Skip to main content

Resep Opor Ayam Kuning Gurih Dan Sederhana

Cara Membuat Resep Opor Ayam Bumbu Kuning Lengkap Dan Enak - Waah, jadi mendadak pengen buat opor ayam nih. Kebetulan suami saya suka sekali opor ayam dan berharap saya bisa memasak untuknya sepulang kantor nanti.


Namun saya bingung, tidak semua resep yang saya cari bisa berhasil sesuai keinginan. Namun sekali lagi, kalau kita mengikuti langkah -langkah resep dengan benar, pasti rasanya pas sesuai selera kita. Iya kan :D.


Resep Opor Ayam Bumbu Kuning Yang Gurih, Enak, Dan Sederhana
Cara Membuat Resep Opor Ayam Bumbu Kuning Yang Gurih, Enak, Dan Sederhana


Kebetulan sudah nemu nih resep opor ayam kuning gurih dan enak, katanya mantap banget. Tapi setelah dicoba, enak juga lho. Gak sia-sia deh buatnya demi suami, Hihihi. Disini resepnya menggunakan alat pressure cooker. Tapi karena saya tidak punya, jadinya pake panci biasa aja. Lain kali mau beli ah pressure cooker nya.

Apa itu Pressure Cooker?

Pressure Cooker merupakan sejenis alat masak yang paling populer dan paling banyak digunakan. Kalau di Indonesia, alat ini disebut dengan Panci Presto. Alat ini lebih mudah digunakan dan dapat memasak makanan dengan lebih cepat. Sangat menghemat waktu dan menghemat penggunaan bahan bakar. Nah berikut ini penampakan dari pressure cooker.

Pressure Cooker
Pressure Cooker


Harganya tidak berselisih jauh kok dengan rice cooker. Hehehe. Tak heran, jika kita mau memasak ayam dengan pressure cooker ini, daging ayam akan lebih cepat matang dan lembut dibandingkan dengan panci biasa. Oh iya, pressure cooker ini sudah sangat populer waktu perang dunia II lho. Pressure cooker ditemukan oleh seorang ahli fisika, Denis Papin pada tahun 1679.

Yuk, kita mulai memasak opor ayam spesial :D.

Bahan Yang Diperlukan Dalam Membuat Resep Opor Ayam Bumbu Kuning Enak Dan Mudah

Bahan Utama:
  • 1 ekor ayam (potong menjadi 8 bagian, tambahkan 2 sdt garam, 1 buah jeruk ambil air perasannya. kemudian diamkan selama 15 menit dan cuci bersih)
  • 500 ml air
  • 500 ml santan sedang (tidak kental) dari 1 butir kelapa

Bumbu Halus:
  • 6 butir bawang merah
  • 4 butir bawang putih
  • 3 buah cabai merah besar (buang bijinya)
  • 3 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 1 sdm ketumbar (sangrai)
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 5 butir kemiri (sangrai)
  • 1/4 sdt jintan
  • 1/2 butir pala
  • minyak untuk menumis

Bumbu Lain:
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1 batang kayu manis
  • 5 butir cengkeh
  • 2 butir kapulaga
  • 2 buah kembang lawang
  • 2 ruas besar lengkuas (memarkan)
  • 2 sdm air asam jawa
  • 2 sdm gula merah (sisir)
  • 2 batang serai (ambil bagian putihnya dan memarkan)
  • 5 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk

Cara Membuat Opor Ayam Kuning Yang Gurih Dan Spesial

  1. Siapkan wajan besar dan panaskan 3 sdm minyak untuk menumis bumbu halus. Masukkan bumbu halus dan aduk hingga harum dan berubah warna menjadi gelapResep Opor Ayam Kuning Gurih Dan Sederhana
  2. Tambahkan lengkuas, serai, kapulaga, kembang lawang, cengkeh, kayu manis, daun jeruk, dan daun salam hingga menjadi layu.
  3. Masukkan ayam, dan aduk rata hingga ayam berbalur dengan bumbunya.
  4. Siapkan panci pressure cooker. Masukkan ayam yang berbumbu dan tambahkan 500 ml air ke dalamnya. Tutup panci hingga rapat.
  5. Masak dengan api besar hingga mengeluarkan suara seperti desisan. Kemudian kecilkan apinya dan masak selama 20 menit ya, setelah itu matikan kompornya. Diamkan panci sampai tidak ada suara gas yang keluar. Kalau sudah tidak ada suara gas, buka pancinya.
  6. Jika kalian tidak mempunyai pressure cooker, bisa menggunakan panci biasa. Caranya cukup tuangkan air ke dalam wajan yang berisikan ayam berbumbu tersebut dan masak daging ayam hingga empuk.
  7. Tuangkan santan ke dalamnya. Masukkan gula, garam, air asam jawa, dan kaldu bubuk. Jangan lupa untuk memasak dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga keluar minyak dan mendidih.
  8. Jika kurang kuahnya, tambahkan air sesuai selera. Santan yang sudah mendidih biasanya mengeluarkan bau harum yang khas.
Matikan kompornya dan sajikan opor hangat-hangat di meja saji. Cicipi dan.... selamat mencoba opor ayam kuning gurih dan mudah :D. Jangan lupa taburi bawang goreng juga jika suka ^^

Gambar : resepmasakanlengkap.com, salganalsol.com || Resep: justtryandtaste.com
Ingin Tempat Wisata Kulinermu Di Kunjungi Tim Resepkuekeringku ? Yuk, Berbagi Kuliner Bersama Kami. Kirim Pesan Via FansPage Facebook Kami Yaa Di Sini

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi