Skip to main content

Cara Memasak Brokoli Yang Benar

Cara Memasak Brokoli Yang Benar - Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran tersehat yang dimiliki alam untuk kita. Brokoli mengandung banyak vitamin dan kandungan yang bukan hanya baik untuk tubuh kita, tapi juga mampu melindungi kita dari berbagai penyakit, termasuk penyakit ganas sekalipun seperti kanker.


Sumber: doktersehat.com

Namun, sebelum anda memutuskan untuk memasak brokoli, salah satu hal yang sangat dianjurkan adalah dengan memastikan brokoli dan bahan makanan lainnya dalam keadaan bersih, dan segar. Brokoli yang masih segar berbatang kokoh, tidak layu, berwarna hijau dengan kuncup rapat, belum menguning serta belum berkuntum dan berbatang terlalu banyak.

Dan untuk memastikan kebersihan suatu bahan makanan termasuk sayur, kebanyaka orang hanya akan mencuci sayuran dan bahan makanan lainnya dengan menggunakan air. Namun untuk brokoli, mencuci dengan air saja tidak cukup lho! Kenapa demikian? Karena seringkali disela-sela daun dan batang brokoli kita akan menemukan ulat kecil berwarna hijau yang tidak terlalu terlihat. Dan air saja tidak akan cuckup untuk membuat brokoli bebas ulat dan berbagai jneis kotoran lainnya. 

Lalu bagaimana sih cara membershkan brokoli yang benar? Seperti yang dilansir oleh lifestyle.okezone.com, berikut ini Cara Membersihkan Brokoli Yang Benar!

Cara Membersihkan Brokoli Yang Benar


1, Cuci Dengan Air Mengalir


Sumber: wanitamakasar.com

Langkah utama saat membersihkan segala macam bahan makanan sebaiknya gunakan air mengalir. Hal ini bertujuan agar sisa kotoran yang berhasil terangkat tidak nempel kembali ke bahan makanan tersebut.

2. Gunakan Sikat Lembut


Sumber: viva.co.id

Saat mencuci brokoli, gunakan sikat lembut untuk mengangkat kotoran yang terdapat pada bagian bonggol atau bunga brokoli. Langkah ini sebaiknya dilakukan sembari brokolinya disiram dengan air bersih yang mengalir.Saat mencuci brokoli, gunakan sikat lembut untuk mengangkat kotoran yang terdapat pada bagian bonggol atau bunga brokoli. Langkah ini sebaiknya dilakukan sembari brokolinya disiram dengan air bersih yang mengalir.

3. Keringkan


Sumber: okezone.com
Cara Memasak Brokoli Yang BenarSetelah bersih, balikkan brokoli dengan posisi bonggol terbalik dan rendam dengan setengah air. Jika hendak diolah, tepuk-tepuk brokolinya dan lap dengan handuk atau tisu sampai kering. Setelah itu, brokoli sudah siap digunakan.

Selain membersihkan brokoli dengan benar, hal selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah cara memasak brokoli. Kebanyakan orang akan memasak brokoli atau sayur-sayuran yang lain hingga benar-benar lalu. Padahal dengan membuat brokoli atau sayuran jadi layu, vitamin dan gizinya akan terbuang. Untuk mendapatkan manfaat dari beragam sayuran ini, anda harus tahu cara memasak brokoli yang benar. Dan seperti yang dilansir oleh tabloidnova.com, berikut ini Cara Memasak Brokoli Yang Benar!

Cara Memasak Brokoli Yang Benar


1. Microwave


Sumber: merdeka.com

Hamparkan kuntum dan potongan brokoli di atas pinggan tahan panas yang cukup besar. Tutup rapat dengan aluminium foil dan microwave dengan suhu panas hingga matang sekitar 4 menit.

2. Panggang


Sumber:  news tranyar

Panaskan oven hingga suhu 260�C. Hamparkan potongan brokoli di atas loyang atau panci lebar yang besar hingga mampu memuat brokoli cukup dalam satu lapis saja. Tambahkan dengan 1 sendok  makan minyak zaitun. Panggang hingga setengah matang, lalu keluarkan dan balik brokoli. Panggang kembali hingga empuk dan kecoklatan sekitar 10 menit.

3. Kukus


Sumber: cnidc715.com

Tempatkan potongan brokoli bagian berbatang di dalam keranjang kukusan. Jerang air sedalam 5 cm dari dasar panci kukusan. Tambahkan 1 sendok makan air perasan lemon. Masak di atas api panas lalu masukkan batang brokoli ke dalam kukusan, tutup. Masak hingga matang sekitar 2 menit. Tambahkan brokoli bagian kuntum, masak kembali hingga matang seitar 5 menit.  
Nah dengan memasak brokoli dengan cara yang benar, anda tidak akan kehilangan manfaat brokoli. Oh ya, selain cara membersihkan brokoli yang sudah dijelaskan diatas, anda juga bisa menggunakan air garam untuk menyingkirkan ulat yang ada. Caranya tambahkan garam pada air, lalu masukkan potongan brokoli yang sudah dicuci dan diamkan selama beberapa menit. Setelah beberapa menit, anda akan melihat ulat akan keluar dan mengambang di air. Buang airnya, dan brokoli siap dimasak.
Terima kasih sudah membaca Cara Memasak Brokoli Yang Benar. Semoga bermanfaat!

Comments

  1. Terimakasih Artikel Cara Memasak Brokoli Yang Benar nya bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
    Salam Resep Kue

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi