Skip to main content

Resep Bolu Kukus Mekar Coklat Zebra Lembut Dan Enak Tanpa Soda

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Coklat Zebra Yang Enak Dan Lezat Tanpa Soda - Aloha! Apa kabarnya semuanya? Semoga dalam keadaan baik dan tetap semangat untuk terus berkreasi memasak :D. Bulan ini kebetulan arisannya diadakan dirumahku, jadi bingung harus masak kue apa.

Namun yang pertama kali terlintas dibenak saya pastinya Bolu Kukus Mekar Coklat Zebra yang wajib ada di menu hidangan arisan ini. Hihiihi :p. Membuat bolu kukus coklat zebra tentunya susah-susah gampang agar bolunya mengembang.
Dari dulu saya percaya sama resepnya ny.liem. Percobaan dari resep-resep dari ny.liem selalu berhasil dan panduannya juga sangat mudah untuk diikuti. Sebenarnya resep aslinya ny.liem yang saya ambil adalah brownies mekar, namun saya pakai resepnya untuk menggunakan bolu kukus mekar ini.

Dan hasilnya? Banyak teman-teman yang sudah menggunakan resep ini :-). Okee, ikuti terus jejak bukasadja.blogspot.com ya :-).


Resep Bolu Kukus Mekar Coklat Zebra Lembut Dan Enak Tanpa Soda
Resep Cara Membuat Kue Bolu Kukus Mekar Coklat Zebra Merekah Dan Lembut Tanpa Soda
Bolu Kukus Mekar Coklat Zebra Empuk Dan Ekonomis
Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Coklat Zebra Mini Dan Cantik Tanpa Soda
Cara Membuat Resep Bolu Kukus Mekar Coklat Zebra Lezat, Lembut, Dan Murah Meriah
Resep Bolu Kukus Mekar Coklat Zebra Lembut Dan Enak Tanpa Soda

Bahan Yang Diperlukan Dalam Membuat Resep Bolu Kukus Mekar Coklat Zebra Mini Dan Cantik

Bahan A
  • 100 gram telur
  • 200 gram gula tepung
  • 1/2 sdt vanila
  • 160 cc air

Bahan B
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 200 gram tepung terigu cap segitiga biru

Bahan C
  • 10 gram cake emulsifier Sp

Bahan D
  • Pasta coklat secukupnya

Apa Itu Tepung Gula?

Nah di bagian bahan-bahan yang sudah disebutkan sebelumnya, ada yang unik dari gulanya. Di pembuatan resep ini tidak menggunakan gula pasir. Melainkan gula tepung. Hal ini sangat memudahkan kita dalam membuat kue dan cake. Buat yang belum tahu, apa sih tepung gula itu?


Tepung gula
 Tepung gula ini bisa buat taburan donat juga lho!


Tepung gula awalnya adalah berupa gula pasir yang telah digiling/diblender menjadi sangat halus, sehingga terciptalah menjadi serpihan bubuk gula. Pembuatan tepung terigunya sendiri biasanya dicampur dengan tepung maizena. Lho kenapa dicampur? Agar ketika dikemas, gula tepungnya tidak menggumpal. Tepung gula ini bisa juga lho untuk taburan donat dan kue putri salju :-).

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Coklat Zebra Empuk Dan Mengembang Tanpa Soda

  1. Kocok bahan A dengan menggunakan mixer berkecepatan tinggi. Aduk rata hingga kental.
  2. Tambahkan bahan B, kocok selama 1 menit dengan mixer berkecepatan rendahResep Bolu Kukus Mekar Coklat Zebra Lembut Dan Enak Tanpa Soda
  3. Masukkan bahan C, kocok hingga adonan menjadi kental dengan mixer berkecepatan tinggi.
  4. Matikan mixernya. Bagi rata adonan menjadi dua adonan. Tambahkan pasta coklat (bahan D) ke dalam adonan pertama. Sedangkan untuk adonan kedua dibiarkan berwarna putih saja.
  5. Cetakan bolu kukus sebelumnya dialasi terlebih dahulu dengan cup kertas yang dijual di toko-toko bahan kue.
  6. Kemudian masukkan dua adonan tersebut kedalam kantong plastik segitiga. Lalu semprotkan ke dalam cetakan secara bergantian di tengah cetakan.
  7. Terakhhir, kukus bolu coklat zebranya dengan api besar selama kurang lebih 16 menit.
Taraaa... Jadi deh kuenya untuk menu hidangan arisan. Kalian tertarik untuk mencoba? Yuk coba di dapurmu. Selamat mencoba yaa :-)

Catatan:
Takaran untuk 10 gram cake emulsifier Sp itu 1/2 sdm, dikira-kira ya :D

Tips Mudah Dan Sukses Agar Bolu Kukus Mengembang Dan Merekah Dengan Baik

Kendala saat membuat bolu kukusnya adalah bantet atau tidak mengembang. Lantas, salahnya dimana sih agar bolu kukusnya berhasil mengembang? Yuk intip tipsnya dibawah ini.

  • Selalu mengikuti panduan resepnya, dan ukur bahannya dengan tepat sesuai resep yang akan dipakai.
  • Ketika mengocok adonan pertama, harus benar-benar sampai mengental sampai berwarna putih. Dan yang lebih penting sampai terlihat di dalam adonannya seperti meninggalkan jejak baling-baling dari mixernya.
  • Cup kertas yang akan dipakai sebaiknya tidak terlalu tinggi dan tebal agar bolunya cepat merekah.
  • Agar hasil akhirnya merekah dengan baik, ada baiknya menggunakan cetakan khusus bolu kukus
  • Lapisi tutup kukusannya dengan kain agar uap air didalamnya tidak menetes.


Nah itu dia yang sudah saya ringkas dalam bukasadja.blogspot.com. Semoga berhasil dengan baik :-)


Gambar : tokokuephinphin.com, bakersmart.co.in|| Resep: ny.liem
Ingin Tempat Wisata Kulinermu Di Kunjungi Tim Resepkuekeringku ? Yuk, Berbagi Kuliner Bersama Kami. Kirim Pesan Via FansPage Facebook Kami Yaa Di Sini

Comments

Popular posts from this blog

Resep Sambal Ciplukan

Resep Sambal Ciplukan - Ciplukan! Pernah mendengar nama ini? Well, mungkin banyak dari anda bertanya-tanya, apa sih ciplukan itu? Nama makanan kah? Minuman? Sayuran atau buah-buahan? Sumber: tips-cara.info Untuk anda yang belum tahu, ciplukan adalah nama dari buah. Namun memang dibandingkan dengan nama buah-buahan lainnya seperti pir atau apel, buah ciplukan ini memang sama sekali tidak populer. Selain itu buah ini juga bukanlah jenis buah-buahan yang akan anda temukan di pasar tradisional, supermarket bahkan di perkebunan sekalipun. Buah ciplukan biasanya tumbuh dilahan-lahan kosong atau dipersawahan. Buah ini juga biasanya tumbuh di hutan dan sekilas akan terlihat seperti gulma pengganggu tanaman. Buah ciplukan memiliki bentuk yan unik karena tidak seperti buah lainnya, buah satu ini ditutupi oleh daun yang membentuk sangkar/kuncup terbalik. Sehingga anda tidak bisa melihat buahnya. Buah ciplukan mentah berwarna hijau sedangkan jika sudah matang, buah ciplukan berwarna kemerahan. Se

Resep Sambal Goreng Merah Pedas

Resep Sambal Goreng Merah   - Sambal adalah salah satu makanan yang paling disukai di Indonesia.  Sumber: santeaja.com Entah pejabat, presiden, bahkan rakyat biasa pun akan setuju bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya makan siang dengan nasi hangat, ayam bakar atau ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan plus sambal.  Rasa ayam yang empuk dan enak ditambah dengan rasa sambal yang pedas, membuat siapa pun rela berat badannya naik beberapa kilo jika mendapatkan menu seperti ini.  Yep, orang Indonsia memang sangat suka mengkonsumsi makanan pedas, dan bahkan banyak sekali menu masakan dengan rasa pedas yang jadi hits dan buruan pencinta kuliner.  Nah diantara menu pedas lainnya, sambal ini bisa dibilang adalah menu yang paling jadul tapi termasuk yang paling legendaris karena meski banyak sekali makanan dengan cita rasa pedas yang bermunculan, sambal ini masih eksis dan jadi menu andalan para penyuka makanan pedas. Di Indonesia sambal terdiri dari dua jenis, sambal mentah dan

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur

Cara Membuat Sambal Petis Udang Khas Jawa Timur  - Petis mungkin masih asing bagi sebagian dari anda. Terutama jika anda lahir dan besar di luar pulau Jawa, atau hidup di kota metropolitan. Sumber: resepmasakansedap.com Namun jika anda lahir di kota-kota di Jawa seperti Semarang, Yoyakarta, Sidoarjo dan beberapa kota lainnya, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya petis, bahkan mungkin petis merupakan salah satu makanan yang anda suka. Bagi yang belum tahu, petis adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Petis ini berbentuk seperti pasta dengan warna hitam agak kecoklatan. Terbuat dari ikan atau udang yang direbus hingga airnya berubah kental. Untuk memperkaya rasanya, petis ditambahi gula batok atau yang biasa disebut gula merah agar rasanya manis. Nah gula batok inilah yang membuat petis berwarna hitam kecoklatan.  Biasanya petis digunakan sebagai bumbu berbagai masakan di daerah Jawa. Tidak hanya masakan petis juga dijadi