen
    • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
      Bahan untuk isiian onde-onde mini isi kacang hijau kupas enak dan lembut
      • 250 gram kacang hijau kupas
      • 100 gram gula pasir
      • 1/2 sendok teh garam
      • 1/4 sendok teh vanilli bubuk


          Cara membuat Onde-Onde Mini Isi Kacang Hijau Sederhana Dan Mudah

          Membuat isiian untuk onde-onde mini isi kacang hijau empuk dan lembut
          1. Rendam kacang hijau kupas selama 4-5 jam, setelah itu cuci dan bilas hingga bersih.
          2. Dikukus kacang hijau sampai empuk. Lalu tumbuk halus selagi panas sambil ditambahkan gula, vanilli dan garam, diuleni sampai rata.
          3. Bentuk adonan menjadi bulat kecil-kecil sesuai ukutan onde-onde yang akan dibuat.
            Membuat adonan kulit onde-onde mini goreng kering yang empuk dan enak:
            1. Campurkan tepung beras ketan, dan tepung beras, vanilli dan garam, sambil di aduk rata.
            2. Sambil diuleni dan tambahkan air sedikit demi sedikit, sampai adonan kalis dan bisa dibentuk.

             
                Membuat Onde-onde mini wijen isi kacang hijau yang ekonomis:
                1. Ambil 2 sendok makan adonan onde-onde, lalu pipihkan buat cekungan untuk memasukkan isiian kacang hijau yang telah dibulatkan.
                2. Tutup dengan membulatkan adonan onde yang telah dibuat seperti bola. 
                3. Lakukanlah sampai adonan habis.
                4. Setelah jadi semua, celupkan onde-onde kedalam air dingin.
                5. Kemudian gulingkan di atas piring yang berisi biji wijen, hingga merata keseluruh tubuh onde-onde.
                6. Setelah selesai semua siapkan wajan dengan minyak yang sudah dipanaskan.
                7. Gunakanlah api sedang, sehingga tidak membuat onde-onde gosong sebelum matang.
                8. Gorenglah onde-onde hingga berwarna kuning keeamasan.
                9. Angkat lalu tiriskan.
                10. Siap untuk disajikan. Resep Onde Onde Wijen Isi Kacang Hijau Empuk Dan Enak


                Manfaat Dan Fungsi Kacang Hijau Untuk Kesehatan

                Kacang hijau memiliki kandungan protein yang tinggi setelah kedelai dan kacang tanah. Kacang hijau ini banyak manfaatnya, sehingga bagus untuk kesehatan, diantaranya yaitu :


                Manfaat Dan Fungsi Kacang Hijau Untuk Kesehatan
                 Manfaat Dan Fungsi Kacang Hijau Untuk Kesehatan


                1. Kesehatan Jantung
                Kandungan lemaknya ada 73% lemak disini adalah asam lemak tak jenuh, yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Oleh karena itu banyak dokter ahli gizi yang menyarankan untuk mengkonsumsi kacang hijau sebagai makanan wajib bagi orang yang sedang diet.

                      2. Mengurangi Kadar Kolesterol Dalam Darah

                Kandungan serat yang ada pada kacang hijau berfungsi sebagai pencahar dan membantu melindungi selaput lendir di usus besar. Sehingga dapat mengurangi waktu eksposur zat beracun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus. Serat dalam jumlah yang cukup juga terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

                      3. Melindungi Dari Radikal Oksigen

                Dalam kacang hijau yang banyak mengandung vitamin A. Dapat mempromosikan antioksidan sehat seperti polifonel, flavonoid, lutein, zeaxanthin dan beta karoten. Senyawa ini yang bertindak melindungi tubuh dari serangan radikal oksigen yang diturunkan bebas dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuan dini.

                      4. Mengembangkan Sistem Syaraf

                Asam folat yang terdapat pada kacang hijau bermafaat baik sekali. Apalagi pada ibu hamil, yang membutuhkan asam folat. Asam folat ini dapat mengembangkan sistem syaraf dan menjaga kerusakan atau cacat otak pada calon bayi. Sehingga banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsi kacang hijau pada ibu hamil dan sedang menyusui. Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari pada bayinya.

                      5. Menguatkan Tulang

                Ada kandungan yang tidak kalah bermanfaatnya untuk kesehatan, yang terdapat dari kacang hijau, yaitu kalsium. Kita semua tahu bahwa kalsium sangat bagus untuk menguatkan tulang. Apalagi jika kacang hijau dikonsumsi ibu hamil, akan membuat pertumbuhan kepadatan tulang pada calon bayi. Kandungan fosfor dan kalsium membantu pertumbuhan calon bayi dan menguatkan tulang ibu hamil.

                sumber: nutrisuntukbangsa.org, manfaat.co.id, resepku.me
                gambar: delisnacks.com, whatsonxiamen.com, tripadvisor.com

                Ingin Tempat Wisata Kulinermu Di Kunjungi Tim Resepkuekeringku ? Yuk, Berbagi Kuliner Bersama Kami. Kirim Pesan Via FansPage Facebook Kami Yaa Di Sini

                Comments

                Popular posts from this blog

                Resep Sambal Ciplukan

                Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

                Resep Sambal Goreng Merah Pedas

                Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

                Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

                Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi