Skip to main content

Resep Pempek Kapal Selam Dos Isi Telur Sederhana Tanpa Ikan

Cara Membuat Pempek Kapal Selam Dos Isi Telur Sederhana Tanpa Ikan Ala Ny. Liem - Halo, ketemu lagi weekend kali ini. Wah tak berasa saatnya harus menikmati liburan santai bersama keluarga. Weekend kali ini biasanya ngapain saja sih? Jalan-jalan ke mall kah? atau wisata ke tempat lain? atau jangan-jangan hanya dirumah saja yah? hehe, jangan khawatir, selama kalian bisa menciptakan sebuah masakan yang enak, kehangatan keluarga pasti tercipta di weekend ini.
Kali ini saya dan tim bukasadja.blogspot.com akan mencoba membagikan resep pempek kapal selam isi telur dos tanpa ikan ala ny. liem. Resep-resep dari ny.liem memang terkenal enak! saya sangat menyukainya.

Waktu itu saya lagi ngidam pempek, tapi ketika dicoba rasanya tak sesuai dengan yang diharapkan, akhirnya saya berpikir kenapa tidak saya membuatnya sendiri. Lebih banyak dan lebih enak dari yang diluar. Yuuk, simak berikut ini :).


Resep Pempek Kapal Selam Dos Isi Telur Sederhana Tanpa Ikan
Cara Membuat Resep Pempek Palembang Kapal Selam Isi Telur Dos Sederhana Tanpa Ikan Enak Empuk
 Pempek Kapal Selam Isi Telur Dos Sederhana Tanpa Ikan
Cara Membuat Pempek Palembang Kapal Selam Isi Telur Tanpa Ikan Enak
Cara Membuat Resep Pempek Palembang Kapal Selam Isi Telur Dos Sederhana Tanpa Ikan Enak Dan Lembut
Resep Pempek Palembang Kapal Selam Isi Telur Dos Sederhana Tanpa Ikan Enak Dan Empuk


Bahan Yang Diperlukan Dalam Membuat Resep Pempek Kapal Selam Palembang Tanpa Ikan Asli Enak

Bahan A
  • 1 siung bawang putih (pilih yang besar, dan haluskan)
  • 250 ml air
  • 125 gram tepung terigu berprotein sedang
  • 1 bungkus kaldu bubuk rasa ayam (ukuran kecil)
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 sdm garam
  • 2 butir telur
  • 3-4 butir telur (untuk isian)
  • 200 gram tepung tapioka/sagu

Cara Membuat Pempek Palembang Kapal Selam Isi Telur Dos Tanpa Ikan Yang Enak Dan Lembut

  1. Siapkan panci yang sudah berisi air dan didihkan. Ketika mendidih, masukan semua bumbu yang ada di bahan A. Kemudian aduk rata dan masukkan tepung terigu sambil diaduk rata.
  2. Usahakan adonannya tidak menjadi gosong, karena akan mengakibatkan adonan menjadi sangat kental.
  3. Dinginkan sejenak, setelah dingin, kocok adonan terigu dengan 1 butir telur dengan menggunakan mixer. Aduk rata.
  4. Setelah adonan cukup rata dan tidak menggerindil, masukkan 1 butir telur lagi. Kocok kembali sampai adonan menjadi lembut dan halus.
  5. Tambahkan tepung sagu, aduk rata. Untuk menguleninnya tak perlu terlalu kuat agar pempeknya tidak keras nantinya, sehingga hasil akhirnya adonan menjadi kalis dan mudah dibentuk. Jika masih lengket, bisa ditambahkan sedikit tepung sagu. Dan adonan siap di bentuk Resep Pempek Kapal Selam Dos Isi Telur Sederhana Tanpa Ikan.
  6. Siapkan panci yang besar dan isikan dengan air. Kemudian didihkan. Ambil adonan pempek yang sebelumnya sudah dibentuk bulat dan pipih. Lipat dua, rekatkan pinggirannya. Usahakan tengahnya tetap berlubang untuk isian telurnya dan sisakan lubang diujungnya untuk memasukkan telur dengan bantuan alat gelas ukur yang ada corongnya.
  7. Masukkan pempek kapal selamnya ke dalam air yang sudah mendidih. Rebus pempeknya sampai kelihatan mengapung. Jika sudah terlihat mengapung, rebus lagi benar-benar matang semua baik dari adonan maupun telurnya sekitar 20 menit.
  8. Angkat dan tiriskan.
  9. Panaskan minyak, dan goreng pempeknya hingga matang. Angkat pempeknya dan potong-potong.
Sajikan pempek dengan kuah cuko serta ketimunnya. Siap dimakan hangat-hangat, yummy :D.
Catatan:
Agar telur tidak belepotan, kalian bisa menggunakan alat gelas ukur yang ada corongnya. Soalnya kalau bagian ujungnya kena telur, pempeknya susah ditutup dan bisa bocor telurnya. Atau untuk yang pemula, bisa gunakan telur yang sudah matang (telur rebus).


Cara Membuat Kuah Cuko Pempek Palembang Asli Enak

Setelah cara membuat pempek kapal selam dos tanpa ikan, tidak lengkap rasanya tanpa kuah cuko palembang ini. Yuk, kita buat agar lebih nendang rasanya :).

Bahan:
  • 250 gram gula merah
  • 500 ml air
  • 2 sdm air asam Jawa kental (50 gramnya dilumatkan sedikit dengan air)

Bumbu halus:
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 8 siung bawang putih
  • 2 sdm ebi (sangrai dan haluskan0
  • 1/2 sdm garam

Cara Membuat Kuah Cuko Enak Pempek Asli Palembang

  1. Rebus air dan gula merahnya sampai matang. Kemudian saringkan.
  2. Tambahkan ebi dan bumbu halus, aduk dan rebus kembali sampai mendidih.

Sajikan kuah cukonya dengan pempek yaa :).


Gambar : jualpempekdijogja || Resep: ny.liem
Ingin Tempat Wisata Kulinermu Di Kunjungi Tim Resepkuekeringku ? Yuk, Berbagi Kuliner Bersama Kami. Kirim Pesan Via FansPage Facebook Kami Yaa Di Sini

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi