Skip to main content

Resep Bola Bola Tahu Goreng Crispy

Resep Bola Bola Tahu Goreng Crispy - Lagi-lagi tahu. Memang makanan yang terbuat dari kedelai yang satu ini sedang booming. Mulai dari gorengan tahu yang tidak ada matinya sampai dengan tahu bulat digoreng dadakan gopek'an alias lima ratus. UHUUYYY!!!

Resep Bola Bola Tahu Goreng Crispy
sumber: sajiansedap.com

Masakan dari tahu merupakan salah satu favorit masyarakat Indonesia karena selain rasa yang gurih, juga memiliki banyak variasi dalam penyajiannya. Contohnya saja masakan bola-bola tahu seperti yang akan dibahas dalam resep kali ini.

Manfaat Yang Terdapat Dalam Tahu

Tahu tidak sich manfaat yang terdapat di dalam tahu itu sendiri? Makanan dari kedelai ini memiliki segudang manfaat lho yang pastinya sangat baik untuk keluarga tercinta Anda agar lebih sehat dalam melalui hari-harinya. Berikut ini adalah manfaat yang didapat dari Tahu Goreng

1. Anti Kanker Endometrium

Seperti yang kita ketahui bahwa tahu itu terbuat dari kedelai yang mana dapat menghambat pertumbuhan kanker endometrium yang terdapat pada wanita lansia atau pasca manopause, sehingga wanita pasca manipause dan wanita lansia dapat lebih sehat dan bugar.

2. Mengurangi Kolesterol Dalam Darah

Pada tahu terdapat yang namanya asam linoleat yang dapat melindungi Anda dari radikal bebas.

3. Lebih Sehat

Menyantap tahu setiap hari sangat baik pada tubuh dikarenakan tahu dapat meningkatkan kesehatan paru-paru sehingga Anda akan mengalami peningkatan kualitas hidup karena Anda akan merasa lebih sehat dan bugar.

4. Mencegah Anemia

Tahu memiliki zat besi yang tinggi didalamnya. Zat besi sendiri dapat meningkatkan dan menjaga sel-sel darah merah sehingga dapat mencegah terjadinya Anemia.

5. Menyehatkan Jantung Anda

Kedelai sendiri dapat menekan dan menghancurkan sumbatan lemak jenuh yang terdapat didalam pembuluh arteri menuju jantung alias kolesterol. Dengan mengkonsumsi tahu, maka Anda dapat terhindar dari kardiovaskular atau penyakit jantung.

sumber: http://manfaat.co.id/manfaat-tahu-goreng

Bahan - Bahan Untuk Membuat Bola-Bola Tahu Goreng Crispy


  • Tahu putih seberat 375g, haluskan sebelumnya
  • ebi sebanyak 1sdt, diseduh, disangrai, dan dihaluskan
  • daun seledri sebanyak 1 tangkai, diiris halus
  • wortel sebanyak 50gr, dipotong-potong dadu kecil, dan direbus
  • 1 butir telur, pisahkan putih telurnya saja, lalu kocok lepas

Bumbu Untuk Membuat Bola-Bola Tahu Goreng Crispy


  • garam 1 sdt
  • Merica bubuk 1/4 sdt
  • kaldu bubuk 1 sdt => Baca cara membuat kaldu Ayam
  • Minyak Untuk Menggoreng
  • 2 siung bawang putih, haluskan dan tumis
  • 3 siung bawang merah, haluskan dan tumis
  • Baking Powder Double Acting 1 sdt

Cara Membuat Bola-Bola Tahu Goreng Crispy


  • Cuci tahu putih yang telah disiapkan kemudian hancurkan tahu putih tersebut dan saring menggunakan serbet bersih atau kain sampai kandungan airnya hilang, seperti pada gambar

    Resep Bola Bola Tahu Goreng Crispy

  • Masukkan semua bumbu seperti ebi, seledri, wortel, telur, garam, merica, kaldu bubuk, bawang merah, dan baking powder double acting kedalam adonan tahu sambil diremas-remas. Anda juga dapat mengganti baking powder Double Acting dengan baking powder biasa namun ditambahkan 1/2 sdt. Tes rasa sesuai dengan selera Anda.
    Resep Bola Bola Tahu Goreng Crispy
    Resep Bola Bola Tahu Goreng Crispy

  • Setelah sekiranya rasa telah pas di lidah, kemudian buat bulatan tahu menggunakan telapak tangan hingga permukaannya licin. Masuukkan dalam wadah tertutup dan simpan didalam kulkas selama 3-4 jam (ingat di kulkas bukan di freezer)

    Resep Bola Bola Tahu Goreng Crispy

  • Setelah itu keluarkan tahu dan biarkan didalam suhu ruang selama 10 menit.
  • Panaskan minyak goreng sampai panas sembari menunggu, Kemudian kecilkan api dan goreng tahu tersebut dalam minyak yang banyak dengan menggunakan api kecil atau sedang yang cenderung kecil sembari diaduk-aduk agar tahu yang digoreng dapat mengembang sempurna

    Resep Bola Bola Tahu Goreng Crispy

  • Goreng selama 10-15 menit. Angkat dan sajikan bersamaan dengan sambal kecap

sumber: cookpad by dinda rizky tanjungsari dan sajiansedap

Terimakasih telah membaca resep bola bola tahu goreng crispy. Pastikan Anda pencet tombol like facebook, g+, atau twitter yaa. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi