Skip to main content

Resep Cake Coklat Keju Kukus Lembut Dan Sederhana

Resep Dan Cara Membuat Cake Coklat Keju Kukus Enak Dan Lembut - Cake coklat keju kukus ini biasanya dibuat ibu untuk anaknya. Karena cake ini sangat lembut dan sederhana proses pembuatannya.


Anak-anak suka dan karena coklat yang ada didalam cake tersebut mengandung banyak manfaat baik untuk kesehatan. Salah satunya menghilangkan stress. Mari kita coba resepnya.


Resep Cake Coklat Keju Kukus Lembut Dan Sederhana
Ilustrasi Resep Cake Coklat Keju Kukus Mudah Dan Enak
Resep Cake Coklat Keju Kukus Enak Dan Lembut
Cara Membuat Cake Coklat Keju Kukus Yang Lembut Dan Mudah
Cara Membuat Resep Cake Coklat Keju Kukus Ekonomis Dan Enak
Resep Cake Coklat Keju Kukus Lembut Dan Sederhana

Apa itu Cake? Asal Usul Cake

Cake atau bolu adalah makanan yang berbahan dasar tepung. Biasanya cake ini dimatangkan dengan cara dipanggang atau di oven. Cake biasanya menjadi spesial bila dihidangkan pada acara pernikahan, ulang tahun dan acara-acara resmi lainnya.

Cake ini berasal dari daratan Eropa, dan diperkenalkan oleh bangsa Belanda kepada masyarakat Indonesia. Asal usul ditemukannya cake tidak begitu jelas, ada yang mengatakan sejarah cake sama tuanya dengan sejarah ditemukannya roti.


Asal Usul Cake
Asal Usul Cake


Dalam bahasa Norse Kuno (Viking), Kata "Cake" sendiri berasal dari kata "Kaka". Bahasa Norse meliputi negara-negara Skandinavia, seperti Islandia, Norwegia, Denmark, dan Swedia. Ternyata, bahasa Norse kuno ini yang menjadi cikal bakal dialek Jerman Utara.

Akan tetapi, bukti sejarah tertua menyatakan secara pasti bahwa "cake berasal dari Kerajaan Yunani. Mereka menamainya dengan kata "Plakous" yang artinya adalah "Rata". Biasanya mereka mencampurkan bahan-bahan tambahan seperti kacang-kacangan dan madu ke dalam pembuatan cake.

Nah di Indonesia sendiri, cake coklat ini biasa disajikan pada saat pesta ulang tahun, acara-acara tertentu, atau bisa jadi dijadikan kado spesial untuk orang terkasih. Hihii.

Bahan yang diperlukan dalam membuat Resep Cake Coklat Keju Kukus Lembut Dan Sederhana

  •  4 butir telur
  • 1/2 sendok teh cake emulsifer
  • 125 gram gula pasir
  • 60 gram tepung terigu
  • 15 gram tepung maizena
  • 3 lembar keju lembaran

    Bahan I : (dilelehkan)
    • 35 gram margarine
    • 50 gram coklat blok 

      Bahan II :
      • 35 gram margarin dilelehkan
      • 50 gram keju cheddar parut


        Cara membuah Cake Coklat Keju Kukus Lembut Dan Sederhana

        1. Siapkan loyang persegi panjang ukuran kira-kira 23x10x8cm. Olesi dengan mentega dan taburi tepung pada permukaannya.
        2. Mixer dengan memasukkan telur, gula pasir, cake emulsifer, kocok dengan speed rendah, hingga tercampur rata. Hingga mengembang dan kental.
        3. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena, aduk dengan spatula, hingga dicampur rata.
        4. Cairkan bahan IResep Cake Coklat Kukus Enak Dan Lembut
        5. Bagi adonan jadi 2. Yang satu campurkan dengan adonan cake dan coklat hingga rata. Yang satu lagi biarkan di tempat mixer.
        6. Cairkan margarine (bahan II) di panci kecil.
        7. Setelah cair tuang margarine setengah bagian ke cake yang ada di mixer. Tambahkan keju parut dan aduk rata.
        8. Siapkan kukusan, beri air agak banyak, dan panaskan hingga mendidih.
        9. Tuang adonan keju ke loyang, masukkan loyang ke kukusan.
        10. Tutup permukaan loyang dengan kain bersih, tutup rapat. Selama 20 menit dengan api sedang.
        11. Setelah matang keluarkan dari kukusan.
        12. Menggunakan cangkir yang diolesi dengan mentega, ratakan permukaan cake. Lalu tata keju lembaran diatasnya.
          Resep Cake Coklat Keju Kukus Lembut Dan Sederhana
        13. Kemudian tuangkan adonan coklat diatasnya. Sambil di cek apakah air kukusan cukup.
        14. Masukkan kembali ke dalam kukusan, selama 20 menit. 
        15. Tunggu hingga matang. 
        16. Siap untuk disantap, keluarkan dari loyang.

        Macam-macam jenis Coklat

        Coklat banyak sekali macamnya. Ada coklat susu yang merupakan campuran susu, coklat, gula, cocoa butter. Ada coklat pahit yang merupakan coklat alami dan mengandung 43% padatan coklat. Dibawah ini akan kita bahas macam-macam jenis coklat yang ada di pasaran, sebagai berikut :


        Macam-macam jenis coklat
         Macam-macam jenis coklat


        1. Couventure
        Ini adalah jenis coklat terbaik, coklat ini sangat murni dengan persentase lemak kakaonya tinggi sehingga menghasilkan flavor yang sangat baik. Biasanya coklat ini digunakan untuk pembuatan produk coklat buatan tangan. Sebelum digunakaan coklah jenis ini dilelehkan terlebih dahulu.

              2. Plain Coklat

        Coklat ini memiliki persentase massa kakao bervariasi antara 30%-70%. Semakin tinggi konsentrasi massa kakaonya maka semakin baik flavornya. Biasanya coklat ini baik digunakan untuk kue, cake dll.

              3. Milk Coklat

        Coklat ini paling banyak dikonsumsi. Karena massa kakaonya cukup rendah hanya 20% dan rasanyaa lebih manis dibandingkan plain coklat. Karena coklat ini merupakan campuraan gula, cocoa butter, coklat cair, susu dan vanilla. Coklat ini bisa langsung dikonsumsi. Tapi kurang bagus untuk dibuat sebagai bahan kue. Karena coklat ini mudah gosong jika dilelehkan.

              4. White Coklat

        Coklat ini biasanya digunakan untuk dekorasi kue atau bisa langsung dimakan. Karena coklat ini mengandung campuran gula, cocoa butter, susu dan vanilla. Coklat ini juga tidak mengandung massa kakao. Coklat ini tidak mengandung cokelat padat. Karena mudah hangus.

              5. Kakao

        Produk ini sangat mudah untuk diolah dan ekonomis, karena produk ini terbuat dari massa kakao setelah lemak kakaonya dipisahkan.

              6. Minuman Coklat

        Minuman coklat biasanya terdiri dari massa kakao dan mengandung kadar gula yang tinggi. Yang sudah banyak ada di pasaran.

        sumber: chocoholicers.blogspot.com, wikipedia.org, yeliatrial.wordpress.com, justtryandtaste.com
        gambar: taste.com.au, justtryandtaste.com, chowstatic.com, thebestcookierecipes.net

        Ingin Tempat Wisata Kulinermu Di Kunjungi Tim Resepkuekeringku ? Yuk, Berbagi Kuliner Bersama Kami. Kirim Pesan Via FansPage Facebook Kami Yaa Di Sini

        Comments

        Popular posts from this blog

        Resep Sambal Ciplukan

        Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

        Resep Sambal Goreng Merah Pedas

        Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

        Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

        Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi