Skip to main content

Cara Memasak Bayam Yang Benar

Cara Memasak Bayam Yang Benar - Bayam! Duh siapa sih yang tidak mengenal sayuran yang satu ini? Rasanya semua kenal bukan?


Sumber: selerasa,com

Bahkan, bagi anak-anak, yang kebanyakan tidak terlalu suka dengan sayuran, dibandingkan dengan jenis sayuran yang lain, bayam termasuk sayuran yang cukup disukai oleh anak-anak. Selain itu, bayam juga dapat ditemukan dengan mudah di berbagai tempat seperti supermarket, minimarket, hingga pasar tradisional dan tukang sayur keliling.

Dan sama seperti kebanyakan sayuran, bayam juga sangat bergizi dan sehat untuk dikonsumsi. Kandungan yang ada di bayam juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh dan kesehatan anda. Apa saja sih manfaat bayam? Seperti yang dilansir oleh manfaat.co.id, berikut ini 8 Manfaat Bayam Bagi Tubuh!



8 Manfaat Bayam Bagi Tubuh


1. Penting untuk menjaga kesehatan mata



Sumber: vemale.com

Bayam merupakan salah satu sayuran yang sangat tinggi kandungan vitamin A, kita ketahui bahwa vitamin ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata agar penglihatan tetap baik.

2. Menjaga kesehatan tulang



Sumber: tempo.co

Vitamin K pada bayam membantu penyerapan kalsium yang baik bagi tulang. Pada orang-orang yang telah lanjut usia sangat rentan terkena penyakit osteoporosis, maka dari itu sangat penting mengkonsumsi bayam dan apalagi pada anak-anak yang sedang tumbuh kembang. Seimbangkan pula dengan susu untuk kalsium yang penting bagi pembentukan tulang.
Cara Memasak Bayam Yang Benar
3. Menjaga kesehatan jantung



Sumber: liputan6.com

Plak kolesterol pada pembuluh darah arteri akan meningkatkan resiko penyakit jantung. Antioksidan pada bayam mencegah menumpuknya kolesterol dan juga mampu mengontrol tekanan darah yang menjauhkan dari penyakit hipertensi.

4. Mencegah kanker



Sumber: merdeka.com

Manfaat bayam terkandung pada flavonoid ini mampu meredam infeksi pada tubuh yang menyebabkan kanker. Beberapa diantaranya kanker ovarium, kanker paru-paru, dan kanker kolon. Selain itu beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa bayam diyakini dapat mengurangi resiko kanker kulit.

5. Mencegah penuaan dini



Sumber: lihat.co.id

Vitamin A dan kandungan anti oksidan yang terdapat dalam bayam sangat membantu untuk mencegah dan mengatasi penuaan dini yang disebabkan oleh radikal bebas.

6. Meningkatkan efisiensi otot



Sumber: herbadrink

Masih ingat kartun Popaye? ia akan tumbuh kuat berotot setelah makan bayam. Tidak salah memang, karena bayam dari berbagai penelitian di dunia di yakini dapat meningkatkan efisiensi otot. Para peneliti dari Karolinska Institute di Swedia menemukan partisipan yang mengonsumsi 300 gram bayam sehari mengurangi jumlah oksigen yang dibutuhkan untuk daya otot-otot mereka saat latihan sebesar lima persen. Efeknya terlihat hanya setelah tiga hari konsumsi bayam. Sungguh luar biasa.

7. Melancarkan pencernaan



Sumber: halosehat.com

Bayam merupakan sayuran hijau yang sangat tinggi kandungan serat, hal ini sangat berdampak pada kesehatan pencernaan dalam tubuh manusia. Jika anda mengalami masalah BAB atau pencernaan lainnya ada baiknya anda mengkonsumsi bayam sebagai menu harian anda.

8. Baik untuk anemia



Sumber: halosehat.com

Bayam mengandung zat besi yang sangat baik untuk memproduksi sel darah merah yang diperlukan oleh tubuh manusia. Kekurangan darah merah atau yang lebih dikenal anemia, maka ada baiknya anda mulai mengkonsumsi bayam secara rutin agar terbebas dari anemia.


Biasanya bayam dimasak dengan cara direbus dan ditambahkan dengan jagung manis. Selain itu, bayam juga biasanya dibuat menjadi cemilan berupa keripik bayam.

Namun tidak semua bayam bisa dijadikan keripik. Hanya bayam dengan daun yang lebar dan cukup besar yang bisa dibuat menjadi keripik. Selain itu, daun bayam yang kebanyakan memiliki ukuran sedang, daun ini juga sangat tipis dan akan lebih mudah hancur jika direbus terlalu lama. Dan kebanyakan orang Indonesia, biasanya merebus bayam maupun sayuran dalam waktu yang cukup lama hingga sayur benar-benar layu. Padahal dengan cara ini, vitamin dan semua manfaat dari bayam akan hilang.

Nah agar anda tetap mendapatkan beragam manfaat dari bayam dan agar gizinya tidak terbuang sia-sia, seperti yang dilansir oleh royco.co.id, berikut ini Cara Memasak Bayam Yang Benar!


Cara Memasak Bayam Yang Benar


1. Panaskan air hingga mendidih, lalu masukkan bayam yang telah disiangi dan dicuci. Air harus sudah mendidih saat bayam dimasukkan.

2. Bila anda merebus bayam dalam jumlah sedikit (kurang dari 500 gram), rebus bayam selama 1 menit. Waktu 1 menit dihitung sejak bayam dimasukkan ke dalam air mendidih.

3. Bila anda merebus bayam dalam jumlah besar (lebih dari 500 gram), hitung 1 menit setelah air mendidih kembalisetelah bayam dimasukkan.

4. Saat merebus bayam, jangan tutup panci yang digunakan untuk merebus, agar asam yang terkandung dalam bayam terlepas melalui uapnya.
Sebenarnya cara memasak bayam yang benar adalah dengan merebusnya. Namun sesekali, anda boleh kok mengolahnya menjadi keripik untuk menemani hari santai anda. Oh ya, selain direbus, jika anda ingin mendapatkan manfaat yang sebenarnya dari bayam, anda juga bisa memasak bayam dengan cara dikukus.
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Memasak Bayam Yang Benar. Semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi