Skip to main content

Cara Membersihkan Kulkas Yang Benar

Cara Membersihkan Kulkas Yang Benar - Kulkas menjadi salah satu barang elektronik yang sangat dibutuhkan saat ini. Ini karena kulkas atau lemari pendingin selain berfungsi menyimpan berbagai jenis makanan dan minuman, kulkas juga membuat beberapa makanan seperti sayuran dan buah tetap segar dan awet meski disimpan dalam waktu berhari-hari.


Sumber: IDEAonline.co.id 

Selain itu, karena suhunya yang dingin kulkas juga mencegah bakteri berkembang biak dan membuat makanan jadi berbahaya untuk dimakan. Namun untuk menjaga makanan yang disimpan di dalam kulkas tetap bersih, segar, dan bebas bakteri, kita juga harus menjaga agar kulkas tetap bersih dan tidak kotor. Terlebih bunga es yang menempel pada freezer, harus dibersihkan secara rutin agar tidak terlalu banyak. Kenapa kulkas harus dibersihkan? Bukankah kulkas bersuhu sangat dingin dan embun di dalamnya akan membuat kulkas selalu bersih?

Well, banyak orang yang melupakan bahwa kulkas atau lemari pendingin juga perlu dibersihkan. Dan meski embun di dalamnya membuat kulkas terlihat bersih, tapi sisa-sisa buah, sayur atau makanan lain bisa saja menempel di rak sayur, buah atau bagian lain dalam kulkas dan membuat kulkas jadi kotor. Ditambah bunga es yang terlalu banyak juga akan membuat freezer tidak digunakan. Bahkan banyak sekali orang yang kulkasnya jadi rusak atau tidak berfungsi hanya karena tidak pernah membersihkan kulkasnya. 

Nah lalu bagaimana cara yang benar untuk membersihkan kulkas? Seperti yang dilansir oleh cleanipedia.com, berikut ini Cara Membersihkan Kulkas yang bisa anda coba lakukan!



Cara Membersihkan Kulkas Yang Benar


1. Keluarkan semua makanan dan minuman


Sumber: sakinah.tv

Meski pun anda hanya membersihkan kulkas dengan menggunakan lap bersih, tapi saat membersihkan kulkas sebaiknya anda mengeluarkan semua makanan dan minuman juga berbagai bahan makanan lain dari kulkas. Dengan begitu anda bisa dengan leluasa membersihkan semua permukaan kulkas tanpa takut mengenai makanan dan minuman yang ada di dalamnya.

2. Lepas semua laci dan rak yang bisa dilepas


Sumber: hello-pet.com

Laci dan rak di dalam kulkas adalah salah satu bagian kulkas yang paling kotor. Ini karena anda menyimpan berbagai macam barang di laci atau rak ini. Setelah anda mengeluarkan semua makanan dan minuman, dan kulkas sudah kosong, maka langkah selanjutnya adalah dengan melepas laci dan rak yang bisa dilepas. Lap laci dan rak itu, atau anda bisa mencucinya dengan sabun cuci piring agar rak dan laci bersih sempurna, keringkan terlebih dahulu sebelum anda memasang kembali rak dan laci-laci tersebut.

3. Lap seluruh pemukaan 


Sumber: hello-pet.com

Sementara anda menunggu rak dan laci mengering, anda bisa mengelap semua permukaan kulkas seperti dinding kulkas dan rak yang tidak bisa dicopot. Lap dengan menggunakan kain yang dicampur dengan sedikit sabun cuci piring atau yang sudah dicelupkan ke air panas. Anda bisa menggunakan kain microfiber atau spons berkualitas daripada kain biasa untuk hasil lebih maksimal.

4. Gunakan soda kue


Sumber: choosehealtylife.com
Cara Membersihkan Kulkas Yang BenarTerkadang disaat kita sedang membersihkan kulkas, ada noda yang sulit dihilangkan karena sudah terlalu lama dibiarkan. Jika anda menemukannya, anda bisa menggunakan soda kue yang sudah dicampur dengan sedikit air yang kental, lalu oleskan ke noda tersebut dan diamkan selama 1 jam sebelum anda lap dengan spons atau kain mikrofiber.
Selain itu, untuk bunga es yang menempel di freezer, sebaiknya anda tidak mencongkelnya agar cepat lepas. Karena hal itu bisa saja merusak freezer atau bagian kulkas lainnya. Untuk membersihkan bunga es sebaiknya anda mematikan kulkas dan menunggu hingga bunga es mencair dengan sendirinya. Jika bunga es yang menempel sudah lebih tipis, anda akan lebih mudah dalam mencabut bunga es yang menempel tersebut. Atau anda juga bisa membaca buku petunjuk yang ada untuk membersihkan lemari es. 

Selain membersihkan lemari es secara rutin, ada beberapa hal lain yang harus anda perhatikan agar kulkas anda selalu bersih dan tidak terlihat kotor. Apa saja? Ini dia cara merawat kulkas agar selalu bersih!

Cara Merawat Kulkas Agar Selalu Bersih

1. Cek makanan dan minuman secara rutin


Sumber: kabarrimbo.com

Salah satu kebiasaan buruk banyak orang adalah menyimpan makanan atau minuman sisa ke dalam kulkas, atau membeli banyak makanan dan menyimpan semuanya di kulkas. Terkadang kita lupa bahwa kita menyimpan makanan sisa atau minuman sisa di dalam kulkas dan membiarkannya begitu saja hingga berminggu-minggu. Hal ini tentu sangat berbahaya, karena kita bisa saja secara tidak sengaja mengkonsumsi makanan atau minuman itu tanpa mengecek kondisinya apakah masih baik atau tidak. 

Perlu diingat makanan atau minuman sisa yang dibiarkan terbuka terlalu lama akan membuat makanan tersebut jadi tidak layak dikonsumsi. Jadi daripada keracunan sebaiknya anda langsung membuang makanan atau minuman sisa ke tempat sampah daripada menyimpannya di kulkas. Jangan lupa secara berkala untuk mengecek makanan apa saja yang kita simpan dan mengecek tanggal kadaluwarsanya. Jika anda menemukan makanan basi atau kadaluwarsa, segera buang untuk menghindari kemungkinan akan memakannya secara tidak sengaja.

2. Segera lap jika anda tumpahan


Sumber: fifitindeswita.wordpress.com

Terkadang saat mengambil sesuatu di kulkas, kita tidak sengaja menumpahkan makan atau minuman. Dan karena tumpahannya sedikit, kita membiarkan saja tumpahan itu. Padahal, tumpahan makanan atau minuman di dalam kulkas, akan membeku atau menempel pada laci dan rak sehingga membuat laci atau rak jadi lengket. Selain itu, noda tumpahan ini juga akan membuat kulkas anda jadi kotor dan bau.

Untuk itu jangan pernah malas untuk mengelap sisa tumpahan makanan atau minuman, karena meski tidak mungkin mengundang semut untuk masuk, sisa tumpahan itu juga akan membuat kulkas kotor dan merusak makanan lainnya.

3. Simpan semangkuk soda kue


Sumber: the dr. oz show

Banyak orang mengeluh kulkasnya mengeluarkan bau tajam yang tidak enak. Biasanya ini terjadi jika anda tidak rutin membersihkan kulkas dan kulkas jadi terlalu kotor. Atau mungkin karena anda menyimpan makanan dengan aroma tajam, sehingga meski makanan tersebut sudah tidak ada, aromanya masih tertinggal. Untuk menghadapi ini, simpan semangkuk kecil soda kue di bagian dasar kulkas, karena selain dapat mengangkat noda, soda kue juga mampu menyerap bau setajam apa pun.
Itu dia beberapa cara membersihkan kulkas. Oh ya, banyak orang yang membersihkan kulkas dengan campuran disinfektan seperti karbol, cairan pembersih kaca atau pembersih lantai untuk membersihkan kulkas karena dengan menggunakan karbol, dapat membersihkan kuman dan bakteri. Namun ini sama sekali harus dihindari, karena sama seperti cairan disinfektan lainnya, karbol dan pembersih kaca atau lantai dapat menyebabkan keracunan jika mengenai makanan. Anda tentu tidak ingin ini terjadi bukan?
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Membersihkan Kulkas Yang Benar. Semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi