Skip to main content

Resep Sambal Mbah Kromo

Resep Sambal Mbah Kromo - Tomat, anda pasti mengenal buah atau sayuran yang satu ini bukan? 


Sumber: justtryandtaste.com

Tomat merupakan salah satu sayuran dan menjadi bagian penting dalam sebuah masakan. Ini karena selain menjadi bahan makanan, tomat juga sering dijadikan bumbu agar masakan terasa lebih enak. Ditambah lagi dengan warnanya yang cantik, tomat juga membuat penampilan makanan jadi terlihat semakin menarik.

Selain bermanfaat bagi makanan, tomat juga memiliki banyak manfaat lain terutama bagi wanita. Sama seperti jenis sayuran atau buah lainnya, tomat juga dikenal dengan berbagai kandungan nutrisi yang dimilikinya. Tomat mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin A, lycopene dan beberapa nutrisi lainnya yang sangat baik untuk kesehatan anda. 

Nah ternyata bukan hanya baik untuk kesehatan, kandungan nutrisi yang ada ditomat juga sangat baik untuk kulit terutama kulit wajah. Tomat sudah lama dikenal mampu mengatasi jerawat, menatasi kulit kering maupun berminyak, hingga mencerahkan kulit. Dan dengan beberapa manfaat diatas, rasanya tidak heran jika banyak wanita memanfaatkan buah ini sebagai masker agar kulitnya selalu sehat dan bebas dari masalah.

Namun tentu saja, agar mendapatkan hasil maksimal untuk wajah, dan mendapatkan rasa masakan yang enak, kualitas tomat menjadi hal penting yang harus anda perhatikan. Banyak orang dapat memilih dan membedakan mana tomat yang berkualitas baik dan mana tomat yang buruk. Namun tidak sampai disitu, anda juga harus bisa mempertahankan kualitas tomat agar ketika digunakan kondisinya masih baik. Salah satu caranya adalah dengan menyimpan tomat denan benar. Dan seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini Tips Menyimpan Tomat Yang Benar agar kualitasnya tetap terjaga!

Tips Menyimpan Tomat Yang Benar


1. Mencegah agar tomat tidak busuk


Sumber: programfitnes.com

Cara utama mencegah tomat busuk adalah dengan membiarkannya tetap utuh. Maksudnya adalah saat anda membeli tomat atau memetik tomat, jangan membuang pangkal tomat yang berwarna hijau. Untuk menjaganya agar tetap segar dan tidak mudah busuk, anda sebaiknya menjaga tomat dengan tangkainya. Ini karena memetik atau membuang tangkainya sama seperti anda "melukai" tomat sehingga kulitnya sobek, dan membuat bakteri lebih mudah masuk dan membuat tomat menjadi busuk.

2. Jangan disimpan di kulkas


Sumber: cnnindonesia.com

Kebanyakan sayuran biasanya disimpan di dalam kulkas untuk menjaganya tetap segar dan awet. Namun hal itu tidak berlaku bagi tomat. Ini karena suhu di dalam kulkas justru akan membuat tomat jadi cepat busuk. Sebaliknya, agar tomat tetap segar simpan tomat di wadah terbuka yang sejuk, atau lapisi wadah dengan kertas dibagian bawahnya dan simpan tomat dengan cara diangin-anginkan untuk memperlambat proses kematangannya.

Itu dia tips menyimpan tomat agar tidak mudah busuk. Dua tips diatas memang sangat simpel, namun justru banyak orang yang tidak mengetahui hal tersebut. Jadi alih-alih tomat segar, yang anda dapatkan justru tomat yang sudah busuk karena anda salah dalam cara menyimpannya.
Nah dengan menyimpan tomat yang benar, kualitas tomat akan tetap terjaga seperti pertama kali anda membelinya. Dengan tomat yang berkualitas baik, tentu anda bisa menghasilkan makanan dengan rasa yang baik dan juga aman dikonsumsi karena bebas dari bakteri berbahaya. Selain itu ada banyak sekali jenis masakan yang bisa anda buat dengan tomat sebagai bahannya, salah satunya adalah sambal. Bisa dibilang hampir semua sambal menggunakan tomat sebagai bahannya, termasuk salah satunya adalah Resep Sambal Mbah Kromo. Dan berikut ini resepnya!

Resep Sambal Mbah Kromo


Bahan-bahan:
5 buah cabai rawit merah
8 buah cabai merah, buang bijinya
1 buah tomat merah, potong dadu kecil
1 sdt terasi sangrai/bakar
2 sdm minyak gorengResep Sambal Mbah Kromo
1 sdt garam halus
1 sdt gula pasir
1/4 sdt vetsin

Cara membuat:
1. Haluskan cabai merah, cabai rawit, terasi, garam, gula pasir, dan vetsin hingga lembut.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan dan potongan tomat hingga sambal mengental dan angkat.
3. Tuang resep sambal mbah kromo ke wadah, sajikan sebagai pelengkap.
Resep sambal mbah kromo ini cukup mudah, bahkan untuk anda yang sedang belajar masak. Anda juga bisa menyajikannya untuk berbagai masakan seperti ikan atau ayam bakar. Dan untuk mengurangi airnya, anda bisa membuang biji tomat. Selamat mencoba!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi